Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Friday, September 21, 2012

Travel : Beautiful Zhangjiajie -- Changsa

Day 2 : 20 Agustus 2012
Guangzhou - Changsa



Pagi ini kita ke Changsa naik Bullet Train, dari Stasiun GuangZhou South ke ChangSa South.  Kereta berangkat jam 8.30 pagi.  Kita sudah sampai di sana 1 jam sebelumnya, dengan koper kita masing-masing.  Harap diingat-ingat nih, yg ambil tour ke Zhangjiajie, mendingan bawa koper sekecil mungkin.  Kalau gede2 wah ... setengah mati bawanya, naik turun tangga.  Belum lagi di dalam bullet train itu sendiri, tempat taruh luggage juga terbatas kan.




Bullet trainnya nyaman sekali, bersih, dan jalannya cepat.  Kapan ya ... Indonesia bisa punya Bullet Train kayak gini .... *mengharap mode on



Kita tiba di Changsa sudah tengah hari dan langsung menuju restaurant untuk makan siang.  Menunya ada yg bisa kemakan, ada yg tidak bisa.  Ini foto-foto yg lumayan bisa dimakan. Dari 10 masakan, yg lumayan sekitar 4-5 saja.  Masih semangat foto-foto makanan nih .... lama-lama udah gak difoto-foto lagi deh.  Gak selera makannya juga gak selera memotretnya.




Lihat minyak di masakan-masakan di atas ini ... mengkilap kan?  Agen tour di China sudah tahu bahwa orang Indonesia suka gorengan dan yg rasanya asin.  Yg serba goreng-goreng sudah banyak, tapi rasanya masih gak karuan, hambar ...

Selesai makan kita ke Hunan Embroidery Shop.  Ini toko milik pemerintah yg wajib kita kunjungi.

Changsha adalah ibukota provinsi Hunan dan termasuk kota yg sudah lama berdiri sehingga kaya sejarah.  Changsa adalah kota pendidikan sebab banyak universitas dan akademi di sini, bahkan Mao Ze Dong adalah lulusan universitas Changsa.  Yg menarik dari kota Changsa ini adalah kota ini pernah dibakar saat perang dengan Jepang.  Bukan Jepang yg membakarnya, tapi orang China sendiri.  Mengapa?  Waktu itu kota Changsa hampir dikuasai oleh Jepang, jadi orang China berpikir daripada kota ini direbut Jepang, mendingan dibakar saja supaya sama-sama tidak dapat apa-apa.  Wah ... bisa begitu ya pemikirannya ... politik memang begitu, tiada kata menyerah .... yg ada hanya berkorban.  Bayangkan berapa banyak yg jadi korban dan berapa besar kerugiannya ....  Kota ini dibangun kembali dan sedapat mungkin bangunan dan tempat bersejarah di kembalikan ke wujud aslinya saat renovasi.  Beberapa tempat akan kita kunjungi.

Local Tour Guide kita selama di Changsa dan Zhangjiajie adalah Karen.  Karen (23 thn) belum lama lulus dari universitas di Changsa jurusan Sastra Inggris.  Bahasa Inggrisnya bagus.  Jadi guide baru sekitar 1 tahun.

Tian Xin Pavillion



Obyek wisata yg kita kunjungi di siang yg terik ini adalah Tian Xin Pavillion.  Tian Xin Pavillion ini terletak di kompleks Universitas Changsa.  Kalau di Jakarta ini seperti Universitas Indonesia di Depok.  Terus ini pavillion apa?  Pavillion ini terletak di taman universitas dan konon kabarnya Pavillion ini tempat Mao Ze Dong pacaran, waktu beliau kuliah di situ.

Sekitar jam 2 siang, matahari lagi panas-panasnya dong, nah kita berhenti di tempat parkir bis dan untuk menuju Tian Xin Pavillion kita harus berjalan jauuuuuuuhhhhhh sekali.  Lebih dari 30 menit, hingga beberapa dari kita hampir menyerah di tengah jalan.  For information, peserta tour kita mayoritas bukan anak muda lagi, tapi sudah diatas 50 tahun.  Ada yg sudah jadi Opa & Oma.

