Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Friday, June 03, 2011

Vietnam : Hoa Lu - Tam Coc Cave, 16 Mei 2011

Day 5 : 16 Mei 2011

Bangun jam 6, sarapan jam 7, dijemput jam 8.
Kali ini saya pilih menu sarapan gaya Vietnam, yaitu menu no. 3.  Beef. Dan memang ternyata enak banget .... pagi-pagi yg hujan rintik-rintik, makan mie dengan kuah kaldu yg panas .... sungguh superlicious.

Petugas Charming Hotel sungguh helpful.  Menurut perhitungan dia, tour ke Hoa Lu & Tam Coc Cave itu selesai sekitar jam 6 lewat.  Jadi sebaiknya sudah booking Taxi karena flight kita ke Ho Chi Minh itu jam 8 malam.  Kita titip tas di reception, jadi begitu kita tiba di hotel, langsung ambil tas dan naik taxi ke airport.

Hujan rintik-rintik ...
Kita naik bus dan menjemput peserta tour yg lain.
Ternyata menurut tour guide yg namanya si Toan, kita kemungkinan tiba di Hanoi jam 6.30.  Waduh mepet sekali.  Jadi kalau kita takut gak keburu, mendingan kita batal ikut tour ini dan uang dikembalikan.  Kalau mau nekad ikut tour ini, kita musti kembali ke Charming Hotel untuk ambil koper kita dan nanti sore kita turun di pinggir kota Hanoi, langsung naik taxi ke airport.  Jadi diputuskan nekad ikut tour.

Perjalanan dengan bus ke Hoa Lu sekitar 4 jam.  Kira-kira setengah perjalanan, kita berhenti di rest area dan di situ ada Kedai Kopi Trung Nguyen yg katanya kopinya enak banget.  Saya ingin mencoba tapi tampaknya kopi ini termasuk yg keras, jadi saya takut gak bisa tidur.  Foto-foto saja deh.

Selain itu, di sini juga jual aneka souvenirs dan silk.
Perjalanan dilanjutkan ke Hoa Lu.  Karena cuaca mendung, jadi kita ngantuk berat.  Pada tidur sepanjang jalan.

Hoa Lu

Menurut wikipedia, Hoa Lu (Vietnamese: Hoa Lư) is a district (huyện) of Ninh Binh Province in the Red River Delta region of Vietnam. Before 1010, Hoa Lu served as the capital of Dai Co Viet. Hoa Lu Ancient Capital is located in Truong Yen Commune of this district.

Bekas ibukota di jaman dulu, tapi sekarang jadi kota kecil.

Biasanya toilet di Vietnam tuh bersih, tapi khusus trip di sini, aduh deh ... toiletnya ...

apalagi yg ini ....

Dari Hoa Lu kita makan siang di Tam Coc.  Kira-kira 30 menit naik bus.

Tam Coc Cave

Tam Coc dikenal sebagai obyek pariwisata yg unik.  Ada yg bilang seperti Ha Long Bay di daratan.  Begini tulisan di website Hoa Lu - Tam Coc Cave Tour yg membuat saya tertarik :

Apart from its historical interest, this area is also an astounding natural beauty with immense limestone outcrops whose splendor is often said to surpass of Ha Long Bay. This area is often referred to as the Ha Long Bay on land. The tour includes being rowed a Long Boi river, which makes for a truly unforgettable experience, passing in between towering limestone peaks.

Kita makan siang di sebuah restaurant di depan dermaga tempat kita akan naik sampan.  Makanan sudah termasuk dalam biaya tour, tapi minumannya kita musti bayar sendiri. Saya pesan lime juice (VND 20.000). Makanannya seperti makanan di rumah kita.  Nasi putih + lumpia goreng + tumis kangkung + tahu balado + udang goreng + sayur bening daun katuk.  Seperti masakan Indonesia-ku deh.  Turis bule, khususnya yg laki-laki, pada terheran-heran saat melihat sayur bening daun katuk, apalagi waktu saya jelaskan bahwa sayur ini bagus untuk ibu yg menyusui ha ha ha ....

Untungnya cuaca cerah jadi bisa naik sampan.  Mendingan panas dan gerah begini deh daripada mendung dan hujan.

Kita menyeberang jalan dan menuju dermaga tempat kita naik sampan.  Satu sampan bisa untuk 2-3 orang plus 1 - 2 orang pendayung.  Saya berdua Jane, dan pendayung kita seorang ibu-ibu sekitar umur 30 tahun-an.  Kuat juga loh Ibu ini.  Sampan yg lain, pendayungnya laki-laki, kalaupun perempuan biasanya 2 orang.  Mereka mengayuh bukan dengan tangan saja, kalau tangannya pegal, kakinya yg mengayuh ... hebat euy !!!!

Ini pengalaman yg menarik, karena kita bersampan di sungai yg kanan dan kirinya bukit-bukit batu yg besar dan kadang ada sawahnya juga.  Dan sungai ini panjang sekali, bolak-balik bisa 2 jam.  Jika angin bertiup kencang melawan arus sungai, sampan kita bisa melintir lho ... dan berat sekali mendayungnya.  Kita bisa ikut mendayung karena ada 1 dayung cadangan.

Di antara bukit-bukit batu ini, kita tampak kecil sekali ...

Sepanjang sungai ini banyak gua-gua batu.  Seingat saya ada 5 atau 6 gua yg kita masuki, dan kita bisa memegang dinding gua dan langit-langit gua karena lubang guanya pendek.  Seperti memegang kapur basah, lembab tapi padat dan tidak hancur.

Ada satu tempat perhentian supaya pendayung bisa istirahat.  Di sana ada yg jualan makanan dan minuman.  Kita beliin minuman untuk pendayung. Dan dia bisa minum dulu sebentar.  Para pendayung juga jualan lho ... ada peti di dalam sampan kita yg isinya souvenir kain-kain sulaman.

Padi ...

Sungai di sini airnya coklat keruh, tapi ada juga yg airnya bening hingga tanaman ganggang pun bisa terlihat.

Setelah naik sampan, sebagian dari kita naik sepeda mengelilingi area sini.  Yg tidak bersepeda, menunggu di restaurant.  Waktu bersepeda sekitar 30 menit.

Selesai main sepeda sudah sekitar jam 3 lewat.  Waduh ... kita bisa terlambat nih ... Sepanjang perjalanan saya tidur, ngantuk dan capek, sebab ikutan mendayung dan kepanasan.  Pak supir yg adalah orang Korea tapi sudah lama tinggal dan menetap di Vietnam, ngebut ... supaya bisa tiba di pinggiran kota Hanoi sekitar jam 18:30.  Ada turis dari Australia yg sudah usia pensiunan sangat memperhatikan kita berdua, ikutan khawatir kita ketinggalan pesawat.  Jadi dia minta tour guide kita menulis domestic airport dalam bahasa Vietnam dan kata "cepat ... cepat ..." dalam bahasa Vietnam supaya bisa ditunjukkan ke supir Taxi.  Soalnya supir Taxi tidak bisa bahasa Inggris kan.

Penerbangan kita ke Ho Chi Min :
JetStar BL807 - Hanoi - HCMC - 20.05 - 22.10

Nah ... ini pengalaman tak terlupakan. Kita diturunkan di pinggir kota Hanoi dan naik Taxi Maylinh. Tapi bukan yg Kijang Innova atau yg sedan normal, tapi sedang yg city car seperti mobil Karimun Estillo.  Waduh, pak supir nyetirnya alon-alon sekali .... kita sudah bilang "Hurry up please ..., we're late", berkali-kali ... tapi dia nyetirnya di kecepatan 40 km/jam, walaupun di depan tak ada mobil.  Mana AC tidak menyala, kaca mobil di depan dan belakang dibuka ... waduh anginnya ... Akhirnya kita teriak ... "Go ... go ... go ..." dan dia ikutan mengulang kata "Go ... go ... go ...".  Busettttt dah ...

Setelah sekian lama, akhirnya kita sampai di airport domestic.  Saya sudah curiga nih ... airport ini ada 2 jalur .. yg di bawah dan di atas.  Kita naik di atas.  Kita sudah lari-lari mau check-in di JetStar, kok tidak ada loketnya ....  yg ada hanya Vietnam Airlines.  Setelah nanya ke bagian Tourist Information, ternyata ada di lantai bawah ... jadi kita lari-lari lagi cari lift untuk turun. Untung pesawat delay 15 menit, jadi masih keburu check-in.  Malah masih keburu beli hotdog untuk makan malam kita.  Wah ... cape lahir bathin nih ...

Untung jalan-jalan ke Tam Coc Cave meyenangkan dan menarik, jadi rela deh lari-lari begini sambil nyeret-nyeret koper mengejar pesawat.

Tiba di Ho Chi Min sudah malam.  Ambil bagasi, dan naik taxi Vinasun ke Mai Hotel.  Check in dan kita ke convenient store lagi untuk belanja air minum.  Begitu kembali ke Hotel ingin ke kamar, eh liftnya rusak.  Padahal kita di lantai 5.  Walahhhh ... naik tangga deh.  Pegal bok!

Tidur after midnight, tapi besok boleh bangun agak siang karena acara bebas jalan-jalan sekitar Ho Chi Minh saja ....

to be continued

rgds,
Lucy

Veny said...

seru banget Vi , itu turis baek banget yah ikut perhatian lo mau buru2 ke airport .
untung yah lo uda bawa tuh koper yah jadi bs lgs naek taxi ke airport . gw jadi ikut tegang tkt ketinggalan pswt ha222

v1olet said...

Iya, temen gw si Jane tuh yg banyak ngobrol sama dia, modelnya bapak-bapak gitu deh ... travelling sendirian loh dia.

gw juga tegang banget, jadi berasa salah ngatur jadwal, kelewat mepet :)

frank danny said...

Halo Lucy perkenalkan nama saya frank (frankdanny@gmail.com)
saya melihat tempat ini melalui acara running man ep 136 yang mana mereka race di daerah ini. saya sangat terpukau dengan pemandangannya. saya search di google dan menemukan blog anda.
Saya ingin sekali mengunjungi tempat ini, apakah boleh sharing bagaimana saya bisa berkunjung ke hao lu vietnam ini. Terima kasih.

v1olet said...

Hi Frank
Running Man lover ya ... :)

Kalau mau ke Hoa Lu dan Tam Coc Cave, kamu ke Hanoi dulu. Jet Star Airlines ada flight ke Hanoi. Sampai di Hanoi, kamu bisa ke front desk yg ada di hotel tempat kamu menginap dan ikut one day tour ke Hoa Lu & Tam Coc cave. Tour dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Pemandangannya memang bagus. Bisa keliling2 naik sepeda.

Flight bisa naik Jet Star (sering promo tiket murah tiap hari Jumat)
Booking Hotel bisa di Agoda.com .
Untuk program tour, kalau tidak mau dadakan seperti saran saya di atas, sebetulnya bisa booking via online supaya sampai di sana tidak buang waktu. Saya dulu booking online di http://www.viettours365.com/