Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, January 10, 2015

Travel : Taman Nasional Baluran, 26 Desember 2014

Tahun lalu, tgl 25-28 Desember 2013 saya dan 3 orang teman saya ke Dieng, Jawa Tengah.  Tahun ini, tgl 25 - 28 Desember 2014, saya dan 3 teman saya itu -- Anny, Dewi, dan Ani, jalan-jalan ke Kawah Ijen di Jawa Timur dan sekitarnya.  Sepertinya bisa jadi jadwal tetap nih, jalan-jalan ke gunung tiap akhir tahun.

Kali ini kita ikut LikethisAdventure, backpacker trip nih, biaya trip Rp 850 ribu saja. Meeting point di Bandara Juanda Surabaya tgl 25 Desember 2014 jam 9 malam.  Dari Jakarta ke Surabaya, kita naik pesawat (tidak ditanggung tour).  AirAsia, Flight QZ 7684, Boarding 18:30, ETD 19:10, ETA 20:25.  Saya tiba di Bandara Soetta Terminal 3 jam 5 sore dan kita ketemuan di Bakmi GM.  Saya makan sore dulu krn di pesawat AA kan gak dapat makanan.  Habis makan, kita nongkrong di Starbucks, memanfaatkan promo Rp 1 dari Kartu BCA Platinum, sampai menjelang boarding.  Penerbangan kita lancar, dan tiba di Bandara Soetta.  Ternyata kita yg datang paling awal, dan masih harus menunggu rekan2 kita yg flightnya lebih malam.  Jadi kita berempat menunggu di food court di Bandara Juanda Terminal 2.  Teman2 saya makan HokBen.  Saya masih kenyang sebab sudah makan nasi goreng GM kan.

Jam 11 malam, Angga, Tour Leader kita muncul dan menunggu sampai peserta ke-5 muncul.  Peserta ke5 namanya Melisa dari Balikpapan.  Dari terminal 2, kita jemput peserta ke 6 dan 7 di terminal1.  Ternyata jarak terminal 1 dan 2 tuh jauh ya ... 30 menit.  Mereka adalah Lisa dan Tia.  Habis itu kita menjemput peserta ke 8 dan 9 di stasiun KA, yaitu TG alias Teguh dan Holan.  So kita group 9 orang plus 1 TL plus 1 supir.  Setelah komplit kita langsung berangkat menuju tujuan wisata pertama.  Saat itu sudah lewat tengah malam dan waktunya bobok.  Dimana ?  Ya ... di mobil Elf lahhhh ....

Pagi hari sekitar jam 5 lewat, kita tiba di Rest Area.  Bisa sarapan, beli snack dan kebutuhan kita di minimarket, dan yg utama bisa mandi.  Ada kamar mandi yg gratis, ada juga yg disewakan.  Kita pilih kamar mandi yg bayar.  Biayanya Rp 8.000,- mandinya pakai shower, bisa air panas, air dingin, dapat sabun dan shampoo.  Nyaman banget dan segar setelah mandi.  Wah ... ide bikin rest area kayak gini boleh juga nih .... sangat membantu packpacker dan traveller.  Boleh diperbanyak nih Rest Area kayak gini.  Setelah mandi, saya sarapan lontong daging buatan mamanya Anny.  Enak dan kenyang.  Selagi sarapan kita ber9 saling berkenalan, sebab tadi malam di Elf acaranya kan tidur sepanjang malam.


IMG_8516 rest area all1rw kika : TG, Holan, Angga, Lucy, Tia, Melisa

Setelah segar dan kenyang, kita berangkat menuju Taman Nasional Baluran.  Kita menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam.  Pemandangan di sepanjang jalan kebanyakan pohon-pohon jati, sengon, dan karet.  Hutan jati itu bagus loh ...

TAMAN NASIONAL BALURAN
26 December 2014

IMG_8778 Baluran fr Menara Pandang1r


Taman Nasional Baluran terletak di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur (sebelah Utara Banyuwangi).  Dari pintu masuk kita masih menempuh perjalanan hampir 1 jam, kanan kiri jalan pemandangannya pohon dan semak-semak.  Ada 1 spot foto yg bagus dengan latar pemandangan gunung yg kita lewati tapi tidak stop, kata Angga nanti bahkan lebih bagus.  Taman Nasional Baluran ini komplit juga, ada hutan lindung, ada sabana, ada pantai, ada hutan mangrove, dan ada gunung.

Sabana Bekol

Akhirnya kita sampai ke area sabana atau savannah yg namanya Bekol.  Sabana itu padang rumput yg luas disertai pohon tapi jarang-jarang.  Di Bekol ini kita bisa lihat Gunung Baluran dengan jelas, gunung yg tadi kita lewati.  Kalau beruntung, di Bekol kita bisa melihat rusa dan banteng.  Kalau enggak beruntung, lihat tulang kepalanya saja ha ha ha ...

IMG_8547 Tanduk Banteng1rw

Rusa yang jauuuuuuh bener :)  Mau disamperin jauh dan mobil gak bisa ke situ, mau difoto jauh banget, harus pakai lensa tele 400mm.  Jadi harus puas foto rusa dengan lensa 105mm :)

Bekol Savanna rusa1-8593rw

Bekol dan Gunung Baluran

Bekol Savanna4-8585rw

IMG_8569 Baluran Lucy Ani Dewi1rw

Lagi enak-enak foto-foto eh ... hujan gerimis, jadi kita naik ke Elf dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Bama.

Pantai Bama

Bama Dewi Ani Lucy1-8611rw


Pantai Bama ini sebetulnya bagus, cuma sayangnya kotor, banyak sampah yg ngambang-ngambang di pesisir pantai.  Sampahnya kebanyakan gelas dan botol aqua, plastik bungkus makanan/snack dan pembalut wanita.  Jorok dan mengecewakan, padahal pemandangannya bagus dan pohon-pohonnya bagus.  Penghuni tetap Pantai Bama adalah monyet-monyet.  Monyet di sini tidak ngambil barang-barang yg kita pakai, cuma mereka suka mengejar orang yg bawa makanan, jadi kita harus berbagi sama mereka kalo bawa makanan :)  Seperti TG yg bawa satu kantong kresek salak pondoh dari rumahnya di Yogya, sempat diuber-uber monyet.  Untung TG gesit, bisa gocek-gocekan sama gerombolan monyet.

Bama Beach3-8641rw

Bama Beach4-8647rw

Di Pantai Bama ini hanya ada 1 cafetaria dan di sinilah kita makan siang.  Menunya memang tidak banyak pilihan tapi lumayan.  Saya makan mie goreng instant dengan telur ceplok.  Sedaaaaaappppp, sebab lapar berat ha ha ha ... Waktu kita makan di jendela bambu ada 2 monyet yg ngintip minta makanan, tampangnya kasihan deh .... Krn ketakutan, Melisa lempar sebagian makanannya keluar jendela, dan langsung diserbu dengan pasukan monyet, and tetap saja 2 monyet itu gak kebagian dan dengan memelas menatap kita yg lagi makan ....

IMG_8630 Bama Cafetaria monyet ngintip2rw

Selesai makan kita foto-foto di pinggir pantai dan jalan-jalan di mangrove trail yg pemandangannya hutan mangrove.  Bagus juga loh ternyata.

Mangrove Trail Lucy1-8660rw

Mangrove3-8682rw

Mangrove Lucy3-8707rw

Menara Pandang Baluran

Tujuan selanjutnya adalah Menara Pandang.  Kita balik lagi ke arah Bekol.  Di belakang musholla, ada jalan menuju menara pandang, agak mendaki dan begitu sampai di menara pandang, kita naik ke menara yg terbuat dari besi.  Dari menara pandang, saya bisa foto-foto Gunung Baluran dari angle yg berbeda dengan yg di Bekol.  Bagus deh memandang gunung dari sini.

Mt Baluran Menara Pandang1-8751rw

Menara Pandang Savannah2-8773rw

Menara Pandang Mt Baluran3-8777rw

Menara Pandang rumah putih2-8756crw

Dari Taman Nasional Baluran, kita menuju Banyuwangi.  Saatnya tidur siang hingga sore hari tiba di restoran untuk makan siang menjelang sore.  Saya makan nasi jagung dan rawon.  Teman-teman saya yg lain makan tahun tempe penyet.

Nasi Jagung1-8788rw

Setelah makan, kita menuju ke penginapan untuk mandi dan istirahat sebentar.  Tidak menginap loh, cuma selonjor doang.  Sekitar jam 9 malam kita berangkat menuju Kawah Ijen.  Tadinya mau makan malam lagi, tapi ternyata rombongan 2 Elf yg dari Pulau Menjangan sudah selesai makan malam dan sudah siap berangkat.  Jadinya perut kita menjadi korban PHP (Pemberi Harapan Palsu).  Perjalanan dari Banyuwangi ke Ijen sekitar 2 jam.

more photos on my flickr kawah ijen trip album

to be continued

Next Posting : Kawah Ijen, 27 Desember 2014

rgds,
Lucy

1 comment:

Mita Diah said...

Baggus baget gan artikelnya ... tempat wisata indonesia