Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Friday, January 27, 2012

Food : Beautika Masakan Manado

Beautika - Masakan Manado
Jl. Moestopo, Jakarta
7 Januari 2012

Makan masakan Manado selalu membangkitkan selera.  Citarasanya bikin lidah kangen.  Menurut saya, masakan Manado ini enaknya nomor dua setelah masakan Padang.  Keduanya sama-sama hot and spicy -- pedas dan berani bumbu.

Saya makan bertiga, pesan 5 macam masakan.  Saya jejer berkeliling tuh di piring nasi saya. Dari kiri ke kanan :  Pepes Tude Daun Pepaya, Bakwan Jagung, Sambal Dabu-Dabu, Tumis Jantung Pisang Bunga Pepaya, Ikan Roa bakar, Ikan Cakalang Woku.  Bagaimana .... tampak sedap bukan?  Nah, mari kita bahas satu per satu.



Bakwan Jagung
Biasanya bakwan jagung di sini enak, tetapi mengapa kali ini keras ?  Harapan lidah saya adalah jagungnya muda, manis, dan harum.  Eh... malah jagungnya keras, kelewat tua, mengunyahnya perlu usaha sampai ngotot.  Kecewa nih ....


Roa Bakar
nah ... yg ini juga keras banget ... mama dan adik saya sampai tidak berani makan yg ini, takut gigi somplak, apalagi gigi yg sudah ada tambalannya.  Untung pesannya tidak banyak.  Itupun kita tidak habis.  Saya hanya ambil 1 sendok pertama.



Ikan Cakalang Masak Woku
Yg ini baru TOP ... enaknya.  Ikan lembut, segar, dan tidak amis.  Bumbunya berani, greng ... dan sedap.  Recommended!


Tumis Jantung Pisang Bunga Pepaya
Ini juga sedap.  Jarang-jarang nih makan sayur ini.  Rasanya mantap, walaupun hanya sayur-sayuran, tapi OK banget.  Recommended.


Pepes Ikan Tude Daun Pepaya
Ikannya enak, tidak amis, besarnya cukup untuk kita.  Daun pepaya dipepes begini, rasanya pahit-pahit enak. Bumbunya pas.  Recommended juga.


Hidangan Manado ini paling cocok dimakan dengan sambal dabu-dabu yg adalah irisan cabe rawit, bawang merah dan tomat hijau.  Rasanya asam manis pedas, segeerrrrr ....

Nah sekarang masuk ke dessert.  Mau yg dingin dan manis?  Nah silahkan order :
Es Kacang Merah.
Kacang merahnya dimasak pakai gula dan ditambah susu coklat dan susu putih.  Rasanya manis banget deh.  Kalau takut gak habis, sharing-sharing lah ...



Panada
Roti goreng isi tuna ini, rasanya gurih asin pedas, cocok jadi hidangan pembuka, atau oleh-oleh untuk dibawa pulang.  Selain Panada ada banyak kue-kue khas Manado, seperti misalnya Klappertart, Salad Buah, Lalampa, Balapis, Nasi Jaha, dll.  Semuanya menggugah selera untuk dicicipi.  Serasi untuk teman minum kopi atau teh di sore hari.


Berapa harganya?  Hmm ... diantara Indonesian Food, masakan Manado ini termasuk yg relatif mahal.  Padahal rupa dan penampilannya seperti masakan rumahan biasa, dihidangkannya juga tidak dihias-hias, hanya ala kadarnya di piring biasa, tapi harganya ... tidak murah.  Mungkin karena nama beken dan lokasi prima.

Waktu saya makan siang di sini, hampir semua meja terisi penuh.  Sayup-sayup terdengar percakapan dalam Bahasa Inggris dari beberapa meja di sekitar saya.  Bukan orang bule, tapi orang Indonesia yg ngobrol dengan sesamanya dengan Bahasa Inggris, tapi begitu ngomong sama mas-mas pelayaan resto pakai Bahasa Indonesia.  :)  Hebat kan, Resto Manado tapi ambience-nya serasa di negeri Barat he he he ...

rgds,
Lucy

1 comment:

obat jerawat herbal said...

wah maknyuzz..