Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, April 09, 2011

Flora : Kita Yang Menanam, Orang Lain Yang Memakannya

Heran ya ... hari gini masih ada aja yg suka nyolong buah di pohon orang ...
Kalau mau makan buah tuh beli di tukang sayur kek, di pasar kek, di toko buah kek ... jangan nyolong buah di pohon tetangga ...


Hari Sabtu yg lalu, saya baru foto-foto jambu klutuk, buah perdana setelah sekian lama ditunggu-tunggu.  Mau dipetik, tapi belum matang benar, masih hijau dan agak keras.  Jadi tunggu dulu deh barang 2-3 hari. Ehhhhh .... ternyata, keduluan sama maling.  Duh ... menyesal. Tega-teganya itu maling metik semua jambu yg besar-besar, hanya disisain yg kecil-kecil saja.  Kalau mau nyicipin, petik 1 buah saja kek ... Kita selaku pemilik malah kagak nyicipin ... Keterlaluan!




Bukan hanya maling jambu klutuk yg bikin saya emosi ...  maling daun pisang juga bikin amarah memuncak.  Coba bayangkan ... kalo mau mepes, bikin lontong, atau mau masak yg pakai acara bungkus-bungkus daun pisang, beli dong di tukang sayur or di pasar, or kalau memang kepepet, minta dong baik-baik.  Jangan nyolong gitu lohhhhh ... Pernah malam-malam waktu saya pulang kerja, eh ... saya lihat 2 cowo lagi motong daun pohon pisang di depan rumah saya.  Begitu lihat mobil saya muncul, mereka langsung kabur.  Rasanya pengen diuber, tapi ada portal yg menghalangi ... sedangkan mereka lompatin portal itu.  Dasar maling!  Lagipula kalau mau minta atau maling, kira-kira dong, jangan semua daun dipotong sampai gundul ... kan pohon pisang itu jadi kering dan mati.  Waktu SD kan belajar bahwa proses masak-memasak makanan pada tumbuhan itu pada daunnya.  Lah ... kalau pohon pisang tanpa daun, apa bisa masak-memasak makanan alias fotosintesa ?  Dasar maliiiiiiingggg!!!!



Belum lagi kalau rambutan saya lagi berbuah ... waduh ... kita balapan sama maling.  Yg selamat hanya buah rambutan yg batangnya di dalam halaman.  Yang menjuntai ke jalan di depan rumah saya ... hm... itu sih amal untuk yg lewat-lewat ... raib dalam sekejap.

Kalau sudah begini, saya menantikan Nubuat Alkitab di Yesaya 65:22 : "... mereka tidak akan menanam dan orang lain yang memakan ..."  Ya, di dunia baru, di firdaus di bumi nanti, kita akan menanam dan akan menikmati buahnya ....

rgds,
Lucy

1 comment:

hijau said...

Sabar ya... Kami di Malaysia di kejiranan juga sama. Sering dicuri buah yang ditanam..... Sabar saja lah. Harap dapat pahala. Huhuhu nak marah pun tak bisa rasain juga buahnya...