Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Tuesday, January 14, 2014

Travel : Dieng Trip - Candi Mendut dan Pawon

Candi Mendut & Pawon
Magelang, Jawa Tengah
23 December 2013


Biasanya wisatawan tidak khusus datang ke Candi Mendut dan Pawon ini, tapi suka mampir on the way to Candi Borobudur.  Kitapun demikian, sebetulnya tidak termasuk dalam itinerary, tapi karena sudah sampai di situ, kita jadi turun untuk lihat-lihat dan foto-foto sejenak.  Dikasih waktu cuma 15 menit .... in fact molor sampai 30 menit ha ha ha ...


Tiket masuk Rp 3000 plus premi Rp 300 per orang, bayar sendiri karena tidak termasuk dalam itinerary.  Dari group kita, kayaknya hanya kita yg masuk deh, sebab kita tidak ketemu sama peserta yg lain. Mungkin pada di bis dan pada jajan makanan.


Ada apa di Candi Mendut ?  Yg jelas ada candi he he he .... saat kita datang, 1 sisi candi sedang dipugar/renovasi sehingga ada steger-steger.  Pengunjung candi malah banyakan orang asing, baik yg sendirian maupun keluarga-keluarga (Anny ... foto mister ?! ha ha ha ...). 


Untuk naik ke atas candi harus copot sendal/sepatu karena takut batunya bocel-bocel atau pecah kali ya ... mengingat usia batu ini sudah tua sekali, ribuan tahun. Mungkin beberapa waktu ke depan, wisatawan malah tidak boleh naik ke atas lagi, demi alasan keamanan candi dan wisatawan, takut roboh.



eh .... ada laba-laba di tembok candi, Mr. Bro yg foto-foto candi (gambar ke3), ikutan foto-foto laba-laba bareng kita.  Spiderman goes to Candi ya Mr. Bro ....


Di luar pagar kompleks candi ada deretan toko souvenir, dan seperti keluhan wisatawan mancanegara dan domestik, terlalu banyak penjaja souvenir yg ngikutin kita dan agresif menawarkan jualannya.  Di Mendut ini masih mending, coba deh ke Borobudur, buset deh lebih banyak yg menyerbu kita dan tak henti-hentinya, sampai capek menolaknya.


Keluar dari pagar Candi Mendut, masih ada satu lokasi yg bisa dikunjungi.  Ada kolam-kolam2 dan patung-patung di dalamnya.  Saya tidak masuk sampai ke dalam mengingat waktu, kita sudah dipanggil-panggil untuk ke bis.

Masih sempat foto Water Lily yg lagi dimakan Ikan Mujair Nila.  Ganas juga ya ikan-ikan ini.  Padahal bunga ini cantik sekali kalau utuh.



jiahhhhh ....



Di dekat tempat parkir ada yg jual es campur dan onde-onde.  Saking manisnya sampai dikerubutin lebah ...


Oya, makanan dan minuman di Jawa Tengah ini serba manis, selengkapnya di next posting.

more photos on my Flickr

Next Posting : Makan Manis Kuliner Jawa

rgds,
Lucy

No comments: