Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Thursday, August 21, 2008

Camilan : All About Bacang



Saya doyan bacang. Bacang beras isi ayam, dengan banyak kecap dan 1 butir cabe rawit. Enakkkk...

Sekarang ini gampang kalo pengen makan bacang, hampir di tiap toko yg jual kue2 basah, pasti ada bacang. Kalo dulu, dari negeri asalnya, negeri Tiongkok, orang makan bacang itu satu tahun sekali aja, yaitu di "Hari Makan Bacang" atau "Pe Chun". Alkisah di negeri Tiongkok dulu, ada Perdana Menteri yg baik hati dan dicintai rakyat krn menentang pemerintahan yg korup. Sebagai wujud protes, beliau bunuh diri di sungai. Supaya jasadnya gak dimakan ikan2, rakyat membuang bacang dari ketan yg lengket ke sungai itu, sehingga ikan makan bacang aja. Well, itu cerita di balik bacang.

Bacang sekarang udah banyak modifikasinya sesuai selera. Bentuknya biasanya segitiga, tp ada juga bacang yg bentuknya kotak, kayak sepatu olahraga loh... ntar gw jelasin deh. Terus dibungkusnya pake daun bambu, tp ada juga yg pake daun pandan. Daun pandan ini bukannya pandan yg kita sering pake buat kolak loh... tp pandan khusus yg daunnya agak lebar. Nah yg dibungkus daun pandan ini ukurannya lebih kecil dari yg dibungkus daun bambu, tapi harumnya wow... beda. Lebih harum yg daun pandan dong.



Bacang yg dibungkus daun pandan, wanginya ngabreng2, harum.



Kalo dari negeri asalnya, bacang itu selalu dari ketan. Itu sebabnya orang Chinese keturunan di daerah2 di Indonesia, seperti Medan, Palembang, Bangka, Belitung, Pontianak, Makassar dll, kalo bikin bacang, adalah bacang ketan. Tapi orang Asnawi "Asli Cina Betawi", Cina Benteng, atau Cina Jawa, suka bacang beras. Believe it or not, dari jenis bacang yg disukai, beras or ketan, bisa ketahuan asalnya. Udah gw survey di orang2 sekantor gw. Utk yg suka bacang ketan, kalo dikasih bacang nasi, pasti gak doyan "Kalo dari beras sih bukan bacang, tapi lontong..." Sebaliknya yg dari Jakarta dan Jawa yg suka bacang beras, kalo dikasih bacang ketan, pasti protes "Kalo dari ketan sih, bukan bacang, tapi lemper" ha ha ha...

Nah sekarang isinya. Biasanya isinya daging cincang yg tumis pake bawang putih, bumbu2, daun bawang dan dikasih kecap, shg warnanya kecoklatan dan harum. Oya, yg membedakan bacang dan lontong adalah air khi atau air abu, shg harumnya khas. Dagingnya bisa daging babi, sapi, ayam, dan udang. Tapi ada juga bacang yg isinya komplit banget.




Bacang favorit saya, dikasih sama Jewe (rekan forum talk-play-love). Bacang beras, isi ayam cincang, kuning telur asin, pake cabe rawit utuh sebiji, ditumis pake bawang putih dan pake kecap yg banyak sampe warnanya coklat. Plus sambel kacang yg pedasnya mantep. Yummy deh, rasanya juara!

Bacang orang MEDAN
Bacang ketan, isinya daging babi cincang, potongan daging babi, babi merah panggang, lap chiong, kuning telur asin, biji teratai, sejenis kacang yg bentuknya kayak kemiri, jamur hioko, udang kering dll. Mengingat isinya segini banyak, makanya ukurannya gede banget, perlu ketrampilan khusus membungkusnya supaya bentuknya segitiga dan rapih. Saya gak doyan yg ini krn terlalu berminyak dan kelewat gede.

Bacang orang PONTIANAK
Bacang ketan, isinya daging cincang, terus dikasih sejenis daun yg disimpul, rasanya gres-gres seperti bunga sedap malam, dll. Uniknya di tiap sudut segitiga itu dikasih beberapa butir kacang tanah. Nah, yg ini lebih ribet lagi ngebungkusnya, ngepasin tuh kacang tanah spy di posisinya di sudut2 itu.

Bacang orang HOK CHIA, SHANTUNG
Saya pernah dibawain bacang ini dan surprise banget dengan bentuk dan ukurannya. Bentuknya bukan segitiga, tapi kotak kayak sepatu olahraga orang dewasa. Dibungkus pake daun bambu juga tp diikat pake benang kasur yg warna putih itu, jadi bukan pake tali rafia. Dan ukurannya itu loh... 1 biji kita makan berempat dan kekenyangan ... Isinya mirip bacang orang Medan.




Bacang Vegetarian
Isinya adalah daging palsu dan jamur hioko. Bisa ham palsu, ayam palsu, udang palsu dll.

Bacang vegetarian dari ci Akiauw





Temannya Bacang adalah Kuecang. Kalo bacang nadanya asin, Kuecang ini nadanya manis. Dibikinnya dari ketan juga cuma ukurannya kecil dan gak diisi apa2. Kalau kualitas air khi bagus, warnanya bisa kuning keemasan dan rasanya kenyal. Spy harum dibungkus pake daun pandan, tp kalo susah dpt pandan, ya daun bambu juga. Dimakannya pake sirup gula merah atau gula putih yg direbus dg daun pandan. Biasanya yg sukses bikin kuecang ini adalah nenek2 yg udah menopause. Dibanding bikin bacang, bikin kuecang lebih susah dan sering gagal.

Begitulah serba-serbi bacang.
Selamat makan bacang.

rgds,
Lucy

7 comments:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Veny said...

Vi g yg asnawi doyannya bacang ketan , juga banyakan sodara g yg asnawi juga fav bacang ketan heheee
temen g juga di Kntr cina jawa doyannya bacang ketan , kl beras serasa buakn makan bacang katanya . Iya bacang si JW enak juga

v1olet said...

Iya, banyak yg suka bacang ketan. Tp gw sakit maag, jadi kagak boleh banyak2 makan ketan, ntar perut kembung ber-gas. Jadi bacang beras/nasi lebih aman.

Bacang Jewe ada 2 versi, yg beras dan ketan. Isinya juga bisa pilih, daging, daging plus telur asin, or daging, telur asin, dan jamur.

Jadi pengen order bacang jewe lagi nih ...

keloy said...

hello.. aku mendarat di blogmu karena lg penasaran & googling nyari komposisi bakcang. pas g baca artikelmu: itu loh bakcang medan slh satu isinya ada sejenis 'kacang' yg uda dijelaskan di atas bentuknya kyk kemiri.. itu kl dimakan kyk biji nangka rebus gitu.. apa ya namanya itu? itu tuh yg lg g penasaran.. soalnya oma/opa eke uda pergi duluan sblm eke nyadar utk nanya hal ini..

thanks ya utk jawabannya ^^,

Suzana Chosani said...

Namanya Lakci

Radix Vitae Online said...

Nice blog, I love to eat bacang but no pork inside sing penting "halal"

v1olet said...

@Suzana Chosani : iya betul, lakci. Thanks untuk info.

@Radix Vitae Online : yg halal juga enak kok. sy jg suka.