Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, April 17, 2011

Flora : Cincau Hijau



Di hari yg panas terik, enaknya minum yg adem-adem tapi tidak bikin sakit leher dan batuk.  Minum apa hayoooo ?  Es Cincau Hijau.  Sehat dan segar, apalagi kalau bikin sendiri.  Daunnya dipetik dari halaman sendiri, sirupnya bikin sendiri dari gula dan pandan, es batunya bikin sendiri juga ... kata orang bisa buang panas dalam.

Karena saya suka makan cincau hijau maka kita menanam pohon cincau hijau di halaman.  Tidak tanggung-tanggung, sampai 4 species pohon cincau.  Menurut wikipedia, Cincau Hijau termasuk dalam species Cylea Barbata Myers. Inilah keempat jenis pohon cincau yg kita tanam :

Cincau Hijau Jumbo dari Lianna



Saya tidak tahu nama latinnya.  Karena bibit cincau ini saya dapat dari teman saya yg namanya Lianna, kita sebut saja Cincau dari Lianna.  Daun cincau ini besar, tebal, kekar, dan warnanya hijau gelap. Pertumbuhannya pesat, sebentar saja sudah merambat kemana-mana.  Karena besar, 20 lembar daun cincau ini bisa untuk 1 liter air.  Cara memeras seperti memeras baju dan cepat berlendir juga berbusa.  Makanya cincau dari jenis ini teksturnya agak kasar dan berlubang-lubang karena banyak busa.  Juga beraroma daun sekali, agak sedikit langu.

Cincau Hijau Licin dari Emil



Tanaman cincau ini saya dapat dari teman saya Emilia.  Waktu dikasih, hanya sebesar tauge, ditanam di gelas bekas Aqua.  Ditanam oleh pembantu saya di pot dan diberi jalaran bambu, dan sama sekali tidak kelihatan ciri-ciri pohon cincau.  Kalau hanya sebesar tauge dan daunnya selembar kecil, kapan kita makan cincaunya ya???  He he he ...  Setelah beberapa bulan, ternyata tumbuh juga. Bentuk daunya seperti hati. Nah, cincau dari jenis ini, hasilnya halus dan kenyal seperti jelly.  Juga tidak berbau langu.

Teman mama saya punya tetangga yg menanam daun cincau jenis ini yg sudah rimbun daunnya, merambat kemana-mana. 60 lembar daun menghasilkan 600 ml cincau hijau.  Cincau hijau dipotong-potong dan diberi air gula pandan, plus susu segar non fat. Hmmmm enakkkk  ...

added on April 30, 2011


Cincau Hijau Berbulu dari Tante Sisca



Tanaman cincau ini didapat dari teman mama saya, namanya Tante Sisca.  Daun cincau ini warnanya hijau tua, bentuknya agak bundar, dan teksturnya berbulu, ditanam di pot yg diberi jalaran bambu. Pertumbuhannya tidak pesat, agak lama seperti cincau hijau yg dari Emil.  Tapi, kualitas cincau yg ini paling top, begitu daunnya diperas, lendirnya banyak dan warnanya hijau cerah, lembut dan kenyal seperti jelly.

Cincau Hijau Berdaun Panjang


Tanaman cincau ini minta sama orang waktu melewati rumahnya.  Daunnya kecil tapi agak panjang, dan pertumbuhannya tergolong cepat.  Dalam waktu beberapa bulan, jalaran bambu sudah hampir penuh.  Makanya tadi pagi dipetik 20 lembar untuk dibuat cincau hijau.  Karena daunnya kecil, maka hasilnya tidak banyak.  Sewaktu diperas, agak lama baru lendirnya keluar dan airnya tidak cepat mengental.  Tetapi setelah dimasukkan ke dalam kulkas, ternyata wow .... perfect!  Cincaunya lembut, kenyal, halus tanpa celah, dan warnanya hijau segar .... enakkkkkk .....



Cincau hijau dipotong-potong, ditambahkan sirup gula pandan, tambah air dan es batu.  Boleh juga pakai sirup cocco pandan dan susu cair atau susu kental manis.  Mau ditambah tape singkong, kacang merah, nata de coco, kelapa muda, wah ... jadi es campur, lebih enak lagi tuh ...

Sehat Segar Bugar ....

rgds,
Lucy

30 comments:

Dapur Syafina said...

hhmm boleh minta bibit cincaunya ? tq erna

erna said...

Hi mbak Lucy, saya ada nulis ke mbak lewat Flicker. Bibit cincau hijaunya boleh di minta atau di jual? Saya lagi nyari. Terima kasih sebelumnya

v1olet said...

erna, untuk bibit cincau, saya belum tau cara perbanyakannya kecuali mencabut langsung dari pohonnya yg sudah ada akar.

untuk pohon cincau yg jumbo, tinggal tusuk saja batang yg tua ke tanah, lama-lama bisa muncul akarnya. kalau mau yg jenis ini, akan saya coba tusukkan, mudah2an bisa.

tp untuk yg 3 jenis lainnya tidak bisa dengan cara itu. di rumah saya masing-masing cuma ada 1 pohon yg terdiri dari satu batang yg melingkar-lingkar di anyaman bambu. pernah coba perbanyakan dengan stek / ditusuk ke tanah, tapi tidak berhasil tumbuh akar, malah pohonnya kering.

Fi'v said...

Boleh minta bibitnya juga mbak ? (Fifi)

v1olet said...

@ Dapur Syafina
@ Fi'v
mama saya sedang coba-coba memperbanyak tunasnya. tapi hasilnya masih belum banyak.

jika masih minat tunasnya, bisa email saya di lucianadriyanto@yahoo.com

kalau sudah ada tunas baru, akan saya kasih.

iman said...

halo mbak Lucy,
boleh minta bibit cincau hijau bulu?

thx, iman

v1olet said...

iman, saat ini belum ada bibit cincau. 2 minggu lalu 1 pot sdh dikasih ke teman mama saya. email ke saya kira2 2 bulan lagi, kalau sdh ada akan sy info.

iman said...

makasih banyak mbak. :)

ika putri said...

mbak boleh g minta/ saya beli bibit cincau yg bulu mbak,,,

kirim infonya ke mew_aksesoris3@yahoo.com

v1olet said...

wah rupanya penggemar cincau hijau ini banyak sekali. banyak yg minta dan bahkan ingin beli, tapi saya tidak jualan.

saya hanya ada 1 pohon satu yg lurus melilit dan menjulur. sayangnya saya sampai sekarang masih belum tahu cara perbanyakan yg cepat. hanya tunggu kalau ada yg mencuat di bawah, bisa dirunduk ke tanah. jika sudah berakar, dipotong.

masalahnya tanaman cincau yg berbulu itu kering dan mati karena ketiban pohon pisang. teman mama saya yg kasih tanaman itu pun sudah tidak punya lagi. saya juga lagi cari yg pohon cincau yg berbulu itu.

Unknown said...

Mbak,saya juga mau beli Kalau bisa .

Anonymous said...

caranya bisa di stek dan di cangkok
tanah
nih aku kasih tau tips nya
_ cara stek ambil batang yg merambat agak tebal lau potongsebesar 5cm.
tancap ketanah dansiram setiap hari lamakelamaanakanberdaun dan memanjang

_ cara cangkok siapkan kain,tali,dan tanah
cara isikain dengan tanah tempelkebatang cincau lau ikat dan setiap hari di siram
lamakelamaan akan numbuh akarlalu digunting

-cara cari batang yang merambat lalu lepaskan dari rambatan nya dan belokan kebawah sampai mengenai tanah tunggu sampai berakar baru seseudah itu tinggal di gunting




Anonymous said...

YANG BUTUH DAUN DAN BIBIT CINCAO SILAKAN HUBUNGI KAMI chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Trims Prabowo Jogja

uul seira said...

mbak saya jg mau bibit cincau hijau yang terakhir ya :)

Unknown said...

siang mbak lucy saya santoso dari Jakarta mau tanya apakah pohon cincau mbak bisa ditanam di pot,sekarang saya lagi tanam pohon cincau hijau perdu/daun berbulu dari 17 bibit yang baru berdaub hanya 2.Kalo boleh tahu apakah mbak menjual 3 jenis pohon cincau hijau yang lain selain cincau perdu/daun berbulu serta apakah lebih mudah besarnya daripada cincau berbulu serta harganya berapa dan ongkos kirim ke Jakarta berapa .Terima kasih.mohon diinfo ke saya di email/yahoo messenger/facebook santosopranata@ymail.com
8

Unknown said...

siang mbak lucy saya santoso dari Jakarta mau tanya apakah pohon cincau mbak bisa ditanam di pot,sekarang saya lagi tanam pohon cincau hijau perdu/daun berbulu dari 17 bibit yang baru berdaub hanya 2.Kalo boleh tahu apakah mbak menjual 3 jenis pohon cincau hijau yang lain selain cincau perdu/daun berbulu serta apakah lebih mudah besarnya daripada cincau berbulu serta harganya berapa dan ongkos kirim ke Jakarta berapa .Terima kasih.mohon diinfo ke saya di email/yahoo messenger/facebook santosopranata@ymail.com
8

Anonymous said...

Mba saya minta info gmn bisa beli bibit

Cincau berbulu dan ongkir nya brp?trims

Anonymous said...

Dimana kalo mau beli bibit pohon cincau?sy mau,kalo ada ini nomer saya 082216788919/082135244925 email saya solikinbarokah@gmail.com atau ulyakeanesukses@gmail.com

Anonymous said...

Mba...aq juga mau donk bibit cincau hijau tante sisca nya...

Pleaseee
Ni kontak aq 79b6728a

Unknown said...

KC Nurseries Bogor, 081384824904, nenyediakan berbagai bibit tanaman cincau, mulai dari cincau hijau rambat daun berbulu, cincau hijau rambat grass jelly, cincau hijau perdu/pohon dan juga cincau hitam/janggelan....
Silahkan datang dan kunjungi kami di Bogor
Budidaya dan pembibitan di Ciapus Bogor

Terimakasih
Christ Bogor

Unknown said...

Hai Cici Lucy mau juga dong qlo boleh.. minta bibitnya cao yg bentuknya kek hati itu.. hehehe...

Ramlipuchong said...

sy jgk maw email ramlimohdisa@yahoo.com.my wattapps 01112790332
your full address pls

moondink bugger said...

ada no wasap atau pin bb? terima kasih

Uruels said...

Bu minta wa atau fb atau ig,saya butuh banget cincau yg nomer 2

Uruels said...

Ini wa saya bu,081328654900
Saya butuh cincau yg nomer 2

v1olet said...

@uruels, @moondink, @unkhown, @jackson, dan semuanya,
saat ini saya hanya ada pohon cincau yg daun panjang. yg bentuk hati, dan yg berbulu sudah tidak punya lagi, ada yg mati tertimpa pohon pisang waktu ditebang, juga ada yg mati tercabut waktu bersih-bersih mencabut rumput-rumput.

KC Nurseries Bogor, 081384824904 sepertinya jual macam-macam pohon cincau. mungkin bisa kontak.

Mohon maaf ya semuanya ...

Faza Alrafazarin said...

izin kok, bolehkah minta/beli bibit cincaunya yang bulu kak

Setitik Air said...

Kak dari beberapa jenis cincaunya mana yng paling enak/ tidak berbau langu

Unknown said...

Paling enak menurut saya yg daunnya memanjang(cincau jeli) saya punya banyak yg cincau jeli

Unknown said...

Sedia bibit cincau jeli wa 089526362189