Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, May 16, 2015

Java Trip : Nasi Ayam Khas Semarang Bu Pini

Kuliner Semarang
Nasi Ayam Khas Semarang Bu Pini
16 Februari 2015

nasi ayam bu pini2-194509crw

Setelah check in di Hotel Dafam Semarang dan mandi, kita makan malam.  Menu makan malam kita adalah Nasi Ayam Khas Semarang Bu Pini.  Letaknya di Jalan Pinggir No. 34 di seberang Paragon Mal.  Kalau dari Hotel Dafam sebetulnya cuma sepengkolan aja, alias saling tolak belakang.  Bukan restoran, tapi kaki lima, tapi soal rasa hmmm otentik jawa banget.

Nasi Ayam itu adalah nasi yg dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih manis, disiram kuah, dan diberi lauk pauk berupa telur, suwiran ayam opor, tumis labu siam, kerecek, dan semur tahu, disajikan di piring plastik yg diberi alas daun pisang.  Jika suka boleh ditambah areh yaitu santan kental, yg ditaruh di baskom, silahkan ambil sendiri.  Rasa nasi ayam ini adalah manis gurih, makanya saya bilang "Jawa banget".  Porsinya kecil, sebetulnya kalau cuma 1 porsi sih belum kenyang, apalagi cowok, kalo makan di sini bisa 2-3 porsi, baru nendang.  Harga seporsi sangat terjangkau, tidak sampai sepuluh ribu Rupiah.

nasi ayam bu pini3-194537crw

Lauk tambahan lainnya disediakan di nampan, yaitu sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate hati/ampela ayam, sate jantung ayam dll.

nasi ayam bu pini4-194556crw

Boleh mampir kalau lagi di Semarang.  Sebetulnya Nasi Ayam di Semarang ini mirip sama Nasi Liwet di Solo, cuma nasi ayam ini berkuah banyak, sedangkan nasi liwet lebih kering.  Gurih dan manisnya sih ... ya sebelas duabelas deh.

more photos Java Trip Album

to be continued

rgds,
Lucy

No comments: