Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Friday, January 17, 2014

Travel : Dieng Trip - Makan Manis Kuliner Jawa

Kuliner Jawa yg Manis
23 December 2013

Kuliner Jawa Tengah itu rasanya manis .... sudah terkenal begitu.  Bagi saya yg sudah terbiasa dengan makanan Jawa (my daddy is from Java loh ...), kayaknya enak-enak aja.  Tapi bagi orang non Jawa atau orang asing yg lidahnya terbiasa asin atau tawar, kuliner Jawa Tengah ini rasanya jadi aneh dan muanisssss banget.  Mungkin karena kebanyakan makan manis-manis, banyak orang Jawa yg menderita diabetes. Soalnya Bokap gw sekeluarga semua penderita diabetes ... tp untuk lebih pastinya musti check data di BPS atau Depkes he he he ...

Pesan teh di Jawa Tengah itu default-nya adalah Teh Manis, dan manisnya itu manis bener, bukan asal manis-manis jambu.  Itu tandanya orang Jawa Tengah itu murah hati (generous) karena kasih gulanya royal, bukan cuma sepenuh hati tapi sampai sepenuh sendok, bersendok-sendok malah ha ha ha ...  Makanya kalau mau teh yg tidak manis, buru-buru deh bilang Teh Tawar atau Teh Pahit, jangan cuma bilang Teh hangat atau Es Teh, ntar yg keluar yg manis.  Beda kan sama di Jakarta, kalau kita order Teh, mas atau mbaknya nanya dulu, tawar or manis.  Oya waktu kita makan di Kendal, itu teh hangat yg gratis dijejer di meja. semuanya manis :)

Nah, setelah dari Candi Mendut, kita lanjut ke Candi Borobudur.  Saat itu sudah jam makan siang, dan saya dkk sudah kelaparan.  Jadi kita makan siang dulu.  Di halaman candi, ada banyak rumah makan yg menjual aneka menu masakan.  Rumah makan itu dikasih nama buah-buahan, e.g. RM Mangga, Jambu, Rambutan, dll.  Karena keenakan duduk ngaso di rumah makan, kita sepakat tidak mau naik ke candi.  Lagian hari panas terik dan kita udah pada pernah ke Borobudur.  Sebenarnya yg tersirat adalah malas jalan kaki he he he ...

Panas terik begini, enaknya minum es kelapa muda.  3 teman saya semua order kelapa muda utuh.  Saya malas korek-korek kelapa soalnya seringan keras sampai sakit tangan saya, maunya tinggal makan aja (alasan si pemalas ...).  Jadi saya order Es Degan, yaitu kelapa muda yg sudah dikorek ditaruh di gelas dan dikasih sirup rose dan susu.  Kalau urusan sehat sih, enak yg kelapa utuh, tapi siapa yg mau korekin kelapa buat saya ....  ?  Kalo di Jakarta, saya ke tukang kelapa, minta pilihin, belahin, korekin, terus dituang ke plastik dengan airnya.  Saya tinggal minum aja. No sugar added.

Ani mengorek kelapa ....

Es Degan pink warnanya ...

Menu makan siang Ani dan saya adalah Nasi Gudeg Komplit.  Sedangkan Dewi pesan Tongseng Kambing, dan Anny pilih tongseng ayam.

Nasi Gudeg.  Porsinya sedang, cukup bikin kenyang untuk anak cewe, tapi kalo cowo sih kurang segini, kudu nambah. Gudeg ini isinya sayur nangka, sambal goreng tahu, ayam opor, dan telur plus timum dan sambal.  Rasanya semua manis he he he ... (kecuali sambal tentunya ...) makanya banyak teman saya tak doyan gudeg karena manis. Saya dan Ani doyan ... jadi dimakan habis kecuali ayamnya saya gak makan sebab bukan dada (lupa minta yg dada ...).

Nasi + Tongseng.  Dewi makan dengan lahap sebab tongsengnya enak katanya, daging kambingnya juga banyak dan ok banget.  Nah si Anny pilih tongseng ayam, ternyata dia cuma makan kuahnya doang ... ayamnya gak dimakan.

Sebetulnya makanan khas Magelang adalah Kupat Tahu.  Isinya adalah potongan ketupat dan tahu yg disiram bumbu kacang yg diuleg pakai gula jawa.  Rasanya ?  Manislah ... Kalau dilihat-lihat ini masih saudara sama ketoprak, cuma ketoprak pakai bihun dan bawang putihnya intense.  Di kompleks Candi Borobudur ini ada Kuphat Thahu yg top, tapi saya bener-bener lupa sehingga gak icipin kuliner ini. Next time lah ya ....

Selesai makan sudah saatnya kembali ke bis, waktu yg dikasih cuma 1.5 jam doang untuk makan dan explore candi.  Terburu-buru belanja baju batik untuk oleh-oleh ... sambil hujan-hujanan.  Dan kembali ke bis, ternyata masih banyak yg belum balik, tau gitu masih bisa nyantai belanja-belanja ya.

Ke Wonosobo

Perjalanan dilanjutkan ke Wonosobo melalui Temanggung, Kedu, lewatin pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing, dan lain-lain.  Perjalanan sekitar 4 jam. Sore hari jam 6 sore, kita tiba di Wonosobo dan menginap di Hotel Kledung Pas.  Kok di Wonosobo ya nginepnya ... kenapa gak di Dieng aja yg lebih dekat dengan obyek wisata ?

Makan malam kita di hotel ini juga.  Prasmanan seperti di kantin, bisa pilih-pilih menu. Menunya banyak macam dan bersih, tampaknya lezat. Cuaca hujan rintik-rintik begini, enaknya makan yg hangat-hangat.  Saya pesan Mie Ongklok, Tempe Mendoan, dan Kering Kentang.  Tempe mendoannya enak, garing dan gurih. Rasanya .... semuanya manis, minumnya teh ... manis juga.  Wah ... saya bisa-bisa tambah manis nih di sini ....

Mie Ongklok itu mie pakai sayuran kol, tahu dan kentang dipotong2, ayam disuwir-suwir dan siram kuah kental yg rasanya manis-manis gitu.

Karena hujan gerimis, selesai makan, kita naik bis lagi sampai di depan lobby hotel.  Setelah pembagian kamar, kita masuk kamar masing-masing.  Yg unik dari kamar hotel ini adalah pintu kamar mandinya seperti pintu lemari. Kita kirain itu lemari, taunya begitu dibuka ternyata toilet. Ada-ada aja deh.

Masih soal urusan kamar mandi nih .... saya mandi di urutan ke3.  Ternyata, air panasnya habis, mungkin gasnya habis.  Dewi dan Anny masih kebagian air panas, eh ... giliran saya dan Ani no hot water.  Kalo ada ember masih mending bisa nampung air dulu dan bisa guyuran cepat2. Lah ... ini cuma shower doang, mana alirannya kurang deras, nungguin air muncrat itu sampai merinding luar biasa .... ampuuuuun deh.  Keramas pula ..... dingin banget yakkkk ....

Kita tidur lebih awal karena besok bangun jam 3 subuh, mau lihat sunrise di Dieng ....
Formasi tidur : single bed - double bed - single bed.

Mama saya telpon, ternyata dia dan tante2 + om saya ke Dieng juga.  Berangkat subuh tadi dan jam 6 sore sudah sampai di Dieng (via Banjarnegara, bukan Wonosobo).  Mereka menginap di Dieng. Wah... lancar dong perjalanan mereka.  Beda 1 hari aja udah gak macet.  Mereka beruntung :)

Jadi kesimpulannya Kuliner Jawa itu Makan Manis ....