Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, August 16, 2015

Java Trip : Gathot dan Thiwul Yu Tum

Wonosari, Yogyakarta, 20 Februari 2015

Di perjalanan menuju Pantai Kukup kita mampir di toko oleh-oleh yg menjual makanan khas Gunung Kidul, yaitu Gathot dan Thiwul Yu Tum.  Baik Gathot maupun Thiwul bahan dasarnya adalah singkong yg dijadikan gaplek.

IMG_0195 gathot thiwul yu tum besek1

Thiwul itu dari gaplek yg ditumbuk dijadikan seperti tepung lalu diolah menjadi seperti bolu tapi teksturnya kasar.  Warnanya kecoklatan.  Rasanya kalau dimakan seperti berbiji-biji atau berbutir-butir di lidah.  Waktu saya ke sana, ada 2 macam thiwul, yaitu Thiwul Tumpeng dan Thiwul Coblong.  Thiwul Coblong rasanya lebih manis karena diberi gula aren.

yu tum tiwul2-110151brw
Thiwul Tumpeng

yu tum tiwul3-110203brw
Thiwul Coblong - yg bolong-bolong coklat itu gula aren

Gathot yg artinya "gagal total" sebetulnya adalah gaplek yg gagal sehingga mengalami proses fermentasi sehingga warnanya hitam kecoklatan, kenyal-kenyal, lengket-lengket dan rasanya agak asam-asam gitu.

yu tum getuk gathot1-110329brw

Kalau beli satu porsi dalam besek yg dialasi daun pisang, isinya thiwul tumpeng separuh, gathot, dan kelapa parut.  Enaknya dimakan selagi hangat, karena kalau sudah dingin, thiwulnya agak keras.  Ternyata tidak semua orang cocok makan thiwul, banyak yg merasa aneh, apalagi gathot yg warnanya hitam lengket-lengket gitu.

IMG_0196 gathot thiwul yu tum besek2

Selain menjual thiwul dan gathot, Yu Tum juga jual gethuk goreng dan aneka snack / camilan, gula jahe dan tepung thiwul.

yu tum getuk goreng1-110229rw

yu tum oleholeh4-105625brw

Boleh dicoba nih kuliner Gunung Kidul.

yu tum oleholeh2-105234rw

more photos  Album Java Trip

to be continued

next posting : Pantai Kukup

rgds,
Lucy

No comments: