Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, February 07, 2015

Travel : Cirebon Trip, 17 Januari 2015 - part 2

Nasi Lengko H. Barno, Pagongan, Cirebon

nasi lengko1-9190rw

Setelah naik ke mobil Ary, kita langsung menuju ke restoran Nasi Lengko H. Barno di Jalan Pagongan untuk sarapan.  Yg tadi minum susu kotak dan roti sepotong, enggak dianggap sebagai sarapan sebab cuma nyempil aja di sudut perut kita.

Nasi Lengko1-094016ecrw

Pagongan itu area pertokoan dan perdagangan.  Tidak sulit menemukan restoran ini sebab dari jauh sudah kelihatan asap yg mengepul akibat bakaran sate.  Restorannya sederhana, meja dan bangku disusun memanjang menjadi tiga baris, khas warung makan.  Dua baris menghadap tembok, dan 1 baris yg di tengah. Di atas meja langsung disediakan Kecap Manis dan Kerupuk Putih berbungkus-bungkus. Dinding tembok penuh dengan poster iklan.  Makin laku warung/restorannya, makin banyak yg pasang iklan di tembok.  Pinter nih resto Cirebon, jadi ada other income selain dagangan.

nasi lengko resto1-9186crw

nasi lengko resto3-9188rw

nasi lengko jeny n kecap1-9185rw
Jeny dan Kecap Manis Sedang Cap Matahari bikinan Belakang Rumah, Cirebon

Nasi Lengko itu apa?  Nasi dengan topping tahu goreng yg dipotong kotak-kotak, tempe goreng yg dipotong kotak-kotak, tauge, kucai, ketimun yg dipotong kotak-kotak, bawang goreng, dan siram bumbu kacang.  Tidak ada daging-dagingan.  Kalau begini saja, rasanya rada tawar gimana gitu.  Makanya harus ditambahkan kecap manis yg banyak sampai basah kecoklatan semua, kemudian diaduk-aduk sampai rata.  Kecapnya special bikinan Cirebon, khas banget, namanya Kecap Cap Matahari.  Nah sampai di sini rasanya cuma manis doang.  Supaya ada asin-asinnya, harus makan dengan kerupuk.  Satu orang bisa makan 1 bungkus kerupuk yg isinya 10 biji.  Kerupuknya emang enak, asin-asin gurih.  Kalau suka yg pedas boleh kasih cabe.

nasi lengko2-9194rw

nasi lengko4-9202rw

nasi lengko3-9200rw

nasi lengko5-9211rw

Nasi Lengko ini konon adalah makanan rakyat, tepatnya sarapan pagi para pekerja dan buruh.  Makanya porsinya banyak banget, sepiring munjung ...  Saking ngetopnya, bisa jadi makanan turis yg berkunjung ke Cirebon, termasuk kuliner signature-nya Cirebon nih.   Bagi turis yg baru mau coba-coba, mending pesan 1 porsi rame-rame dulu, sebab enggak semua orang cocok dengan rasanya.  Kata teman saya, rasa Nasi Lengko ini seperti ketoprak tapi lontongnya diganti nasi ha ha ha ...

Karena Nasi Lengko tanpa daging-dagingan, maka temannya adalah Sate.  Ada sate kambing dan sate ayam.  Nah... kalau Sate semua sukaaaaaa kan ....  Minumnya yg enak adalah Es Jeruk Peras yg asem manis suegeeerrrrr.

nasi lengko sate kambing1-9204crw

Karena kaya serat, maka kenyangnya poll .... pantesan cocok untuk sarapan para pekerja.

Pas keluar dari restoran, eh ... ada yg jual Es Duren alias Es Durian.  Boleh juga nih ...

Es Durian, Es Duren Duren ...

Es Durian2-102534rw

Makan Es Duren di hari yg cerah, oh nikmatnya.
Es Duren itu adalah Es Puter dengan rasa durian, pakai durian segar, susu kental manis dan uniknya di sini pakai sirop campolay khas Cirebon.

20150117_102437 Es Durian3crw

Tapi kalau saya lebih cocok yg tanpa sirop, jadi saya order es duren tanpa sirop tapi pakai susu kental manis putih saja.  Slurrrpppp ... uenak je ...

Es Durian1-102524ebrw

Nah, di dekat Nasi Lengko H. Barno ada gang kecil, dan di situ ada Mbak Lena yg jualan Kue Tapel khas Cirebon.

Kue Tapel Melyuner Mba Lena

kue tapel mbak lena1-9223rw

Kue Tapel itu adalah seperti crepes (jiah ... keren euy), tapi isinya gula jawa, kelapa parut dan potongan pisang.  Singkatnya seperti De Crepes ala Cirebon gitu dah ... Uniknya adalah dimasaknya di kuali yg ditaruh di atas tungku drum, apinya pakai kayu bakar, jadi bukan di kompor, makanya harumnya juga khas agak gosong-gosong gitu.  Sebaiknya dimakan selagi panas supaya crispy, kalau sudah dingin crepes juga jadi alot kan ...  Karena agak lengket-lengket isinya, satu per satu dipisahkan dengan kertas bungkus.

kue tapel2-9216crw

Waktu kita ke situ, Mba Lena mestinya yg jualan, lagi pergi.  Jadi dagangannya dititipkan ke Ibu yg jualan Nasi Lengko di warung sebelahnya.  Kita ambil sendiri, bungkus sendiri, foto-foto, dan titip uangnya ke Ibu yg jual Nasi Lengko.  Self Service gitu.

Karena ga ada Mba Lena, jadinya Kue Tapel Mba Jeny dah ...

Kue Tapel Jeny1-102917rw

Setelah perut kenyang, kita melanjutkan perjalanan untuk wisata sejarah ke Keraton Kasepuhan Cirebon.  Saya pernah baca artikel tips jalan-jalan.  Katanya kalau jalan-jalan ke suatu tempat itu, selain kuliner dan tempat wisata, juga perlu mengunjungi sekolah atau Universitas, untuk mengetahui tingkat pendidikan/intelektualitas penduduk setempat.  Perlu juga mengunjungi museum dan tempat bersejarah lainnya untuk mengetahui sejarah dan kebudayaan setempat.  Yg juga penting adalah berkunjung ke pasar tradisional (bukan mal loh ya ...), untuk mengetahui keadaan ekonomi, perdagangan dan bisnisnya.  Trip kali ini yg kita kunjungi hampir komplit, cuma enggak berkunjung ke sekolah/universitasnya saja.

to be continued

Next Posting : Cirebon Trip, 17 Januari 2015 - part 3

More photos klik album Cirebon Trip

rgds,
Lucy

No comments: