Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, February 14, 2015

Travel : Cirebon Trip, 17 Januari 2015 - part 4

17 Januari 2015
Sentra Batik Trusmi

Cirebon terkenal dengan Sentra Batik Trusmi.  Dulu kalau mau beli batik, kita di bawa ke perkampungan batik Trusmi, jadi yg jualan itu rumah-rumah atau toko-toko, masing-masing dengan batik andalannya.  Nah sekarang sudah ada satu toko yg besar dimana pengrajin batik dan rumah batik bisa memasarkan di tempat yg besar dan nyaman.  Motif Batik Cirebon adalah Mega Mendung, yaitu motif awan.  Ada macam-macam warna dan variasi motif Mega Mendung.  Jadi ingat Kereta Api Cirebon Express motifnya juga Batik Mega Mendung, alas kepala di tiap kursi juga Batik Mega Mendung.

Di depan Toko Sentra Batik Trusmi ada seorang ibu pengrajin batik yg sedang membatik.  Saya memang penggemar batik alias batik lover, jadi begitu melihat tumpukan batik, langsung gak tahan pengen beli .... so saya tidak foto dan cowo-cowo itu juga tidak foto-foto kita.

Batik yg dijual di sini ada banyak macam dan range harga juga bervariasi. Dari batik printing, cap, kombinasi cap dan tulis, dan batik tulis.  Bahannya juga macam-macam, ada yg katun, polyester, sutera, dll.  Saya beli beberapa batik untuk oleh-oleh dan juga untuk saya sendiri. Dulu saya beli batik tulis Trusmi dengan motif dan warna yg sama dengan Liendha dan Mbak Ririn, kembar tiga.  Nah sekarang saya beli batik samaan dengan Jeny (yg warna kuning di tengah).

Batik Trusmi1-085331rw

Batik yg samaan dengan Liendha dan Mbak Ririn ... (belum dijahit sampai sekarang ...)

Batik Trusmi3-085843rw

Setelah selesai belanja batik, kita makan siang dengan menu Empal Gentong.

Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud ini sangat ngetop. Tiap turis yg datang ke Cirebon, pasti dibawa ke sini.  Tapi menurut Ary, orang Cirebon sendiri sukanya ke Empal Gentong Amarta.  Letak keduanya berdekatan, jadi kita boleh pilih mau yg mana.  Kita memutuskan ke H. Apud.

Ini menu Empal Gentong H. Apud, saya foto nih ... in case bingung mau pilih apa

Empal Gentong Apud1-142858rw

Kalau dilihat di menu, menunya bisa pilih Sate Kambing, Empal Gentong, atau Empal Asam.  Apa beda Empal Gentong dan Empal Asem ?

Empal Gentong itu Daging Sapi atau Jeroan dengan kuah santan kuning berbumbu.  Rasanya gurih dan sedep mantep ... pakai irisan daun kucai dan daun bawang dan taburan bawang goreng.  Bumbunya berasa deh ...

Empal Gentong1-144655rw

Sedangkan Empal Asam adalah Daging Sapi atau jeroannya dengan kuah bening yg rasanya asam.  Untuk yg kolesterol dan asam urat, mungkin lebih cocok yg ini.  Rasanya segar dan light.  Asamnya dari potongan tomat dan belimbing.  Supaya wangi dikasih potongan daun bawang dan bawang goreng.  Dimakan panas-panas, kuah dihirupppp ... sluuuurpppp segerrrrrr ....

Empal Asam2-144038rw

Enakan yg mana ?  Tergantung selera sih ... tapi saya lebih suka Empal Gentong yg rasa bumbunya lebih intense dan lebih gurih ... saya doyan makanan gurih/umami soalnya ha ha ha ...

Nah ... teman makan Empal Gentong dan Empal Asem adalah kerupuk .... again ... tuh kan Orang Cirebon suka banget sama kerupuk.  Kerupuk yg ini dikasih irisan daun bawang, jadi wangi ...

Empal Gentong Kerupuk1-143849rw

Nah ... cabenya bukan cabe biasa, tapi bubuk cabe yg pedasnya manteeepppp ...

Empal Gentong Cabe1-143502rw

Kalau suka Jahe Merah, boleh coba Minuman Jahe Merah.

Setelah makan, kita check in di Hotel Amaris.  Kemudian siap-siap ke Cilimus untuk berendam air panas.

Grage Sangkan, Cilimus

Lokasinya agak ke luar kota Cirebon.  Ibarat kalau orang Jakarta tuh ke Puncak, atau orang Bandung ke Lembang.  Tapi jaraknya tidak terlalu jauh, paling 30-45 menit saja.  Dulu saya menginap di Grage Sangkan sehingga bisa berendam pagi sore.

Di perjalanan kita mampir beli Tahu Susu, sama seperti yg di Bandung kayaknya.  Tahu ini enak dimakan selagi panas.  Kalau sudah dingin jadi agak basah dan lembek.

Saat kita tiba di Grage Sangkan sudah sore dan hari agak mendung.  Setelah kami duduk dan pada mulai berendam, gerimis deh ...

Ada 3 kolam air panas -- yg agak panas, yg tidak terlalu panas dan kolam air hangat untuk anak-anak.  Kolam air panas ini cetek, tidak dalam, jadi hanya buat berendam, tidak untuk berenang.  Selain itu ada juga kolam air dingin / kolam renang biasa dan ada air terjun buatannya.  Silahkan pilih mau yg mana.

Saya hanya duduk-duduk saja, tidak ikutan berendam.  Oya ada pohon mangga di dekat tempat duduk kita, tapi masih mentah.

Grage Sangkan1-9347rw

Grage Sangkan2-9351crw

Kolam ini hanya sampai sore hari saja kayaknya, sebab malam hari tidak ada yg renang tuh.

Setelah dari sini kita makan malam di salah satu restaurant yg tidak jauh dari Grage Sangkan.  Menunya kombinasi Indonesian Food dan Chinese Food.  Setelah makan malam kita pulang ke Hotel Amaris.  Harus tidur cepat sebab besok mau bangun pagi sekali untuk foto-foto sunrise.