Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, May 13, 2013

Food : Ikkudo Ichi Ramen

Ramen yg lagi rajin buka cabang adalah Ikkudo Ichi.  Saingannya Hakata Ikkousha nih.  Supaya fair saya posting pengalaman makan ramen di Ikkudo Ichi ini.  Kan Ikkousha sudah pernah beberapa waktu yg lalu ...

Resto Ramen Ikkudo Ichi udah banyak cabangnya, lebih banyak daripada Hakata Ikkousha.  Rame juga, kadang antri juga.  Saya makan di Ikkudo Ichi yg di Puri Indah.  Restonya kalau dari luar sih kecil mungil tapi gambar chef-nya yg bertampang garang guede banget .... terpampang di atas papan namanya.  Suasana di dalam resto, bersih, nyaman dan ternyata banyak juga meja-mejanya.

Menunya lumayan beragam jika dibandingkan dengan Ikkousha.  Tapi paling aman untuk pemula adalah order Signature Tonkotsu Ramen.  Boleh pilih yg halal alias kaldu ayam atau yg non halal alias kaldu babi.  Ramennya sih sama, telur rebus yg creamy juga sama.  Beda kaldu dan proteinnya aja.  Oya, tidak bisa delivery dan tidak bisa dibawa pulang, sebab kaldunya bakal mengental jika dingin, harus segera dikonsumsi.  Kalau telat dan keburu kental akan mengurangi citarasanya.

Sedikit saran nih ... untuk yg non halal, kaldunya super kental dan super gurih dan kalau yg gak tahan bisa merasa eneg.  Tonkotsu kan ... yg kuahnya butek-butek putih susu /kuning itu dibuat dari lemak dan tulang sumsum yg digodok berjam-jam sampai jadi kaldu yg kental.  Harap nyadar untuk yg hasil test kesehatannya banyak di atas angka normal he he he ...  mendingan yg chicken aja, tidak terlalu kental dan tidak terlalu bikin eneg.

Makan ramen nih ibarat makan mie bakso, kurang afdol kalau tidak ngeracik tambahan bumbu sendiri.  Mau pedas tambah cabe bubuk, cabe iris, tambah daun bawang, tambah wijen, tambah kecap, tambah bawang putih goreng, asal enggak tambah ramen aja .. kalau itu hitungannya 2 porsi he he he ...

Menurut saya, ramennya ok, standard.  Kuah lumayan sedap dan gurih, kentalnya mantepppp, toppingnya baik daging ayam maupun babi plus telurnya OK. Boleh lah ...  Harga lumayan ... imbang-imbang sama Ikkousha.

Bisik-bisik nih ... untuk yg non halal ada daging pipi babi loh ... yg kata temen gw rasanya jempolan.

Yg ini chicken ... halal nih


 Yg ini non halal alias with pork


Boleh nambah gyoza goreng atau rebus atau panggang.  Atau yg lainnya juga boleh.

So ... mau yg Ikkudo or yg Ikkousha boleh-boleh aja .... tergantung ada di area mana.  Nah yg repot kalau yg lokasinya sebrang-sebrangan he he he ... cap cip cup ajah ...

rgds,
Lucy

1 comment:

Unknown said...

Jadi ngiler, makan kuah panas2 + pedes nikmat banget :)