Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, January 14, 2012

Travel : Museum Bank Indonesia - The Building

Museum Bank Indonesia
26 November 2011

Diajakin ke Museum Bank Indonesia.  Kayaknya boleh juga nih ... bisa belajar sejarah uang di Indonesia dari zaman kerajaan dulu sampai sekarang.

Karena foto-fotonya banyak, maka saya bagi menjadi 2 bagian.  Bagian pertama ini memuat foto-foto Bangunan Museum Bank Indonesia.  Bagian kedua memuat foto-foto koleksi Museum.  Boleh foto-foto, tapi tidak boleh memakai flash.  Nah kebayang kan betapa sulitnya memotret dalam suasana minim cahaya di dalam ruang museum.


Jalan di depan Museum Bank Indonesia


Letaknya di daerah Kota, dekat dengan Museum Fatahilah.  Masuknya gratis, hanya perlu lapor ke bagian tiket untuk didata.  Nah ... ini baru keren, tidak mata duitan dan tidak komersil ... Andaikan semua museum di Jakarta seperti ini.

Museum Bank Indonesia ini bangunannya kuno tapi terawat bersih. Artistik juga. Jendelanya dari mozaik kaca berwarna-warni, langit-langitnya tinggi, lantainya membentuk motif tertentu.




Hari itu banyak anak-anak sekolah yg study tour ke Museum Bank Indonesia ini.  Liha di foto di atas ini, banyak anak sekolah antri masuk ke lobby museum.  Sebelum masuk ke ruang koleksi museum, mereka mendapat pengarahan dulu dari pihak Museum dan ada pemandunya.  Saya datang berdelapan, rombongan kecil, tapi sayangnya kita tidak kebagian pemandu.


Lihat foto di atas ini.  Ruang-ruang yg berderet di sebelah kiri adalah bentuk-bentuk loket bank dari masa ke masa, dan ada patung-patung petugas dan aktivitasnya di bank.  Kita bisa masuk ke dalamnya untuk melihat-lihat.  Sayang agak gelap dan remang-remang, susah difotonya.


Nah dari sini kita masuk ke dalam ruang koleksi museum. Lihat sambungan dari posting yg ini.  Di dalam museum kita mengikuti alur ruang pamer dari satu ruang ke ruang lain.  Hingga kita sampai di koridor yg menghadap ke halaman tengah.  Rupanya museum ini terdiri dari 4 gedung yg membentuk kotak dengan halaman di tengahnya.




Lorong-lorong begini, bagus juga buat foto model :)  Ayo, siapa yg pengen foto-foto di sini?


Atau mau foto seperti saya dengan gaya ini ?  Gaya RA Kartini :)


Atau foto di tangga seperti mama - tante - sepupu saya ?



to be continued

rgds,
Lucy

6 comments:

Veny said...

akhir nya jadi juga ke kota tua ? ajak mami n tante ? wiskul ga ? heheheee

v1olet said...

Cuma ke Museum Bank Indonesia ini aja. Iya, rombongan 8 orang. Enggak wiskul di kawasan kota tua. Malah ke Grand Indonesia, ke Resto 99.

Icha said...

ide ke museum BI dari gw cemerlang juga kan? hehe... photonya bagussssss

yoab said...

wah dia udah lebih dulu ^_^
tp gpp itung2 udah ada yg tau gimana caranya kesana tinggal atur waktu nih

v1olet said...

@ icha : ya .... memang ide cemerlang :)

v1olet said...

@ yoab : boleh ... atur jadwal & transportasi yg cocok. bisa naik busway, itung2 pengalaman bagi yg belum pernah naik busway :)