Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Wednesday, August 20, 2008

Camilan : Serba Duren

Where : Serba Duren "Liliko" - Greenville (sebelah Saung Greenville)

Gw penggemar duren, apapun yg dari duren, gw doyan. Pagi ini gw sarapan serba duren, nitip temen gw beli di Liliko.

Photobucket
SOES DUREN

Kulitnya lembut, beli sore terus dimasukkin ke kulkas buat dimakan pagi, juga masih tetap lembut. Mau dimakan hangat, enak, mau dimakan dingin juga lezat. Isi durennya wangi.

Photobucket
SERABI DUREN

Serabinya warna ijo krn pake pandan suji. Kinca durennya enak, wangi, dan manisnya pas. Inget, kalo makan serabi ini kudu banyak kincanya, biar maremmmm makannya.

Photobucket
KETAN DUREN

Kincanya sama kayak kinca serabi. Ketannya bagus, dikukusnya pas, gak kelembekan, juga gak keras. Ketan disiram dg kinca yg banyak, sampe berenang, baru enak makannya.

Gw doyan duren banget. Tapi akhir2 ini duren yg dijual di supermarket atau toko buah agak kurang fresh. Kalo dulu jaman kita masih kecil kan duren bener2 mateng di pu'un. Begitu jatoh, baru dijual sama abangnya pake pikulan. Jadi bener2 fresh dan harumnya enak. Gak kayak sekarang, mateng karbitan, kelihatannya mateng tp gak wangi lantaran muda.

Baru2 ini gw mabok duren krn makan duren montong yg udah gak fresh (bukannya nuduh supermarket or toko buah loh...). Gw mual, muntah, BBAB, dan tiap berdahak berasa bergas duren. Tp gw gak kapok makan duren.

Berikut ini tips makan duren :
1. Jangan beli duren yg udah dibuka dan ditaruh di styrofoam. Mendingan beli langsung yg masih ada kulitnya.

2. Kalo gak habis makan sebuah duren, jangan dibuka semua. Dibelah dan dimakan secukupnya. Sisanya jangan dibuka dulu, simpan di kulkas dalam keadaan masih di dalam kulit/cangkangnya. Yup betul, emang makan tempat di kulkas. Jangan dipindahin ke styrofoam, box plastik atau tupperware sekalipun. Begitu dibuka, pasti bergas dan merusak kualitas duren. Mengapa di dalam cangkangnya? Krn di cangkang ada lapisan spt lilin yg melindungi buah tetap segar.

3. Jangan makan duren dalam keadaan perut kosong.

4. Spy tidak panas dalam, abis makan duren, ambil air putih, tuang ke cangkang duren dan aduk2 pake jari kita, terus minum airnya.

Selamat makan duren!

rgds,
Lucy

No comments: