Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Tuesday, November 06, 2012

Film : J-Dorama - Beautiful Rain



  • Title: ビューティフルレイン
  • Title (romaji): Beautiful Rain
  • Format: Renzoku
  • Genre: Family
  • Episodes: 12
  • Viewership rating: 10.0% (Kanto)
  • Broadcast network: Fuji TV
  • Broadcast period: 2012-Jul-01 start
  • Air time: Sunday 21:00
  • Theme song: Ame ni Negai wo by Ashida Mana
Cast :
Synopsis :
One day a father with a young daughter is diagnosed as a sufferer of early-onset Alzheimer's disease. The father, Kinoshita Keisuke has been separated from his wife by death and has worked at the factory's dorm with his daughter ever since. A skilled craftsman at the metalworking factory, Keisuke is a man with a sunny disposition who is also the team coach for a boys' baseball team. Surrounded by his friends of the neighborhood, he has lived happily with his daughter up until today.

Things take a turn when Keisuke realizes that his forgetfulness has taken its toll. He is diagnosed as having early-onset Alzheimer's disease. His daughter, Kinoshita Miu played by child actor prodigy Ashida Mana, is a strong reliable girl on the outside but still a young and vulnerable girl on the inside. Overcoming her mother's death with her cheerful personality much like her fathers', she too must face the consequences of the sickness with her father...

A father who has looked after his daughter by himself all this time and a daughter who held faith in her father even without the existence of her mother. Tied to each other by a strong bond, how will they face reality and overcome it? -- Fuji TV

Source : DramaWiki - Beautiful Rain

My Comment :
Cerita : Mengapa judulnya Beautiful Rain ?  Ternyata nama "Miu" diambil dari tulisan beautiful rain, maksudnya hujan di saat matahari bersinar.  Drama ini tentang kehidupan sehari-hari sebuah keluarga dengan orangtua tunggal yg tiba-tiba divonis menderita Alzheimer dini (pikun dini).  Saya melihat ada nilai-nilai moral, kemanusiaan, persahabatan, dan keluarga yg bagus.  Sedih, mengharukan, menghangatkan hati, positif, dan tidak bikin kita nangis tersedu-sedu.  Ada semangat dibalik setiap masalah yg ada.  Kadang-kadang cara pandang anak kecil yg polos terhadap suatu masalah malah lebih sederhana, masuk akal, dan tanpa kekhawatiran yg berlebihan.  Terus terang waktu menonton film ini pikiran saya pun penuh rasa khawatir, berandai-andai jika saya jadi Keisuke enaknya bagaimana ... kalau saya jadi Akane, dan rekan kerjanya saran dan bantuan apa yg sebaiknya diberikan.  Drama ini ada unsur komedi yg segar karena memang anak-anak kan polos.  Saya menikmati nonton dorama ini dan senang merekomendasikan pada yg suka drama keluarga.  Bagi yg gampang nangis, mungkin boleh siap-siap tissue.

Cast : Ashida Mana, yg jadi Miu, memang hebat nih ... masih kecil tapi aktingnya bagus banget.  Ekspresif. Pantesan saja sering menang awards. Si papa Keisuke, Toyokawa Etsushi juga bagus.  Ada Nakatani Miki yg jadi tetangga yg siap membantu, teman setiap saat.  Nah ... ada anak kecil cowo yg saya suka nih ... yg jadi Kotaro, teman sebangku Miu.  Ampun dah ini anak lucunya minta ampun, kadang sotoy-nya gak ketulungan.

Ending : Positif.  Inilah yg saya suka dari dorama Jepang, walaupun kita tahu penyakit yg namanya Early Onset Alzheimer itu tak mungkin sembuh malah bertambah parah hingga tak bisa mengenali diri sendiri dan keluarga, ending dari dorama ini tidak ada scene yg sedihnya berlebihan atau kondisi yg memburuk sehingga emosi kita terkuras sampai nangis sesegukan.  Malah endingnya sangat positif dan membangkitkan semangat bahwa masalah itu ada jalan keluarnya selama semua bisa bekerjasama dan saling mendukung.  Siap dengan kemungkinan yg terburuk.  Hope for the best, prepare for the worst.

Spoiler :
Miu tetap tinggal bersama Keisuke dan keluarga Nakamura bersedia membantu mereka sehubungan dengan memasak makanan, mencuci pakaian, mengurus Miu dll.  Itu karena kata-kata Miu pada Akane bahwa jika ayahnya sakit yg tak bisa disembuhkan solusinya bukan berpisah meninggalkannya, tapi justru harus mendampingi dan membantu.
 
Menurut estimasi dokter, Keisuke akan mulai tidak akan mengenali dirinya sendiri dan keluarga sekitar 5 tahun kemudian.  Saat itu Miu akan berumur 13 tahun.  Jadi Keisuke menyiapkan 7 hadiah dan merekam pesan-pesannya dalam 7 micro SD card untuk Miu sampai usia 20 tahun.

Keisuke dan Miu jalan-jalan berdua ke Danau Ashi, ke tempat Keisuke melamar ibu Miu.  Walaupun di perjalanan itu Keisuke sering lupa dari hal-hal kecil sampai hal-hal serius, tapi Miu membantu mengingatkan.  Bisa jadi ini perjalanan mereka berdua yg terakhir sebelum pikun Keisuke bertambah hebat.  

Cerita ditutup dengan kegembiraan Miu dan Keisuke bersama keluarga boss, rekan sekerja, para tetangga dalam festival/bazaar Matsuri.  Bahagia dan penuh keceriaan.  Happy together.

Rating : 9/10
Highly recommended !

rgds,
Lucy

No comments: