Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Thursday, August 21, 2008

Korean BBQ : Chung Gi Wa

When : July 2, 2008
Where : Chung Gi Wa

Lunch kemarin gw dan 4 teman kantor cobain makanan Korea di Chung Gi Wa. Letaknya di depan Grand Wijaya Center, di sebelahnya swalayan Korea, K-Mart, tepatnya di Jl. Dharmawangsa II No. 3, Jak Sel.

Habis parkir, pas mau masuk ke resto, kita lihat tumpukan arang yg diplastikin, rapih bener, dan ada oven buat bakarnya. Lalu ada lemari es yg berisi daging2 segar, mungkin bisa pilih2 di sini.

Begitu masuk ke ruangan resto, wah suasananya cozzy banget, dekorasinya didominasi unsur kayu. Ada yg model tatami, ada juga yg meja makan plus kursi biasa. Kita pilih yg biasa aja, kalo tatami takut kesemutan, dan kalo nanti kekenyangan jadi begah kalo duduk lesehan.

Photobucket

Kita order makanan. Tanpa ba-bi-bu, langsung dihidangkan Kimchi dan kawan2nya. Kimchinya ada 2 macam, yg pedas dan merah seperti biasa, dan ada satu lagi yg sawi putih aja, tanpa cabe, rasanya asam manis kayak acar. Kalo doyan, boleh minta tambah. Selain itu ada sayur segar seperti selada hijau, selada ungu, dan daun lain gw gak tau namanya. Semua sayurannya segar dan garing seperti baru dipetik. Kayaknya ini sayur2an organik deh, soalnya si Ajumah pemilik resto ini kayaknya punya kebun sayur sendiri, ada foto2nya tuh di dinding ruang tatami. Juga disiapkan saus buat bulgogi yg rasanya asam manis asin plus irisan bawang bombay dan cabe. Yg paling oke adalah cabe tauco yg di piring kecil2 itu, buat sambel bbq.

Photobucket
Sayurnya segar2 deh

Air minum, teh atau air putih, gratis. Air putihnya unik deh, di dalam botolnya dikasih potongan arang bambu seperti yg kita lihat di pintu masuk. Mungkin ini buat kesehatan dan membuang racun. Masuk akal juga sih, soale di rumah gw, sebelum diolah, seafood dicuci dan direndam sebentar pake arang spy gak bikin alergi.

Photobucket
Air mineral plus arang bambu

Yg juga gratis adalah Soup Sayur Asin dengan kuah Miso. Enak dan segar rasanya. Dan kalo doyan, boleh minta tambah.
Photobucket
Miso Soup pake sayur asin

Makanan pembuka kita adalah Cap Jae alias soun goreng. Porsinya lumayan, idealnya cukup utk dimakan ber-4 kalo cuma utk makanan pembuka. Tp kalo mau makan ini aja sih, seporsi sendiri.

Photobucket
Cap Jae

Utk nasinya kita pesan Dolsot Bibimbap, alias Hot Pot Nasi Sayuran Aduk2. Kita pesan 2 porsi bagi berlima, soale takut kekenyangan. Ini aja dapet satu mangkok. Rasanya lembut dan pas, engga keras dan engga gosong. Harum. Enak banget kalo makannya dibungkus sayur selada.

Photobucket
Dolsot Bibimbap

Nah sekarang kita masuk ke menu utama yaitu bulgogi (2 porsi) dan jumul lok (1 porsi). Ini dimasak di tungku di depan kita. Ini persiapannya. Biasanya kan pake batubara, tp yg ini masaknya pake arang bambu (bukan arang kayu loh...). Ada cerobong buat sedot asapnya.

Photobucket

Ini Bulgogi (daging sapi) lagi dimasak dan jadinya enak banget, dagingnya fresh, empuk, dan rasanya pas. Dimakan pake sayuran + kimchi + bawang putih yg dibakar + sambel tauco, yummy deh...

Photobucket

Photobucket
Bulgogi

Nah ini Jumul Lok, ini daging bumbu di-BBQ. Oya ini daging sapi juga. Ini juga enak, dagingnya empuk, rasanya manis asin. Krn sibuk makan, gw gak sempat foto waktu lagi dimasak, tau2 udah ditaruh di piring, siap disantap.

Photobucket
Jumul Lok

Penutupnya adalah buah semangka.
Makan begitu berlima sharing2, gak sampe Rp500 ribu.

Abis makan, kita ke K-mart, belanja kimchi, permen2 dan perut kita masih muat makan ice cream batangan. Luas juga perut kita! Kenyang banget sampe sore....

rgds,
Lucy

No comments: