Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, July 09, 2012

Food : Thai Food - Chandara

Salah satu Asian Food yg saya suka adalah Thai Food alias masakan Thailand.  Mengapa?  Karena penampilannya sesuai dengan rasanya.  Maksudnya?  Misalnya Tom Yam Goong yg warnanya merah merona, di bayangan lidah saya .... rasanya harus pedas, asam, asin, manis, segar ....  Dan begitu kuah Tom Yam itu saya cium aromanya ... memang segar, begitu dihirup kuahnya, memang rasanya pedas, asam, asin, manis ... enggak nipu!  Rasanya berani! Membangkitkan selera banget. 

Beda halnya dengan Jjigae-jjigae-an Korean Food.  Warna sih boleh merah menyala, tapi begitu dihirup rasanya campa cue ... alias hambar-hambar pedas panas doang ... enggak ada asam segar sama sekali.  Kalau Korean Food di Jakarta, mungkin sudah disesuaikan rasanya dengan lidah orang Indonesia, tapi kalau yg asli di sana, rasanya memang kurang bumbu.

Suatu hari di kantor saya ada acara dan memang agak mendadak sih ... order dari Restaurant Chandara.  Ini resto Thailand Food, fine dining, lokasinya di Plaza Senayan Lt. 4.  Masih satu group sama Jittlada.  Semuanya Thai Food, mulai dari appetizer, soup, main course, sampai ke dessert.



Saya memang tidak foto semua menu, hanya sebagian, sebab kurang leluasa motretin makanan saat acara kantor seperti ini.  Di wadah yg tertutup itu ada Nasi Goreng Tom Yam, Tom Yam Goong, Spring Roll alias Lumpia Goreng, dan ada beberapa macam lauk lagi.

Ini yg sempat saya foto.

Fresh Spring Roll : ini mirip dengan Lumpia Vietnam tapi yg ini tanpa daging-dagingan.  Kulitnya tipis bening dari tepung beras, isinya semua serba sayur mentah seperti selada, ketimun, paprika, wortel, dan ada mie beras, mirip bihun rebus.  Makannya pakai saus yg warna coklat yg rasanya asin manis.


Ayam Bungkus Daun Pandan :  menu ini sudah umum bagi yg suka Thai Food.  Ayamnya diberi bumbu yg rasanya manis, lalu dibungkus daun pandan supaya harum kemudian digoreng.  Rasanya enak, tapi makannya remponk, harus buka-buka bungkusnya dan tangan jadi celemotan minyak dan bumbu yg coklat-coklat.  Memang makanan enak itu perlu usaha. Jia You !


Salad Mangga : nah ... yg ini salad yg suegeeerrrrrr .... rasanya asam, manis, membangkitkan selera, cocok untuk jadi makanan pembuka. Dan yg ini unik, sebab pakai kacang mede yg berlimpah ... tuh, sengaja saya foto dari angle ini, supaya terlihat taburan kacang mede yg royal he he he ...


Salad Sayuran : serba mentahan juga supaya rasanya garing-garing gres gres, lalu pakai remukan kacang tanah.


Sekarang Dessert ....

Singkong Thailand :  ini dessert wajib kalau makan di restaurant Thai Food.  Dessert yg satu ini sudah sedemikian populer ... Enak enggaknya tergantung dari pilihan singkongnya, harus yg halus dan lembut gak boleh yg berserat-serat, supaya hasilnya creamy.  Dimakan dengan saus santan yg manis dan kental.


Ketan Mangga : ketan diaron dengan air pandan suji supaya warnanya jadi hijau dan harum.  Mestinya gak boleh lembek, dan gak boleh keras.  Nah kali ini mungkin buru-buru, jadi ketannya kurang pulen.  Di atasnya dikasih irisan buah mangga segar.  Mangganya harus manis, baru enak rasanya.


Ketan Duren : nah ... yg suka duren, boleh cobain nih ... mirip dengan ketan duren plus kinca kita nih ... cuma ketan Thailand ini dikasih pandan suji, jadi warnanya ijo. Toppingnya duren segar, kira-kira sesendok teh, hm... kurang banyak durennya.  Selebihnya, mirip, beda tipis ajah.  Menurut saya, kincanya kurang medok, sebab pakai duren monthong sih he he he ... mustinya pakai duren medan, biar lebih wangi :)  Memang kinca Indonesiaku, ga ada matinye !


Saya pernah ditraktir makan di Chandara, tapi waktu itu tidak bawa kamera, jadi tidak bisa foto-foto dan jadi kurang afdol mengulasnya.  Kali ini ada kesempatan.  Bedanya, kalau makan di sana, karena fine dining, semua menu dihidangkan dengan menarik dan indah he he he ... dan porsinya kecil-kecil.  Harganya .... hm... bisa ditebak kan?  Namanya aja fine dining gitu loh ...

rgds,
Lucy

2 comments:

Ellyna Tjohnardi said...

Waduuhh, uenak bangett buffet acara kantornya...coba kantor gw juga adain function di Chandara juga =P

v1olet said...

iya, seru juga kalo menunya ada tema, misalnya thai food, atau suki-suki, dll