Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, September 08, 2012

Food : Ketupat Kuah Opor Kuning


Ketupat adalah makanan khas Indonesia.  Seperti halnya nasi, ketupat pun pada dasarnya sama, hanya lauk pauknya saja yg membedakan asalnya dari daerah mana di Indonesia.  Misalnya ketupat di Jakarta pakai kuah sambal goreng kacang panjang, semur tahu, kentang, dan telur.  Ketupat di Padang pakai sayur nangka dan pakis, telur, dan kerupuk pink.  Ada ketupat yg pakai kuah santan pepaya muda, semur tahu, kentang dan telur.  Nah ... buat saya, ketupat yg paling OK adalah ketupat dengan opor kuning.

Mula-mula kita lihat cara bikin ketupat.  Kulit ketupat dibuat dari daun kelapa / janur.  Cara membuatnya seperti prakarya.  Mama saya jago deh buat kulit ketupat. Ada 2 macam caranya, yg pertama yg sederhana, hasilnya kulit ketupat yg agak gepeng.  Dan cara yg rumit, hasilnya kulit ketupat yg gendut bervolume.  Nah, mama saya bikin yg gendut.  Kalau tidak mau repot, beli saja kulit ketupat yg sudah jadi he he he ...


Beras yg sudah dicuci, dimasukkan ke dalam kulit ketupat.  Jika berasnya agak pera, isi setengah bagian dari ketupat, sebab menyerap banyak air.  Sedangkan jika berasnya pulen, maka isi tiga perempat bagian dari ketupat.  Kalau isinya pas sesuai tipe beras, maka ketupatnya akan lembut pulen keket, sedangkan jika isinya kebanyakan, maka isinya hancur/buyar berbiji-biji dan keras. Setelah diisi, simpul beberapa buah ketupat supaya mudah diatur dalam panci.  Rebus ketupat dalam panci besar selama 4-5 jam.  Godok air dalam panci yg lebih kecil untuk tambahan supaya air tidak kering dan ketupat terendam seluruhnya.




Setelah matang, angkat ketupat dan tiriskan.  Biasanya digantung supaya airnya turun dan kering.  Kalau tidak kering, nanti bisa basi.  Jika sudah kering dapat ditaruh di baskom yg bolong-bolong.



Ini baru ketupatnya .... masih harus memasak kuah dan lauk-pauknya .... repot memang, tapi enak banget .... baru membayangkan saja sudah kepengen lagi ....



Begini ketupat favorit saya  ....
Ketupat dipotong kotak-kotak.
Guyur dengan kuah kuning opor ayam.
Daging ayamnya boleh dipotong-potong, boleh disuwir-suwir ... dan untuk saya bagian dadanya paling OK ...
Pakai sambal goreng buncis dengan hati ayam dan petai.
Boleh juga pakai sambal goreng kentang dengan hati ayam dan petai.
Selanjutnya kasih sepotong daging rendang sapi.
Taburi dengan bawang goreng yg banyak.
Kasih secolek sambal cengeh ... yaitu sambal yg digoreng plus gula sehingga rasanya pedas manis.
Lengkapi dengan kerupuk.  Boleh kerupuk ikan Palembang, atau kerupuk udang.
Gleeekkkkk .... ngecess deh ...
Jangan hitung kalori .... yg penting ueanakkkk tenan !


Semua ini yg masak bukan saya .... tapi mama saya, tante saya, dan pembantu saya he he he ...
Oya, plus Michelle yg bantu mengisi ketupat.
Saya sih, as always, cuma penikmat saja ....

rgds,
Lucy

2 comments:

Anonymous said...

gilee ajegille bikin g ngiler . glekkk
idem g jg ga bs mask yg ginian biasa mama g yg bikin

v1olet said...

:) masakan rumahan memang is the best dah ....