Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, September 06, 2010

Indian Cuisine : Queen's Tandoor

Queen's Tandoor
Permata Plaza
Jl. M.H. Thamrin kav 57, Jakarta 10350
Tel : 021-390 3287

Entah tertiup angin apa, kemarin kita terbawa ke Rumah Makan India Queen's Tandoor.
Enggak juga sih ... sebenarnya direkomendasi teman, katanya makanan India itu enak. Tambahan pula membaca rekomendasi "Makan Sutra"-nya Bp Bondan Winarno, yang katanya mak nyusssss ....

Tandoor artinya tungku.  Berarti semua masakan dimasak dengan tungku dan arang, bukan pakai kompor gas. Kalau aku pergi sendiri, pasti bingung mau pilih menu apa.  Untung aku membawa teman yang biasa makan di sini karena sering entertain expatriates India (mayoritas Bankers di Asia Tenggara dikuasai oleh orang India).

Inilah menu pilihan kita. (click the image to enlarge)

Chicken Tikka (Rp 59 rb) : ayam panggang, rasanya mirip ayam panggang di rumah makan Padang. Cara panggangnya ditusuk di tusuk sate.


Rogan Josh (Rp 73 rb) : Daging domba yg dimasak dengan bumbu gulai kental dan pedas dan gurih berbumbu. Cocok dimakan dengan Cheese Nan (lupa difoto).  Cheese Nan adalah roti / kue dadar dengan keju.


Fish Tikka Masala  (Rp 70 rb) :  Ikan dimasak dengan bumbu gulai dan bawang bombay, rasanya seperti gulai ikan balado.  Karena banyak bumbu, sama sekali tidak amis.


Paneer Palak (Rp 58 rb) : Sayur Bayam dibuat puree dan dimasak dengan cottage cheese. Ternyata enak banget. Cheese-nya lembut.


Bhindi Masala (Rp 47 rb) : Sayur Ladies Fingers atau Okra ditumis dengan bumbu pedas.  Enak juga.


Semua ini lauknya. Dimakan dengan Roti Nan atau dengan Nasi.  Nasi yg kita pesan adalah Kashmiri Pulao.

Kashmiri Pulao (Rp 55 rb) : Nasi kuning yg dimasak dengan buah-buahan kering misalnya kismis, cherry, kacang mede, dll.  Kalau pernah makan di Fish and co.,  nah nasi seperti itu deh ... sama.


Kerupuknya adalah Papadam Masala.

Papadam Masala (Rp 34 rb) : Kerupuk gendar yang diberi topping bawang bombay, daun bawang, dll.  Toppingnya rasanya manis. Kriuk ... kriuk ... Bentuknya bundar tipis dan lebar. 1 Porsi terdiri dari 2 lembar besar.


Minumnya : Manggo Lassi (Rp 36 rb) yang seperti youghurt encer dengan rasa mango.


Kesimpulannya : kalau suka masakan Melayu dan Padang, cocok deh .... pasti suka.  Peringatan keras untuk yang punya penyakit kolesterol, trigliserid, darah tinggi, makannya jangan heboh ... icip-icip aja, makan dengan porsi kecil-kecil.

Karena kita makan berlima macamnya bisa banyak.  Tapi kalau makan berdua atau bertiga, aku mungkin akan pesan Rogan Josh, Palak Paneer, Roti Nan dan Kashmiri Pulao.

rgds,
Lucy

No comments: