Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, May 07, 2012

Photography : EOS Master Craftsman SEA Tour with Tyler Stableford



Hari Sabtu kemarin, saya menghadiri Seminar Fotografi yg diselenggarakan oleh Canon Datascript Indonesia.  Pembicaranya adalah fotografer profesional dari Amerika Serikat, Tyler Stableford.  Kalau pengen lihat foto-foto dan video film dokumenternya, boleh google deh.  Diadakannya di studio XXI Epicentrum Kuningan.  Bayar Rp 75.000,- karena member KFD, kalau bukan member harganya lebih mahal.  Inilah keuntungannya join KFD.

Karena sudah terencana rapih, registrasi tidak lama dan cukup tertib.  Peserta mendapat name tag, kupon makan siang (Hot Dog, French Fries, Popcorn, dan 2 botol Air Mineral), Agenda, dan Lens Cleaner Kit.  Setelah pintu dibuka, kita masuk dan disediakan kopi, teh, dan kue-kue kecil.  Pintu dibuka pukul 10:00 dan acara dimulai.  Sambil menunggu peserta yg terlambat karena macet, ada quiz yg berhadiah gantungan kunci.  Oya, pembawa acaranya wanita, dan dia membawakan acara dengan baik, komunikatif, dan lucu.



Seminar disampaikan dalam bahasa Inggris dan tidak ada translator.  Pembawa acara hanya memberikan recap dalam bahasa Indonesia di akhir tiap sesi.  Tyler Stableford adalah wartawan yg juga fotografer dan pembuat film dokumenter.  Sesi pertama adalah mengenai foto-foto adventure, sport, profesi, etc.  Tyler juga bercerita tentang behind the scene pengambilan foto-fotonya. 

Berikut ini 5 tips untuk menghasilkan foto yg mengesankan :
1. Shoot into the sun :  Embrace dynamic lighting and lens flare
2. Shoot with a shallow Depth of Field : Selective focus draws the reader closer
3. Get the flash of the camera : Avoid the snapshot look at all cost!
4. Move your subject off center : Create tension with the Rule of Third
5. Go wide, go long : Use Wide-Angle and  Telephoto Lenses for a new look.


Ada sesi tanya jawab.  Peserta mengirimkan pertanyaan melalui sms ke nomor HP yg telah disediakan.  Pertanyaan akan dibacakan dalam bahasa Inggris dan akan dijawab oleh Tyler Stableford.

Bagian berikutnya Tyler menunjukkan film-film berdurasi singkat yg diambil dengan kamera DLSR Canon. Ada film tentang pemain ski yg kedua kakinya cacat tapi berprestasi di Paralympic.  Lalu ada film yg judulnya Shatterd, tentang atlet pendaki gunung es.  Tips untuk pembuatan film video : Go Wide, Go Tight!

Tyler memakai beberapa produk andalan Canon, yaitu Canon EOS 1Dx, berbagai lensa diantaranya EF 14mm f/2.8 L II USM, EF 70-200mm f/2.8 L IS II USM, EF 100mm f/2.8 L IS USM Macro, Lensa Tilt & Shift, dan Canon Speedlite 600EX-RT.



Setelah makan siang, ada quiz yg lucu supaya tidak ngantuk.  Sesi kedua ini adalah saatnya kita menyaksikan kebolehan Tyler Stableford untuk memotret langsung "free style soccer".  Saya kirain motret pertandingan bola, ternyata ada 2 orang pemain bola yg lincah memainkan bola seperti sirkus.  Bolanya diputar2, dilempar ke kepala, ke leher, dll, seperti akrobat.  Kalau tidak salah namanya Beka dan Zaky.  Tyler membawa 2 asisten yg adalah fotografer juga -- 1 pria dan 1 wanita.




Untuk foto-foto atlet seperti ini, supaya mengkilat dan dramatis, perlu disemprot air, dipoles baby oil atau lotion. Juga menggunakan beberapa off flash, soft box, dll.

Setelah pemberian kenang-kenangan dari Canon Datascrip Indonesia yg diwakili oleh Ibu Merry, selesai sudah acara.  Masih diberikan kesempatan bagi yg mau minta tandatangan, walaupun kita masing-masing mendapat sertifikat yg ditandatangani oleh Tyler Stableford.


Kesimpulan saya, acara seperti ini boleh sering-sering nih .... seru dan bermanfaat.
Salam jepret!

rgds,
Lucy

2 comments:

yoab said...

keren.... lumayan dapat ilmu nya ^_^

v1olet said...

Seru nih seminarnya .... Kalo ada kesempatan dan waktunya cocok bisa ikutan