Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, May 10, 2015

Travel : Java Trip - Pasar Batik Pekalongan

Pasar Batik Pekalongan
16 Februari 2015

pasar batik pekalongan7rw

Bulan Februari yg lalu saya jalan-jalan seminggu ke Jawa, makanya saya kasih judul Java Trip.  Saya pergi dengan mama, tante dan sepupu.  Naik mobil.  Dari Jakarta tgl 16 Februari pagi, bawa bekal dan camilan komplit.  Lewat jalur utara.  Makan siang di mobil untuk mengejar waktu, karena harus sampai di Semarang dan bermalam.

Tujuan utama adalah ke Semarang untuk mengambil barang-barang sepupu saya yg kerja di kapal pesiar.  Kapal pesiarnya merapat di Pelabuhan Tanjung Perak Semarang, jadi kita akan ke situ.  Tujuan selanjutnya, selain jalan-jalan, adalah berburu batik dan wisata kuliner.  Kali ini saya tidak posting kegiatan sehari penuh seperti biasanya, tapi hal-hal yg menarik selama Java Trip ini, per topik.  Semoga menarik untuk dibaca dan berguna.

Tiba di Pasar Batik Pekalongan sudah siang menjelang sore, jadi waktu yg ada hanya singkat.  Begitu suka langsung bungkus deh.  Lokasinya cukup nyaman, tempat parkir luas.  Karena bukan saat liburan dan bukan akhir pekan, suasana pasar sepi.  Bagi saya malah enak karena lebih santai dan enggak pusing kalau kebanyakan orang.

pasar batik pekalongan3crw-160227

pasar batik pekalongan1crw-160131

Batik yg ada, mulai dari yg motif klasik sampai yg modern. Kain, selendang, sarimbitan, baju, rok, kemeja, dress, daster, segala macam ada.  Warna gelap hingga warna cerah, yg katun sampai sutera, yg murah sampai yg mahal.  Boleh pilih sesuai selera dan anggaran. Ada yg bisa ditawar dan ada yg harga pas.  Tanya dulu, dan jika bisa ditawar, silahkan keluarkan jurus menawar yg paling andal.  Jika beruntung, bisa dapat batik yg bagus dengan harga yg jauh lebih murah daripada di Toko Batik di Jakarta.  Misalnya kain batik sutera + selendang sutera (set), harganya Rp 800.000,- sedangkan kalau di Jakarta, harganya bisa jutaan Rupiah.  Untuk toko yg jual grosir, tentu makin banyak jumlah yg dibeli, harganya bisa lebih murah, silahkan joinan deh belanjanya.

pasar batik pekalongan6crw-163200
Batik Art, MADoong - motif dan desainnya unik dan modis

pasar batik pekalongan5rw-160407
Selendang Sutera, berbagai ukuran - kecil, sedang, lebar

pasar batik pekalongan4crw-160301
Kain dan seledang (set) sutera

Saya beli bahan batik katun dan selendang untuk sendiri dan oleh-oleh. Buset deh, baru mulai perjalanan sudah beli oleh-oleh ....

Belanja ngebut tapi lumayan juga hasil berburu batik hari ini.

Bagi penggemar batik, jangan lewatkan Batik Pekalongan.

More photos  Album Java Trip

to be continued

rgds,
Lucy

3 comments:

veny said...

Lus , Pasar batik Pekalongan ini alamat nya dimana ?

v1olet said...

Pasar Batik Sentono Pekalongan sekitar 3 km di sebelah timur. Tepatnya berada di Jl Raya Baros yang merupakan Jalan Raya Cirebon-Semarang (Jalur Pantura).

Di pinggir jalan, langsung kelihatan ada tulisan gede.

veny said...

OK , Thanks Lus inponya , rasanya g pernah lwt in deh , tp lom mampir