Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Thursday, December 20, 2012

Travel : Pantai Pangandaran

Day 3 : Minggu, 21 Oktober 2012

Photo Credit : Ratih Utami

Rencananya bangun tidur mau lihat sunrise, tapi punya feeling kalau pantai Pangandaran ini flat dan pasti banyak orang secara di sini banyak benar hotel dan orang jualan.  Jadi saya kepikiran mau main air dan berendam kaki aja, main ombak.

Saya pergi sendiri, pakai sendal jepit (emang bawanya cuma sendal jepit doang he he he ...).  Masih pakai kaos dan celana yg dipakai tidur tadi malam.  Celana panjang digulung selutut.  Tidak bawa kamera, tidak bawa HP, tidak bawa dompet ... kan cuma nyebrang hotel aja udah pantainya ....  Inilah yg saya sesali nantinya.

Tiba di pantai, bener aja ... pantainya flat, warnanya hanya abu-abu, mendung, dan pantai surut, dengan ombak-ombak kecil, tapi angin cukup banyak dan dingin.  Suasana ramai luar biasa.  Ada yg berenang, main ombak, atau sekedar jalan-jalan.  Saya main-main ombak sendiri.  Ada sekelompok nelayan sekitar 8 orang yg sedang menarik jaring.  Sepertinya sejak subuh mereka sudah ke laut untuk menebar jaring, setelah itu mereka naik perahu lagi kembali ke pantai dan menarik jaring itu.  Saya melihat sebentar dan karena bosan, saya memutuskan untuk kembali ke hotel.

Waktu saya mau menyeberang eh .... saya melihat Ratih lagi mau menyeberang ke pantai.  Wah ... asik nih dapat temen main ombak ... kenapa gak kepikiran ngajak Ratih ya ... sebab yg lain masih pada sleeping beauty.  Dan kabar gembiranya ... Ratih bawa kamera.  Hore .... senangnya ...

Saya dan Ratih main ombak ... memang berdua lebih baik daripada seorang diri ... yg jelas enggak cengok he he he ...  Enak nih rendam kaki di ombak yg sejuk ...

Ini foto-foto di Pantai Pangandaran.  Semua foto di Pantai Pangandaran ini pakai kamera Ratih dan difoto oleh Ratih.  Keren-keren lho fotonya ... siapa dulu dong fotografernya ...

Inilah sekelompok nelayan yg menarik jaring.  Bukan pekerjaan yg mudah, karena menarik jaring ini saja satu jam lebih lho ... kita sengaja menunggu sampai jaring berhasil ditarik ke pantai semua.  Ingin lihat perolehan para nelayan ini.

Photo Credit : Ratih Utami

Akhirnya jaring berhasil tiba di pantai dengan selamat.  Coba kita lihat apa saja isinya.  Bukan hanya saya dan Ratih yg penasaran.  Orang-orang di sekitar pantai langsung menghampiri kelompok nelayan ini dan jalanya.

Seorang nelayan mengeluarkan isi jaring/jala mereka.  Ternyata isinya di luar harapan.  Hanya sedikit dan isinya hanya ikan-ikan kecil yg cocok dibuat ikan asin, sedikit cumi-cumi, dan selebihnya sampah dan ubur-ubur.  Ya ... kalau menurut para ibu-ibu yg paham harga ikan dan cumi, paling laku senilai kurang dari seratus ribu Rupiah.  Wah kasihan betul para nelayan ini, biaya melaut misalnya solar untuk mesin tempel, dan kerja keras mereka tidak setimpal dengan hasilnya.  Apalagi mereka ada 8 orang sehingga hasilnya mesti dibagi berdelapan kan ... Pantesan para nelayan ini hidupnya di bawah garis kemiskinan.  Mudah-mudahan hanya hari ini mereka dapat hasil sedikit karena faktor cuaca, ombak, dan angin kencang. Esok lebih beruntung.

Ini foto perolehan mereka pagi ini ... ikan-ikan kecil yg biasa dikeringkan jadi ikan asin dan cumi-cumi kecil yg juga biasa dibuat cumi asin.

Photo Credit : Ratih Utami

Ini ubur-ubur.  Sepertinya kalau ditimbang, ubur-ubur ini lebih banyak ketimbang ikan dan cumi. Ubur-ubur ini dibuang, dibiarkan dan ditinggalkan begitu saja di pantai.

Ini foto saya dan pengunjung pantai lainnya, yg ngerubutin nelayan yg sedang memilah-milah ikan.

Para nelayan yg kecewa, berbenah untuk pulang ...

Photo Credit : Ratih Utami

Pantai Pangandaran yang ramai pengunjung ...

Ini foto Ratih di atas kapal Kharisma dari Ratih.  Bisa pas gitu sihhh nama kapalnya ...

Setelah puas foto-foto di pantai, kita kembali ke hotel.  Eh ... di depan hotel ada yg jualan bubur ayam.  Enak juga nih pagi-pagi sarapan bubur ayam.  Ratih bawa dompet, jadi saya ditraktir makan bubur ayam. Tengkiu ya Ratih ....

Saat makan bubur, hujan gerimis padahal pagi ini cerah, matahari bersinar ... untungnya cuma sebentar.  Masih sempat foto-foto sama tukang bubur.  Narsis sejati he he he ...

Photo Credit : Ratih Utami

Selesai makan bubur, perut kenyang, kita masuk ke halaman hotel dan cuci kaki di keran yg disediakan di halaman hotel.  Saat kita cuci kaki, kita dihampiri oleh ibu-ibu pedagang ikan asin yg naik sepeda.  Jadi kita belanja ikan asin untuk oleh-oleh.  Ada jambal roti, ikan asin bulu, pisang-pisang, dll.  Di depan kamar hotel, ternyata sudah berjajar ibu-ibu yg jual ikan asin dengan bakul.

Waktu kembali ke kamar, Dina dan Tante Ambar sudah selesai mandi, jadi giliran saya untuk mandi dan packing untuk pulang.  Setelah itu kita semua sarapan bersama dan siap-siap check out.

Ini Hotel Uni Beach dan swimming pool

Photo Credit : Ratih Utami

Sebelum berangkat, foto-foto dulu di depan hotel Uni Beach dengan membawa spanduk Cemara Adventure.

Photo Credit : Dina Middin

Pak Ali, guide kita mendapat kabar bahwa jalan menuju Green Canyon sudah surut dan bisa dilalui.  Sedangkan Green Canyon sendiri juga sudah bisa dikunjungi hanya saja arus sungai masih deras dan tidak bisa sampai ke air terjun seperti biasanya.  OK lah ... kita ke sana dan explore sebisanya.

Tapi di perjalanan ada kejadian nih ... bagasi di bagian belakang rupanya tidak tertutup rapat, mungkin karena terlalu banyak isinya he he he ...  Bagasi itu terbuka saat mobil melaju kencang, akibatnya tas-tas dan oleh-oleh kita pada berjatuhan di jalan raya.  Untung jalan raya sepi dan jarang mobil lewat, jadi mobil kita berhenti dan kita berlarian memunguti barang-barang kita yg berantakan di jalan.  Ada-ada aja nih ... :)  Untung barang-barang berhasil dikumpulkan semua, tak ada yg rusak dan hilang.

Jane Jessica sempat memotret kita dengan tas dan barang-barang yg berjatuhan di jalan ...

Photo Credit : Jane Jessica

Perjalanan dilanjutkan ke Green Canyon.