Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Wednesday, August 27, 2008

Camilan : Kue Bantal

Temen2 di kantor gw lagi pada demen makan kue bantal. Berapa hari sekali, ada aja yg bawa kue bantal ini ke kantor.

Awalnya gara2 ada satu temen gw yg lagi belajar bikin kue bantal, kalo orang Jawa bilangnya kue bolang-baling. Entah bagaimana, mungkin resep kurang sempurna, dia bikinnya gagal terus. Itu kue bolang-baling jadi keras, lebih mirip roti goreng ketimbang kue bantal.

Kenapa disebut kue bantal? Krn penampilannya segi empat dan melembung kayak bantal. Teksturnya empuk2 kenyal padat dan dalamnya bersarang. Krn digoreng jadi agak berminyak dan garing -- kalo dimakan panas2 / baru diangkat dari wajan. Tidak seperti roti goreng, warna bagian dalamnya kekuningan, rasanya tidak terlalu manis, gak diisi apa2, dan ada aroma yg khas spt air abu. Kalo di Jawa, kue bolang-baling ini ditaburi gula pasir di atasnya waktu digoreng.

Tp sekarang bentuk dan penampilannya engga melulu seperti bantal, sudah bervariasi -- tapi namanya tetap Kue Bantal. Ada yg bentuknya panjang terus ditekuk dua dan dikasih wijen, seperti Kue Bantal di Jl. Bandengan.



Rasanya enak, kenyal dan sampe sore tetap empuk dan bentuknya tidak berubah, tetap kencang.

Atau ada lagi Kue Bantal yg dibawain sama temen gw, yg dibeli di deket rumahnya sekitar daerah Puri / Kosambi. Nah yg ini bentuknya bulat tak beraturan, agak peyot2 dan melempes, juga ditaburi wijen cuma gak sebanyak yg spt di Jl. Bandengan. Walaupun bentuk gak beraturan tp sampe sore masih tetap empuk.


Dari segi rasa dan penampilan, memang masih menang Kue Bantal Jl. Bandengan.

Kalo ada Bantal mestinya ada Guling kan?
Nah gulingnya adalah Cak Kwee. Kalo Kue Bantal rasanya manis-manis jambu (manis semu, manis sedikit), nah Cak Kwee rasanya asin, dimakan dengan cuka merah. Kemarin ini gw baca artikel di sebuah majalah ttg asal-usul Cak Kwee di negeri Tiongkok. Ada2 aja deh, makanan aja ada legendanya. Makan Cak Kwee pake susu kental manis juga enak. Atau untuk campuran bubur ayam.

Anyway... gw doyan kue Bantal dan Guling ... dimakan panas2 sembari minum teh sore...

rgds,
Lucy

No comments: