Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Tuesday, January 17, 2012

J-Dorama : Nankyoku Tairiku




  • Title: 南極大陸~神の領域に挑んだ男と犬の物語~
  • Title (romaji): Nankyoku Tairiku ~Kami no Ryouiki ni Idomunda Otoko to Inu no Monogatari~
  • Title (English): Antarctica ~The Story of Dogs and Men Who Challenged the Field of God~
  • Format: Renzoku
  • Genre: Drama, adventure
  • Episodes: 10
  • Viewership rating: 17.3 (Kanto)
  • Broadcast network: TBS
  • Broadcast period: 2011-Oct-16 to 2011-Dec-18
  • Air time: Sunday 21:00
  • Theme song: Arano yori by Nakajima Miyuki

Cast :

other casts please visit Drama wiki - Nankyoku Tairiku

Synopsis :
A drama commemorating TBS's 60th anniversary, the story is about 11 members who were sent to the South Pole for the first time in February 1957 in a national project to explore Antartica. They were accompanied by a dogsled of 19 Sakhalin huskies. When they left for Japan a year later, they were forced to leave the dogs behind due to the bad weather. In January 1959, Kuramochi Takeshi and some others joined a third expedition to ascertain the fate of the dogs.




My comment :

Doramanya Takuya Kimura tidak boleh dilewatkan.  Begitu dikasih sama Ignazzz, malamnya saya langsung nonton.  Dan suka sekali .... bukan karena faktor Takuya Kimura, tapi memang jalan ceritanya menyentuh hati ...

Cerita :
Tentang ekspedisi ke Antartika alias Kutub Selatan.  Jika di Kutub Utara masih ada manusia yg hidup dan tinggal (e.g. suku Inuit) dan beruang kutub, nah kalau di Kutub Selatan ini tidak ada kehidupan, saking dinginnya.  Hanya ada penguin dan anjing laut.

Saat itu tahun 50-an, Jepang sedang dilecehkan oleh dunia Barat karena Jepang kalah perang saat Perang Dunia II.  Film ini agak nasionalis dan patriotis juga he he he ...  Team Ekspedisi Kutub Selatan ini bertekad menunjukkan pada dunia bahwa mereka eksis dan mampu menaklukkan Kutub Selatan dan tinggal di sana selama musim dingin yg mematikan.

Bagi Kuramochi Takeshi, dosen geologis yg diperankan oleh Takuya Kimura, ekspedisi ini adalah obsesi meneruskan cita-cita ayahnya yg pernah ke sana tapi gagal mendaki puncak Gunung Botnutten.  Selain itu, Kuramochi ke sana untuk meneliti batu-batuan dan mengurus 19 anjing Sakhalin Husky yg menarik kereta es.  Kuramochi dibantu asistennya yaitu Inuzuka, mahasiswa science yg meneliti Aurora Australis di Kutub Selatan.

Dari episode 1, pada waktu Kuramochi merekrut 19 anjing Sakhalin Husky di Hokkaido, saya sudah sangat terharu. 19 ekor anjing ini sungguh pintar akting.  Terutama anjing yg bernama Riki, Taro, Jiro, Furen Kuma, dan Shiro.  Tiap episode ada saja hal-hal tentang kesetiaan anjing-anjing ini yg bikin kita terharu, sampai menangis nippon ... bukan bombay lagi ... Kehidupan team ekspedisi ini seringkali diselamatkan oleh anjing2 gede ini.  Apalagi sejak episode 7 sampai akhir, saat mereka terpaksa ditinggal di Syowa Base Camp, dalam keadaan terikat, dengan makanan yg hanya cukup untuk 1 minggu.  Bagaimana mereka bisa bertahan hidup hingga 1 tahun berikutnya ... benar-benar tragis dan menyedihkan.  Saya saja yg tidak suka pelihara anjing, jadi jatuh kasihan ... apalagi bagi yg pada punya anjing ... pasti nangisnya heboh ...

Casting :
Semuanya OK.  Takuya Kimura sudah tak perlu diragukan lagi.  Team Ekspedisi, aktor dan aktris cilik yg mendukung dorama ini juga pinter-pinter aktingnya, misalnya yg jadi Haruo (anak laki-laki murid Miyuki) dan Haruka (anak perempuan pemilik anjing Riki). Juga 19 ekor anjing Sakhalin Husky pinter akting, menguras airmata penonton.  Tatapannya dan lenguhannya yg lirih ... bikin kita jadi kasihan - Riki (pemimpin pasukan anjing), Taro & Jiro (bersaudara), Furen Kuma (ayahnya Taro dan Jiro).

OST :
Lagu dengan melody yg berkesan kuno, awal-awalnya agak merinding mendengarnya, karena dibawakan dengan begitu anggun dan suara membahana. Powerful, cocok untuk tema yg membangkitkan semangat.

Ending : Masuk akal dan positif.  Ada sedihnya, ada happynya.

Rating : 9/10
Highly recommended!  Apalagi bagi yg pelihara anjing, dijamin pasti akan tambah sayang sama anjingnya.  Siapkan tissue yg banyakan, bakal nangis nippon.

rgds,
Lucy

2 comments:

Veny said...

hahahhaaa baca catatan lu dibawah nya : wajib bagi yg pny anjing bikin g ngakak ... lucu
iya g suka anjing meski skrg uda ga pelihara lagi , anjing ember binatang paling setia .
si Naz uda tawarin pelem ini ke g , ntar jg di copyin n g pasti ntn .
udah lama ga liat dorama . Ths for review .

v1olet said...

makanya gw kagak mau punya binatang peliharaan. ntar kalo dia mati, kita pasti sedih, walaupun kita tahu masa hidup dia lebih pendek dari kita.