Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Tuesday, June 02, 2015

Java Trip : Tahu Gimbal Pak Edi Semarang

Kuliner Semarang :
Tahu Gimbal Pak Edi
17 Februari 2015

edi tahugimbal5-9821rw

Selain Lumpia, Semarang juga punya Tahu Gimbal.  Kali ini saya ke lesehan Pak Edi yg jual Tahu Gimbal khas Semarang di Jalan Pahlawan.  Setelah memilih tempat yg paling pinggir, ngedeprok, kita order Tahu Gimbal dan minuman Es Campur dan Es Duren.  Cuaca mendung berubah menjadi hujan, cukup deras sampai harus geser-geser supaya tidak tampias, tapi tetap semangat untuk makan tahu gimbal, soalnya lapar bok !

edi tahugimbal1-9802crw

edi escampur1-9806crw

Yang muncul duluan adalah Es Campur dan Es Duren.  Kalau Es Campur sudah jelaslah isinya segala macam buah seperti kelapa, alpukat, melon, nanas, dll, cincau, jelly/agar/rumput laut, tape, kolang-kaling, dengan es serut dan sirop merah.  Ada Es Teler juga. Nah Es Duren pesanan saya itu muncul dengan sirop merah juga.  Menurut selera saya sirop merah ini enggak cocok sama duren, cocoknya cuma sama es serut dan susu kental manis putih.  Hujan-hujan, dingin, makan es pula ... cocoklah tambah dingin.

edi escampur3-9817rw

Pengunjung cukup banyak sehingga kita harus menunggu kehadiran Tahu Gimbal.  Tahu Gimbal itu apa sih ?  Isinya potongan ketupat/lontong, tahu goreng, gimbal/bakwan udang, sayur kol, telur goreng mata sapi, disiram saus kacang tanah, bumbu-bumbu, dan petis udang, plus kerupuk udang.  Rasanya manis, asin, gurih dan wanginya khas karena petis.  Kalau suka pedas, bisa order yg sedang, pedas, dan ekstra pedas he he he ... tergantung dari jumlah cabenya.  Bumbunya rada encer, tidak seperti bumbu gado-gado.  Enak, saya cocok sama tahu gimbal.

edi tahugimbal2-9811crw
Gimbal alias bakwan udang goreng garingYg dijepit itu telur goreng mata sapi.

edi tahugimbal3-9814crw

edi tahugimbal4-9820crw

So, istimewanya Tahu Gimbal ini ada pada gimbal dan bumbunya itu.  Harganya seporsi Rp 12.000,- seperti tertulis di tenda.  Murah meriah kenyang ...
Recommended !

to be continued

more photos in Java Trip Album

rgds,
Lucy

No comments: