Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, April 19, 2015

Travel : Cirebon Trip, 18 Januari 2015 - part 1

18 Januari 2015
Pantai Kejawanan Cirebon

lrkejawanan7crw

Agenda kita saat subuh hari ini adalah motret sunrise atau matahari terbit di salah satu pantai di Cirebon.  Kalau estimasi sunrise sekitar jam 5 pagi, berarti kita harus berangkat jam 4 pagi karena harus cari-cari lokasi.  Jadinya kita bangun jam 3:30 subuh ... kalau mengikuti keinginan mata, maunya sih jam segitu masih merem aja di tempat tidur seperti Jefry (dari tadi malam Jefry sudah bilang enggak mau ikutan motret sunrise).  Tapi Jeny dan Debby sangat bersemangat sudara-sudara .... sehingga saya jadi ketularan semangat.  Jam 4 sharp, Vincent dan Ary sudah gedor2 kamar kita, and langsung cabut tanpa mandi, tanpa make-up, saya malah gak ganti baju lagi, langsung ambil peralatan motret.

Hari masih gelap gulita, sunyi senyap, kita menuju kawasan pantai dan pelabuhan.  Kita cuma berbekal foto hasil search si Vincent di i-net.  Pokoknya kita mau ke pantai tempat foto itu dijepret, yg ada kapal gede, dan kapal karam/miring mau tenggelam.  Nah ... loh ... si Ary aja yg orang Cirebon Asli kagak tau bahwa ada kapal karam di pelabuhan.  Di sebelah mana yak ?!  Tapi dengan penuh percaya diri, Ary nyetir mobil menyusuri jalan yg hampir gak ada orang lewat sehingga gak bisa tanya-tanya juga.  Eh ... tiba-tiba kita melihat di sebelah kiri jalan ada papan kayu yg ditulis dengan cat (tulisan tangan, rada jelek sih) ... tulisannya "Pantai Wisata", ya udah kita masuk deh.  Jalanannya jelek, batu-batu, sepi dan gelap, cuma mobil kita doang yg lewat. Tau-tau, ada portal, mobil kita gak bisa masuk lebih jauh .... yg kelihatan cuma gudang-gudang, enggak kelihatan pantai sama sekali.  Terus kita turun (secara gak bisa maju lagi), pas sedang celingak-celinguk sambil pegang senter, ada seorang bapak penjaga/satpam yg samperin kita.  Kebetulan nih, kita bisa bertanya deh. Baru deh kita dikasih tahu bahwa portal masih di tutup, nanti sekitar jam 6 baru dibuka.  Betul di depan sana adalah dermaga dan ada kapal-kapal.  Kita boleh masuk, tapi mobilnya ga boleh.  Setelah kita jalan sambil nyenter2, kita melihat kapal-kapal lagi pada parkir.  Kata pak satpam, di pantai banyak warung-warung orang jualan dan tempat orang mancing sembari berwisata (waduh... mana bagus buat difoto). Terus kita bertanya, apakah ada kapal yg karam yg biasa difoto-foto pecinta fotografi.  Kata beliau, ada. Wah udh happy dengernya he he he.  Dia bilang kapal nelayan yg sudah 2 tahun enggak diangkat-angkat bangkainya, sekarang tinggal puing-puing aja.  Kita tanya lagi, apakah kapalnya gede?  Jawabannya sangat mengezutkan sekaligus menohok, mematahkan semangat, yaitu ..... "bukan kapal gede neng, kapal kecil kog" .... lahhhh ... maksudnya perahu nelayan.  Doeeengggg !!!!!

Karena gelap gulita, kita ga bisa motret apapun.  Anginnya lumayan gede, dingin banget.  Saya gak bawa jaket, cuma bawa selendang.  Sambil menunggu matahari nongol, Vincent melukis dengan cahaya senter, salah satu tehnik fotografi yg lagi marak saat ini ... Painting with Light ..... jiahhhh.  Hasilnya lucu-lucu.

Pas lagi main2 gitu, eh ada mobil yg lewat, berarti belon jam 6 udah dibuka tuh portal, tapi mau balik lagi ambil mobil malas bener kan.  Penumpang mobil itu turun dan pada jalan masuk ke tempat gelap-gelap ... ooo ternyata jalan setapak menuju warung-warung.  Mungkin mereka pedagang warung.  Eh ... tau-tau mulai terang, dan no sunrise alias mendung.  Kita kecewa.  Tapi Vincent tetap semangat (itulah bedanya fotografer beneran sama yg ece-ece seperti saya).  Kita jalan menyusuri jalan setapak yg menuju warung-warung di pinggir pantai.  Buset, pantainya jorok dan kumuh amat, sampah di mana-mana, ngambang-ngambang di air.  Vincent langsung buka tripod dan mulai foto-foto.  Saya cuma bengong, sembari bertanya-tanya, wah ... kita salah alamat kayaknya, mau motret apaan nih.

lrkejawanan9rw

Gak dapet obyek yg bagus, akhirnya kita pindah, keluar dari kompleks warung dan jalan ke pinggir dermaga. Karena sudah terang, baru deh kelihatan ada kapal-kapal warna merah yg masih parkir di dermaga.  Ternyata kita gak nyasar, bener nih dermaga ini yg ada di foto yg dibawa Vincent.  Kalo bener, berarti nama pantai ini adalah Pantai Kejawanan.  Suasana sudah mulai ramai, banyak orang pada datang berwisata, ada yg bersama keluarga, bersama pacar, bersama teman2, cabe2an dan terong2an yg pada ngeceng cari gebetan, pada seliwar-seliwer.  Motret bocor dahhhhh .... Berikut ini foto-foto yg saya jepret yg kayaknya lumayan .... (jangan bandingin sama foto-foto si Vincent ya ..., udah jelas bagusan dia punya ha ha ha ...)

lrkejawanan8rw

lrkejawanan3crw

lrkejawanan2rw

Setelah foto-foto landscape, foto-foto diri dong ... sebagai bukti bahwa kita pernah ke sini, bukan narsis ya ...

lrkejawananall3-9381rw

IMG-20150214-WA0006kejawananall3rw

lrkejawanalucy1rw

Kita di sini sampai jam 7 pagi, karena pagi ini kita mau berhimpun.  Kembali ke hotel.  Bergabung dengan Jefry di resto hotel untuk sarapan pagi.  Kata Jefry, "Kalian hebat ... bisa ketemu lokasi pantai itu, cuma lihat foto aja".  ya ya ya ... kita memang beruntung bisa ketemu lokasi Pantai Kejawanan ha ha ha ...