Yg bikin kesal, sebetulnya kalau si Karen tidak sibuk nawarin paket tambahan ke Tian Men Mountain di Zhangjiajie, dia bisa minta ke supir untuk turunin kita di jalan terdekat yg bis bisa antar kita.  Tapi memang dasar supir di China ini sangat amat tidak kooperatif dan sangat belagu, jadi apa-apa tuh serba tidak mau, tidak bisa, aaahhh ... pokoknya mengesalkan.  Mana si Karen masih anak kecil kali ya ... komunikasi dengan supir yg sudah bapak-bapak itu gagal terus.  Tour leader kita hmmmmm .... apalagi.  Kagak bisa bahasa mandarin, jadi gimana bisa komunikasi sama supir? Capeeekkkkk dehhhhhh

Kesalahan kedua adalah sebetulnya di tempat parkir itu ada bis-bis kecil yg bisa antar kita sampai Tian Xin Pavillion dengan membayar RMB30 pergi pulang.  Nah, sebagian kita yg ngikutin Karen dengan semangat, tidak tahu ada bis ini.  Sebagian dari kita yg jalannya belakangan, ngelihat ada group lain yg naik bis feeder ini, dan akhirnya ikutan group lain.

Sampai di Tian Xin Pavillion, saya udah capek, keringetan, gerah berkuah, pegal krn bawa kamera yg berat ... hadeuuuhhhh ....  Mending kalau nih Pavillion indah gitu ..... Pavillion ini cuma bangunan seperti Gazebo atau Pendopo di tengah taman.  Tamannya juga enggak bagus-bagus amat.  Ramenya minta ampun.  Jiaaaahhhh, cuma begini aja neeeehhhh ?????  Capek-capek ke sono .....  Menurut Karen, kalau musim gugur, di sini bagus deh, sebab daun-daun di taman ini warnanya kuning dan merah.  Jadi kesimpulannya kita datangnya salah musim neeehhhhhh?!

Ya udahlah ... mau gimana lagi.  Foto-foto lah supaya ada kenang2an ... nah inilah foto-fotonya.  Berusaha mencari ide supaya fotonya bisa menarik di siang yg terik.  Susah banget motret pavillion ini, bocor sana-sini, kelewat banyak orang. 


Selesai foto-foto yg singkat, sebab tidak tahu mau apa lagi, kita mau balik ke bis dong ... Tapi saya sudah haus luar biasa, jadi jajan minuman isotonik dulu deh ... yg seperti pocari begitu deh.  Habis itu saya dan beberapa teman, beli tiket bis kecil yg bisa membawa kita ke parkiran bis.  One way harganya RMB20.  Naik bis kecil ini saja sekitar 15-20 menit, nah kebayang kan kalau jalan hampir 1 jam tuh, apalagi kalau jalannya lelet.

Obyek wisata selanjutnya adalah Yue Lu Hill dan Ai Wan Pavillion.

Yue Lu Hill dan Ai Wan Pavillion

Yue Lu Hill adalah bukit kecil di kota Changsa.  Dari bukit ini bisa melihat pemandangan kota Changsa.  Jalan plus naik tangga sekitar 99 anak tangga kalo gak salah ....  Karen khawatir kita ngomel-ngomel lagi.



Di sekeliling kompleks Yue Lu Hill ada tembok, yg katanya bentuknya seperti Great Wall.  Saya hanya di halaman saja duduk-duduk di bawah pohon, ngaso dan ngadem, lalu foto-foto sekedarnya.  Sebab terus terang, tempat ini tidak menarik dan tidak istimewa menurut saya lhooooo .... biasa aja.



Di kompleks Yue Lu Hill ada Ai Wan Pavillion.  Katanya di dalam pavillion ini ada patung Budha. Mungkin dulunya ini rumah orang kaya di kota Changsa ini ya ...  Saya tidak masuk ke dalam jadi kurang tahu persis apa isi pavillion ini.



Sudah sore nih ... tiba saatnya kita shopping di Huangxing Road.  Kalau di Jakarta, ini pertokoan yg seperti Paser Baroe.  Nah kebayang kan suasananya kira-kira seperti apa.  Jalan yg lurus lalu di kanan kirinya toko-toko.  Bukan mal ya ...  Banyak merek China yg kita tidak kenal.  Kalau mau aman sih belanja merek yg kita sudah kenal, tapi boleh juga coba merek2 lainnya, tapi lihat kualitas barangnya ya ...  Harganya tidak murah.  Kalau dikurs ke Rupiah sih mahal juga.  Baju di atas seratus ribuan deh, itu pun sudah discount.

Lagi-lagi kita kesal karena kita diturunin di tempat bis parkir yg letaknya jauuuuuhhhh banget dari pertokoan. Jalan kaki sekitar 30 menit melewati jalan yg bau dan becek.  Lahhhh ... gimana ini ?  Pulang pergi sudah 1 jam tuh buat jalan kaki aja.  Mestinya, bis bisa turunin kita di jalan yg terdekat, dan jemput kita di situ lagi.  Tapi supirnya malas mutar dan malas antar jemput.  Jadi maunya langsung parkir saja.  Nyebelinssss kannn ?!

Setelah shopping, kita makan malam.  Jangan ditanya deh.  Kagak enak.  No photos ya ....

Check in di Xing Wei Hua Tian Hotel.  Nah ini ada story nih ... Kita ditempatkan di satu lantai.  Waktu saya menuju ke kamar, saya lihat ada 3 orang karyawan hotel (cewe) pada berdiri di depan kamar saya sambil harap-harap cemas.  Mau ngapain nih mereka?  Kamar saya paling ujung di lantai itu.   Eh, begitu saya masuk ke kamar, buset deh bau pengap dan mau lembab seperti rumah tua.  Dan wallpaper dinding kamar itu sudah sobek-sobek parah dan dindingnya hitam-hitam penuh lumut.  Dinding kaca di  kamar mandinya juga hitam-hitam berlumut.  Wah ... saya keluar dan melihat 3 karyawan cewe itu sepertinya tidak terkejut mendengar saya protes. Sudah diperkirakan saya bakal ngomel.  Akhirnya saya turun ke lobby untuk cari Tour Leader, Wawan.  Dia tidak ada di lobby, padahal katanya dia akan tunggu di lobby sampai semua urusan kamar beres. Mana buktinya?  Saya lihat Karen dan minta Karen untuk ke kamar kita dan urus supaya saya bisa pindah ke kamar lain.  Akhirnya saya dipindah ke kamar lain tapi tidak satu lantai dengan rombongan saya.  Biarin deh, yg penting bisa tidur dan bisa nafas.  Kamar yg ini mendingan.

Kita keluar lagi untuk rame-rame ke Supermarket belanja buah, air minum, roti dan makanan kecil kecil lain.

Selesai belanja, balik ke Hotel.  Besok pagi kita 6-7-8.  Morning call jam 6 pagi, sarapan jam 7, berangkat jam 8 menuju Zhangjiajie.

Next posting : Zhangjiajie part 1

rgds,
Zhang Lucy

4 comments:

GeGe said...

Ha3 crt ke changsa lu bawaannya ngamuk2 mulu sepanjang hari, hari yg menyebalkan buat rombongan ya lus? Klo tur2 laen sopirnya gmn? Tour travelnya baru ato lu dah pernah pk lus?

v1olet said...

iya, group gw pada kesal hari itu krn diajak jalan kaki yg semestinya tak perlu.

itu tour ATS. Udah 2X ikut tour ini. Dulu waktu ke Zhiujaigou juga ikut tour ATS tp OK kok.

kali ini sih local agent dan local tour guide nya aja yg bikin kurang sreg.

RYUblog said...

Sis.. aku mau berangkat ke zhangjiajie dan quilin bersama klrga dan ada bawa anak 3 th.. orangtua jg 50than..jd kira2 apa yg perlu dipersiapkan ya dilihat dr makanan yg ga enak dan medan yg cukup sulit.. ? Terima kasih..
Bs email ke yantipingping@gmail.com

v1olet said...

Sis Yanti, mau perginya bulan apa?
Kalau musim panas, mungkin bajunya kaos2 aja, boleh bawa baju ganti kalo keringatan, krn banyak jalan. Pakai sepatu yg nyaman + kaos kaki. Bawa topi dan payung. Bawa masker untuk ke toilet. Toiletnya bau, jadi bisa kasih minyak kayu putih di masker. Bawa tissue kering dan tissue basah.
Kalau ke gunung biar musim panas juga masih sejuk, jadi boleh bawa jaket tipis.
Bawa makanan kering seperti abon, kering tempe, teri kacang, dendeng, kering kentang, sambal sachet etc. Biasanya 3 hari pertama masih enak makan, tapi lebih dari itu biasanya udah bosan krn berminyak dan rasanya pada tawar.
Bawa obat, dan vitamin, koyo, counterpain/voltaren.

Walaupun toilet jorok, tetap harus minum air putih ya ... biasanya tour kasih air mineral tiap hari. Kalo kurang, beli aja, air mineral murah. Kalau tidak cocok makanannya, di dekat hotel biasanya ada convenient store / supermarket bisa beli roti atau mie instant yg kayak pop mie. Bisa beli buah-buahan juga.

Kayaknya itu saja. Selamat jalan-jalan :)