Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Wednesday, March 14, 2012

Fauna : Kupu-kupu - 4 Feb 2012

Paling enak memotret kupu-kupu sekitar jam 9 pagi.  Ada beberapa kupu-kupu di depan rumah saya. Saya nyelip diantara bunga-bunga kuning ini.  Kupu-kupunya terbang-terbang di sekitar pinggang saya. Kadang di sebelah kanan, kadang di sebelah kiri.  Setelah dia terbiasa dengan kehadiran saya, tinggal saya arahkan kamera pocket ke kanan atau ke kiri.  Jinak juga nih kupu-kupu. Mungkin karena saya pakai parfum dengan aroma bunga, jadi saya dikiranya bunga juga he he he ...


Kupu-kupu ini unik corak sayapnya.  Saat tertutup, motifnya sih menarik dengan 2 bulatan seperti mata, sungguh sayang warnanya coklat kusam, kurang kinclong.  Tapi saat sayapnya mulai terbuka, sedikit demi sedikit, maka ....


Voila ... ternyata corak dan warna kupu-kupu ini cantik lho ....



Keasyikan saya memotret kupu-kupu ini terganggu dengan datangnya truck sampah yg berisik dan bau pula.  Tuh lihat di background foto kupu-kupu di bawah ini.  Kupu-kupunya terbang, dan saya kabur pula ...



Saya pernah baca satu artikel fotografi makro tentang cara memotret kupu-kupu.  Cara itu menurut saya kurang berperikebinatangan.  Mula-mula kupu-kupunya ditangkap lalu dimasukkan ke dalam toples. Dimasukkan ke dalam kulkas selama beberapa menit sampai dia lemas tapi  tidak sampai mati.  Lalu kupu-kupu itu dikeluarkan dan dihangatkan dengan hair dryer sebentar sampai sayapnya terbuka tapi dia masih lemas sehingga tidak sanggup terbang.  Nah setelah itu ditaruh di daun atau kain beludru hitam dan siap diatur-atur gayanya untuk difoto-foto, niscaya kupu-kupunya jinak sekali karena dia masih setengah pingsan alias hun-hun karena kedinginan.

Cara itu kurang cocok buat saya.  Menurut saya, kalau kita mau memotret kupu-kupu sebaiknya di habitatnya tanpa menyakiti, mengusik, atau mengganggu dia.  Kita yg butuh dan kita yg ingin motret dia, mengapa dia yg harus menderita.  Justru kita yg harus sabar dan pintar menyesuaikan dengan lingkungannya, bukan?  Misalnya, pakai parfum dengan wangi bunga  seperti saya .... atau pakai baju dengan motif bunga-bunga he he he ...

rgds,
Lucy

No comments: