Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Thursday, June 02, 2011

Vietnam : Ha Long Bay - Hanoi, 15 Mei 2011

Day 4 : 15 Mei 2011

More Cruise ....

Saya setel alarm di jam 5 pagi karena mau motret sunrise.  Sudah terbayang matahari terbit di Ha Long Bay mestinya indah ....  Alarm berbunyi, saya langsung ke luar cabin, ternyata hari hujan, sendu kelabu, tak kelihatan ada matahari sama sekali.  Selama tidur tidak terdengar bunyi hujan karena kalah dengan suara genset.  Wah, kecewa deh ... lanjutin tidur ronde kedua sampai jam 6.  Ternyata hujan masih belum berhenti.  Saya mandi.  Setelah mandi pun masih hujan.  Gak bisa motret apa-apa.  Hanya memandangi hujan yg jatuh ke air.  Sesekali ada rombongan ikan kecil-kecil yg lewat.  Bisa dilihat oleh mata, tapi kalau dipotret tidak kelihatan.

Lama-lama hujan tinggal rintik-rintik, tapi hari masih mendung ....

Sarapan di cafetaria.  Sangat standard -- roti panggang dengan mentega dan selai, mie goreng instant, kopi / teh.  Mendung di pagi hari, membuat orang sarapan dengan malas-malasan, apalagi menunya tidak membangkitkan selera.  Kayaknya peserta tour gak ada yg mandi deh, palingan cuci muka dan gosok gigi, cuma kita berdua aja yg tampangnya sudah mandi.  Ransel sudah ditumpuk di cafetaria, karena kamar mau dibersihkan untuk penumpang berikutnya.  Proses check-out, kita membayar minuman-minuman yg kita order selama di kapal.

Kira-kira jam 10-an, beberapa dari rombongan kita akan ke Monkey Island karena mereka ambil paket 3 hari 2 malam, jadi kita berpisah.  Hanya kita berdua dan 3 orang turis Inggris yg kembali ke Hanoi.  Sambil menunggu kapal kecil menjemput mereka, kita masih ngobrol-ngobrol.  Hingga tiba saatnya berpisah.

Kapal kecil itu kembali dengan membawa rombongan baru sekitar 15 orang.  Mereka bergabung bersama kita dari kapal lain.  Jadinya merger hingga naik bus yg akan membawa kita kembali ke Hanoi.  Kita disuruh memilih menu makan siang.  Ada beberapa pilihan, tapi rata-rata pada milih chicken burger with french fries.  Malas mikir nih, ikutan aja deh.

Masaknya rada lama ... saya masih sempat foto-foto kalau ada obyek yg menarik

Foto-foto di kapal ...

Kapal merapat dan kita menunggu bus.  Bus tiba dengan membawa penumpang kapal yg mau cruise, dan kita naik ke bus itu yg akan membawa kita pulang ke Hanoi.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, kita berhenti di rest area seperti yg kemarin.  Saya membeli buah pear dan mangga lagi, jajan ice cream, dan duduk-duduk sebentar.  Peserta tour saling bertukar informasi.  Rupanya dari rombongan yg merger di kapal kita, 12 orang dari Phillipines dan mereka baru kembali dari Yogyakarta.  Keluarga besar.  Si mama bisa bahasa Indonesia sedikit-sedikit karena punya teman orang Indonesia dan selama beberapa hari di Yogyakarta dia belajar bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh.  Hebat.  Mereka sudah beberapa hari di Hanoi sebelum ke Ha Long Bay.  Si mama menyarankan kita untuk menonton Water Puppet Show.  Katanya bagus dan boleh dipertimbangkan.  Boleh juga nih ...

Mereka turun di stasiun kereta api karena akan melanjutkan perjalanan ke kota lain.  Wah seru juga nih ... sepertinya mereka akan keliling-keliling ke beberapa negara Asia selama liburan sekolah sebulan lebih.

Hanoi ...

Dari dalam bus, saya memotret kota Hanoi di sore hari.

Kita diturunkan di mulut gang di depan pasar.  Check in lagi di Charming Hotel, ambil koper yg kemarin kita titipkan di concierge.  Ternyata kamar kita belum siap, jadi sementara di taruh di kamar yg lebih kecil.  Nanti setelah kita kembali dari jalan-jalan sore/malam, kamar sudah disiapkan.

Sore ini kita mau nonton Water Puppet Show seperti saran rekan2 kita tadi.  Dari hotel jalan kaki kira-kira 10-15 menit, tergantung kecepatan kita berjalan.  Suasana ramai sekali soalnya Hotel kita terletak di daerah pasar tradisional, pertokoan, dan dekat dengan pusat kota.  Di tengah kota ada danau yaitu Hoa Kim Lake.  Banyak orang pada jalan-jalan sore, olahraga, duduk-duduk di taman, dan pacaran.  Nah, Water Puppet itu tepat di depan danau.

Namanya Thang Long Water Puppet Theatre. Sehari ada beberapa pertunjukan.  Kita nonton pertunjukan jam 18:30. Tiket masuknya VND 100.000,- (= Rp 50 ribu) dan kalau mau foto harus bayar tiket untuk kamera VND 20.000,- (= Rp 10 ribu) per camera.

Masih ada waktu sebelum pertunjukan, kita jalan-jalan sebentar di Hoa Kim Lake.

Lagi foto-foto, kita jajan roti goreng.  Tapi penjualnya sepertinya kurang jujur, masa sih roti goreng seperti ini sekitar 8 biji dihargain VND 100.000 ?  Setelah tawar menawar plus kesal, akhirnya kita bayar VND 50.000 untuk 6 biji roti kecil-kecil ini.  Tetap kemahalan juga sih ... tapi sudahlah ...

Sekitar jam 6 sore, kita kembali ke Theatre dan pintu sudah dibuka.  Kita masuk dan ternyata saya duduk di pinggir.  Susah motret nih karena tertutup kepala-kepala orang.  Akhirnya selama pertunjukan, saya berdiri di pinggir di dekat pintu keluar.

Thang Long Water Puppet Show

Acara pertunjukan terdiri dari 11 bagian - Festival Drumming, Dragon Dance, Perlude by the Buffoon Teu, Buffalo Fighting, Farm Work, Village Guardian God Procession, Van Singing, Horce Race, Quan Ho Singing, Coconut Picking, dan Carp Transformed into Dragon.

Ini foto-fotonya :

Penyanyi dan Pemusik

The proud artists

Evening at Hoa Kim Lake

Sesudah nonton, kita kembali ke Hoa Kim Lake untuk foto-foto.  Ternyata di tengah danau ada jembatan yg menuju ke kuil.  Kita jalan ke jembatan, dan waktu enak-enak foto ternyata pintu jembatan sudah mau ditutup karena sudah jam 8 malam.  Kita diusir deh.  Kita jalan-jalan mengitari danau dan rencananya kita mau makan di pasar malam di dekat situ.

Rencana gagal karena hujan rintik-rintik.  Makin lama, makin deras, dan pasar malamnya bubar. Waduh, repot juga nih ... akhirnya kita masuk ke salah satu cafe yg cukup besar dan letaknya tusuk sate, jadi eye-catching banget.  Kita lihat menunya agak lumayan.  Suasananya juga enak, jendelanya besar-besar dan dibuka lebar sehingga bisa melihat suasana meriah kota Hanoi di malam hari.  Namanya The Little Kitchen Thuy Ta Cafe.

Sebetulnya banyak menu pasta dan pizza, tapi waktu mau pesan dibilangin sama waitressnya bahwa pasta dan pizza bisa 50 menit memasaknya, buset, lama benerrrrr ... kita keburu lapar, mana hujan pula, tambah lapar.  Akhirnya kita memesan makanan Vietnam saja yg cepat masaknya.

Ga xao hat dieu an voi com alias nasi dengan tumis ayam sayuran pakai kacang mede (VND 145.000)

Nam ran Viet Nam alias Spring Rolls (VND 70.000)

Dessert : Hoa qua nhiet doi alias Mixed Fresh Fruit Salad (VND 70.000)

Minumnya Che Lipton mat. chanh alias Lipton Tea with honey (VND 30.000) dan Che hoa cuc alias Chrysanthemum tea (VND 30.000).  Penampilan makanannya biasa aja, rasanya juga biasa aja. Berhubung lapar dan hujan, tidak bisa kemana-mana, jadi enjoy aja deh ... makan sambil menikmati pemandangan Hanoi di malam hari lewat jendela cafe.

Selesai makan, hujan belum reda, malah tambah deras.  Sebetulnya jarak dari cafe ke hotel tidak jauh, tapi kita tidak bawa payung.  Sebetulnya ada ibu-ibu yg jualan jas hujan dari plastik tipis, tapi kita tidak beli, kita mau naik taxi saja.  Tapi taxi yg lewat dari perusahaan taxi yg tidak direkomendasikan.  Penjaga restaurant berbaik hati mau menelpon taxi Maylinh, tapi saat hujan begini jarang taxi yg kosong.  Akhirnya setelah menunggu lama, ada juga Taxi Maylinh, baru duduk dan jalan sebentar, ternyata sudah sampai, dan Taxinya tidak mau masuk ke dalam gang.  Jadinya kita musti lari dari mulut gang sampai ke Hotel, dan basah kuyup juga.  Hmmmmm ... mendingan dari tadi saja sekalian hujan-hujanan. Cape dehhhhhh ....

Tiba di hotel, kita musti pindah kamar ke kamar kita yg sebenarnya.  Habis itu kita ke convenient store untuk membeli air aqua dan biscuit untuk besok.  Setelah mandi, kita packing lagi karena besok pagi kita check out sebelum ikut tour dan malam hari kita langsung ke Ho Chi Min.  Tidurnya after midnight lagi ....

to be continued

rgds,
Lucy

Veny said...

sayang bgt pas ujan2 gini yah , kotanya terlihat jadul banget

v1olet said...

iya kan katanya kota-kota di Vietnam itu seperti Jakarta di tahun 50-an

GeGe said...

vi, tu water puppet shownya gimana? recommended ga? ato so so gitu?

v1olet said...

Bagi yg suka nonton pertunjukkan kesenian daerah rasanya masih bisa menikmati. Tapi kalo yg enggak suka kesenian tradisional, mendingan lewat deh ... sama kayak nonton pertunjukan boneka si unyil cuma bedanya panggungnya di kolam he he he ...

Sebenernya so so ... enggak megah-megah amat.