Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, June 11, 2012

Food : Santouka Hokkaido Ramen

Santouka Hokkaido Ramen
Plaza Indonesia Lt. 5, Jakarta
26 Mei 2012


Akhir-akhir ini lagi ngetrend orang rela ngantri demi semangkok ramen.  Mengapa sampai mengantri?  Kalau saya pikir-pikir, memang kedai ramen itu kelewat kecil.  Di negara asalnya, kalau kita sering nonton Dorama Jepang alias Drama Jepang, kedai ramen itu memang kecil mungil sempit dan isinya hanya beberapa meja dan bangku-bangku kayu, tapi yg makan berjubel terutama di saat jam makan.  Maklum sewa tanah, rumah, dan bangunan di Jepang sono memang mahalnya gak kira-kira, maka kedai ramen pun jadi imut-imut.  Yg mau makan begitu banyak, apalagi kalau ramennya memang enak dan terkenal, jadilah para pelanggan kudu ngantri bahkan saat panas terik dan turun salju rela antri di luar kedai (kebanyakan nonton dorama nihhhh ...)

Nah ... Santouka Ramen juga begitu tuh ...



Hari Sabtu, saya janjian kumpul-kumpul dengan teman-teman Talk-Play-Love dan sengaja pengen ngicipin Santouka Ramen.   Kedai ramen buka jam 11:00. Saya sampai di Santouka jam 10:30, kecepetan memang.  Resto sudah dibuka tapi kita belum disuruh masuk.  Teng jam 11 tepat, kita baru boleh masuk dan duduk.  Tempatnya kecil mungil, meja dan bangkunya cuma sedikit, mungkin cuma bisa menampung kurang dari 50 orang.  Orang-orang mulai berdatangan dan mulailah antrian sampai ke depan Toko Buku Aksara di seberangnya.  Makan ramen model begini memang kudu buru-buru dan enggak bisa kongkow-kongkow sebab begitu mangkok kosong, langsung diberesin dan kayaknya musti tenggang rasa sama yg lagi antri di luar sana ...  Para pengantri bukan hanya orang Indonesia saja tapi banyak juga orang-orang Jepang. 



Bagaimana rasanya Ramen Hokkaido ini?
Perhatian .... Semua Hidangan di sini Non Halal ....

Pada dasarnya ada 3 macam kuah untuk Santouka Ramen ini, yaitu Shio yg rasanya asin, Miso yg rasanya manis, dan Karashi yg rasanya pedas.  Nah, tinggal pilih mau kuah yg rasanya apa?  Lalu ukurannya mau apa -- S (small) M (medium) atau L (large) ?  Kalau cewe-cewe sih yg S cukup, kecuali kalau lapar berat, bisa M atau bahkan L.

Miso Ramen (Rp 63 rb ++)


Kuma makan Miso Ramen ... slurp-slurp ... nyam-nyam ...

Dari sini kelihatan bahwa ramennya beda versi dengan Hakata Ikkhousa dan Marutama.  Sama-sama berkuah kental, tapi toppingnya beda, enggak pakai telor, dan kuahnya agak kuning, bukan putih butek.  Bagi yg tidak puas dengan daging yg cuma 2-3 lembar, boleh order Toroniku Ramen.

Toroniku Shio Ramen (Rp 98 rb ++)
Satu set Toroniku Ramen terdiri dari semangkok ramen dan sepiring toppingnya.  Isinya irisan daging babi dengan sedikit lemak, rebung, rumput laut, daun bawang, dll.  Itu yg warna merah adalah buah plum yg rasanya asem-asem segar, untuk menghilangkan rasa eneg kali ya ... seperti acar.  Puas banget nih dengan topping sekomplit ini.  Saya pesan Toroniku Shio Ramen yg kuahnya asin.  Next time akan cobain yg Miso.  Bagi yg suka pedas, boleh cobain Karashi Ramen.



Toroniku Karashi Miso Ramen (Rp 98 rb ++)
Nah ... yg ini ramennya berkuah pedas nih ... kalo kurang pedas, masih boleh tambah cabe bubuk he he he ...  Toppingnya sepiring juga, isinya sama.



Di meja disediakan pitcher yg berisi es teh tawar.  Gratis ... boleh minum sampai puas.

Sesuai gaya makan ramen di Jepang sono, selesai makan, minta bon, dan ciao.  Chit-chat saat tunggu ramen dihidangkan dan selama makan.  Setelah makan no ngobrol-ngobrol lagi.  Oya masing-masing kita mendapat satu botol Teh 17 Futami (promo kali ya ...).


Karena masih pengen ngobrol ngalor ngidul, kita pindah ke tempat yg lebih nyaman dan bisa berlama-lama.

rgds,
Lucy

2 comments:

Veny said...

ini dia ramen yg lagi naek daun , g sndr lom cobain
btw enak mana sama Ikkousha and Marutama ?
meski kata kamu beda kaldunya . tp kamu prefer yg mana ?

v1olet said...

menurut gw, enakan ikkousha he he he ... kuahnya sedep mantep