Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, April 16, 2011

Fauna : Sarang Burung Perenjak (1)

Akhir-akhir ini di halaman rumah saya terdengar suara cericit burung yang tidak seperti biasanya.  Kata orang, itu suara Burung Perenjak . Suaranya terdengar dekat sekali, mungkin bersarang di pohon rambutan.  Tapi ternyata bukan di situ, tapi justru di pohon Jambu Bol Jamaica yang masih kecil dan hanya ditanam di pot di sebelah pohon rambutan. Mengapa Burung Perenjak itu memilih pohon itu ya?  Setelah saya perhatikan, ternyata daun pohon Jambu Jamaica itu tebal, lebar, tidak cepat kuning dan tidak mudah rontok.  Mari kita lihat seperti apa cara burung kecil ini membuat sarangnya di daun-daun ini.


Dua lembar daun dijahit .... daun ketiga memayungi supaya tersembunyi dan tidak basah jika hujan.


Jahitannya rapih, dari batang rumput kering, ada simpulnya ... hebat kan burung kecil ini ...


Sarangnya dari rumput-rumput ...





Burung Perenjak ini segera terbang keluar begitu ada orang mendekat, termasuk saya sewaktu mengambil foto-foto ini tadi pagi.  Ada telurnya 2 butir, tapi tidak kelihatan di foto ini.  Saya tidak berani menyentuh daun-daun ini, takut telurnya jatuh.  Sebenarnya kasihan juga sama burung kecil ini, sering terusik saat lagi enak-enak mengerami telurnya.  Tapi bagaimana ya ... letak pohon itu di dekat jemuran baju, di dekat supir saya parkir motor, masalahnya halaman rumah saya sempit.  Heran juga mengapa si mama Perenjak memilih lokasi itu.  Kemarin ini, ada bapak-bapak yg lewat di depan rumah saya dan begitu mendengar suara burung itu, dia bilang ingin menangkapnya karena beberapa hari yg lalu dia baru menjual burung yg seperti ini seharga Rp 200.000,-  Waduh ... jangan sampai itu bapak tahu bahwa burung ini bersarang di halaman saya ...

rgds,
Lucy

1 comment:

Bang Sastro said...

iya gan jangan diganggu biar mereka hidup bersama keluarhanya secara bebas :D
Follow blog ane Gan, nanti ane folback. ThanNx