Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Friday, May 04, 2012

Food : Samgyetang at Hangang Express

Hangang Express
Foodcourt Plaza Senayan, Jakarta
12 April 2012

Biasanya kalau ke Hangang Express pesannya selalu Bibimbap alias nasi aduk-aduk.  Kali ini saya lagi kepingin makan yg hangat dan berkuah, jadi pesan Samgyetang alias Ginseng Chicken Soup.

Kalau di Korea, Samgyetang itu benar-benar seekor ayam utuh yg diisi dengan beras yg sudah dibumbui dan diberi ginseng segar yg segede telunjuk.  Disediakan arak untuk campuran kuah dan ada taoge untuk sayurannya.  Karena digodok sehari semalam, yg penting adalah kaldunya.  Ayamnya tinggal ampas, tapi enak juga dimakan karena empuk dan tulangnya langsung copot.

Samgyetang versi Hangang di Jakarta, kayaknya agak beda.  Mungkin karena ini Express jadi disederhanakan dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.  Beginilah penampilannya.


Setengah ekor ayam (kayaknya ayam negeri, soale gede he he he), diisi dengan beras, ada sejenis kacang, angchou, dan ginseng.  Berasnya pulen kayak ketan, kacangnya gurih, angchounya manis, dan ginsengnya langu dan rada pahit.  Dikasih irisan telur dadar dan daun bawang.  Kuahnya banyak, bisa kembung kalo ngabisin tuh kuah.  Saran dikit nih ... kagak usah pesan minum deh, dijamin kagak haus, cuma gerah ... soale panas dan ngepul-ngepul di mangkok tanah liat begini.


Agak repot makan ayamnya, sebab sendok di foodcourt kan dari plastik yg meletat-meletot.  Pakai sumpit juga rada susah.  Paling praktis pakai tangan.  Jadi ingat dewa mabok di film silat kalau makan ayam rebus ya ... kayak gini nih.  Gak ada anggun-anggunnya ... dipegang pakai tangan dan langsung digigit ... kunyah-kunyah, sendok kuahnya, tiup-tiup, dihirup, gerah ... kipas-kipas bentar ... ambil tissue, keringetan.


Porsinya kenyang polllll ....  baru sebelah udah begini, apalagi seekor ayam ... gubrakkkk !

rgds,
Lucy

2 comments:

Veny said...

sayang ya , ayamnya ayam negri .

v1olet said...

iya, ini cuma asumsi, soale ayamnya berdaging, walaupun tidak terlalu besar. mungkin ini ayam kalasan. yg jelas bukan kampung, krn ayam kampung kan dagingnya kurus.

eh .. di korea sana pakai ayam apa ya? emang di sono ada ayam kampung? or semuanya negeri?