Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, January 25, 2015

Travel : House of Sampoerna, Surabaya, 28 Dec 2014

House of Sampurna18 entrance-9098rw

House of Sampoerna Museum terletak di Taman Sampoerna 6, Surabaya.  Dulunya ini adalah tempat tinggal Liem Seeng Tee dan keluarga, pendiri HM Sampoerna produsen rokok kretek Djie Sam Soe, tapi sekarang dijadikan museum.  Pilar pada pintu masuknya berbentuk rokok 123 Dji Sam Soe. Unik.  Walaupun saya tidak merokok dan tidak suka rokok, saya ke sini untuk menambah wawasan karena kisah hidup Liem Seeng Tee dan istrinya, Siem Tjiang Nio sangat menarik dan penuh pelajaran hidup.  Silahkan baca kisah hidup beliau di sini.  Tidak ada biaya karcis masuk, alias gratis.

Kalau saya tidak salah, museum ini dibagi menjadi 3 ruangan.  Begitu masuk, langsung ketemu kolam ikan mas dan air mancur.  Belok ke kiri ada seperti warung, sepeda ontel, bakul-bakul dan timbangan, dll

House of Sampurna1-9043rw

House of Sampurna2 Sepeda Ontel-9045rw

House of Sampurna3 Bakul-9046rw

House of Sampurna4 dewi anny lucy-9053rw

Belok ke kanan ada seperangkat furniture, meja kerja, foto-foto, lemari yg berisi kebaya Siem Tjiang Nio, dll

House of Sampurna9 Lucy-9067rw

Ruangan kedua diawali dengan pintu melengkung, kemudian kita bisa melihat brankast kuno, foto-foto, lukisan, dan ada korek api dari masa ke masa.

House of Sampurna10-9072rw

House of Sampurna11 korek api-9075rw

Ruangan ketiga ada peralatan marching band, mesin cetak kuno, kereta kuda, warung rokok, dll.  Bisa jajan permen, biscuit, snack di warung itu.

House of Sampurna12 kereta kuda-9080rw

Nah di lantai atas adalah souvenier shop.  Di situ jual batik, cangkir mug yg unik, gantungan kunci, pernak-pernik, dan ada buku biografi Liem Seeng Tee yg bagus dan berwarna.  Tidak boleh foto-foto di sini.

House of Sampurna13 souvenirs-9088rw

Di halaman luar ada garasi koleksi mobil kuno Liem Seeng Tee dan keluarga.  Kita foto-foto di sini.

House of Sampurna21 Ani Lucy Dewi-9113rw

Salah satu hal yg menarik dari House of Sampoerna adalah A City Sightseeing Tour in North of Surabaya.  Disediakan bus yg cantik untuk keliling kota, gratis.  Wah keren banget nih .... sayang waktu saya ke sana, sudah telat sebab tempat terbatas sedangkan peminatnya banyak.  Maybe next time.

House of Sampurna22 Bis Ani Lucy Dewi-9119rw

Disini juga ada Cafe.  Tempatnya nyaman dan bersih.  Pilihan makanan ada yg menu Indonesian food, ada yg menu International.  Khusus bulan Desember 2014, ada New Offerings 'The Mix of Cultures' served Lontong Liwet, Botok Eyang Ti, Dori Lombok Ijo, Kotokan Sampoerna, Es Brontak, Wedang Sundae, Es Empat Lima, Es Bambu Runcing and Es Tugu Pahlawan.

House of Sampurna28 Cafe Lucy-9131rw

House of Sampurna36 Cafe-9158rw

House of Sampurna31 Cafe tangan-9151rw

Saya pilih Kotokan Sampoerna yang adalah Ikan Tenggiri berkuah gurih dan wangi.  Plus nasi putih, plus juice alpukat.

House of Sampurna44 Cafe Kotokan Sampoerna Ikan Tenggiri-9181rw

House of Sampurna37 Cafe Juice-9160rw

Anny dan Dewi pilih Garang Asem Ayam plus nasi putih.  Ayamnya 2 potong loh per porsi.  Puas deh ... seger asem-asem ...

House of Sampurna39 Cafe Garang Asam-9166rw

Ani lebih cocok dengan Chicken Cordon Bleu.

House of Sampurna41 Cafe Chicken Cordon Bleu-9172rw

Kita makan dengan nikmat.  Harganya memang agak mahal karena kelas cafe, bukan restoran biasa.

Dari sini kita order Taxi dan langsung menuju ke Toko Bhek untuk beli oleh-oleh.  Kue melinjo, almond crispy, dll.  Saat itu hujan gerimis.  Mau kemana lagi ya ?  Akhirnya kita kembali ke Hotel Ibis, ambil barang-barang kita yg dititip di concierge, lalu langsung ke Bandara Djuanda, karena kita pikir pasti di sana ramai karena peristiwa AirAsia QZ8501.

Kita tiba di Bandara way to early.  Kepagian banget.  Flight kita :
QZ7689  28 Dec 2014  - SUB 20:50 - CGK 22:10
Kita usaha, kalo bisa dan ada, pindah ke flight yg lebih awal, tp ternyata tidak bisa.
Kita sudah web check in, jadi sudah ada no. kursi.

Ke Starbuck lagi, memanfaatkan promo Rp1,- dari BCA Platinum. Sik asik ...
Nongkrong, ngobrol, charge HP, dll sampe puas.
Setelah itu makan malam di Food Cafe, makan Carl's Jr. Burger.
Kemudian ke Gate, sambil lari-lari karena salah dengar pengumuman, kirain udah last call, ternyata bukan flight kita ... fffiiiiiuuuuhhhhh .....  Flight kita malah delay sampai jam 11 malam, dan dapat snack spy kita ga ngomel-ngomel kelaparan.  Rupanya karena kehilangan 1 pesawat, jadwal jadi morat-marit, semua jadi delay.

Tiba di Bandara Soetta sudah lewat tengah malam.  Taxi Bluebird, Express, Taxiku pun, langka ...  Untung Anny dijemput dedek dan mamanya, kita semua nebeng.  Maksudnya saya mau ikut sampai pangkalan Bluebird di Rawa Bokor, tapi ternyata di situ kosong, tak ada taxi.  Jadi saya ikut sampai kost Ani, dan dari situ baru telpon Bluebird.

Sampai di rumah jam 2 dini hari ... ngantuk dan capek.  Ntar pagi masuk kerja pula ... apa kuat ya ?

So .... itulah jalan-jalan saya di penutup tahun 2014.
Tahun depan mau jalan-jalan kemana ?

Enjoy your life now -- it has an expiry date

End of Kawah Ijen Trip

more photos klik Album Kawah Ijen Trip

rgds,
Lucy

1 comment:

Unknown said...

keren dan menarik ..gmn klo tahun ini coba berkunjung ke banyuwangi rekomended bgt spot spot keren di banyuwangi.