Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, January 21, 2013

Food : Kopitiam Eastern

Kopitiam Eastern
Pesanggrahan, Srengseng, Jakarta

Beberapa waktu yg lalu Eastern ada di ITC Permata Hijau, di ruko di pojokan. Hidangannya Dim Sum dan Chinese Food. Tetapi kemudian tutup.  Ternyata pindah ke Pesanggrahan, Srengseng Kebun Jeruk, tapi namanya berubah menjadi Kopitiam Eastern.  Dengan jadi Kopitiam, pilihan menu dan dekorasinya jadi berubah.

Kalau dilihat dari depan Jalan Pesanggrahan cuma sempit, tempat parkir tidak lebar, restonya sendiri letaknya masuk ke dalam, kemudian melebar.  Bisa pilih mau makan di dalam (indoor) atau outdoor.  Tapi sayang yg outdoor tidak ada atap atau canopy atau payung, jadi kalau panas ya ... kepanasan, kalau hujan ya ... basah.  Saya pilih makan di dalam dan lumayan nyaman dan terang.

Seperti halnya Kopitiam lain, menu di sini pasti ada aneka roti bakar dengan pilihan isi butter, sarikaya, peanut butter, dll.  Juga aneka kopi dan teh, termasuk teh tarik.  Resto ini bukanya dari pagi, jadi bisa untuk sarapan, dan semua hidangan halal.

Selain menu sarapan roti itu, ada menu aneka dimsum seperti Eastern yg dulu tapi halal, dan ada pilihan menu nasi -- mulai dari nasi lemak, nasi ayam hainam, nasi goreng, dll.  Ada mie, bihun, kwetiauw, laksa dan lain-lain.  Bisa dibilang lengkap pilihannya.  Untuk minuman ada banyak pilihan juga, yg panas maupun dingin.  Ada berbagai juice, kelapa muda, dan ada es cincau organik.  Boleh dicoba nih es cincau hijaunya.

Saya pesan dimsum Lo Mai Kai, Lumpia Kepiting, dan Hakau sebagai makanan pembuka seperti foto-foto di bawah ini.  Rasanya bolehlah, karena memang asalnya Eastern ini resto dimsum.



Untuk makanan utamanya saya pesan Laksa Singapore yg kuahnya kental dan gurih bersantan, ada suwiran ikan halus, udang yg lumayan gede dan garing, dan tahu.  Mama saya pesan Hainam Chicken Rice.  Keduanya makanan khas Kopitiam ya ...  Porsi keduanya pas untuk dimakan sendiri.  Cukup bikin kenyang juga.

 

Pada kunjungan kedua, saya makan Kwetiau Goreng Seafood dan porsinya besar sekali, bisa makan berdua.  Begitu pula dengan Bihun Goreng, porsi besar juga.  Terlalu kenyang untuk cewe.  Kalo cowo yg kuat makan sih boleh nih ...  Teman saya pesan Bakso kuah, isinya 5 buah bakso sapi, sayur, ketimun, dan potongan kulit pangsit goreng.  Hm ... nyam ...  Soal rasa sih standard Kopitiam deh.  Harga di kisaran Rp 20 ribuan - 30 ribuan.

Selain makanan berat, ada juga pilihan aneka kue-kue seperti kue jongkong, aneka kua talam, kue lapis, pie susu, getuk, dll.  Harganya sekitar Rp 5000-an.

Resto ini bisa jadi pilihan untuk makanan yg ringan dan banyak pilihan, makan santai sambil ngobrol, namanya juga Kopitiam :)

rgds,
Lucy

No comments: