Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Tuesday, July 12, 2011

Workshop Fotografi KFD, Ratu Plaza, 9 Juli 2011 (part 1)

Workshop Fotografi KFD
Ratu Plaza E-Mall Lt. 1B, Jakarta
Sabtu, 9 Juli 2011

Sebetulnya Workshop Fotografi ini adalah acara komunitas fotografi Kaskus.  Peminatnya cukup banyak, hampir 50 orang mendaftar, tapi hingga 4 hari sebelum hari "H", yang bayar hanya belasan orang.  Akhirnya acara ini di-share ke komunitas KFD (Klub Fotografi Datascrip) dan JPC (Jakarta Photo Club).  Dari KFD peserta dibatasi hanya 20 orang.  Saya iseng-iseng daftar dan untungnya masih kebagian tempat.  Biayanya Rp 50.000,- termasuk makan siang, snack, kaos, dan foto hunting. Peserta sekitar 60-70 orang.

Pembicaranya adalah fotografer profesional, Bp. Denny Feblu.  Acara berlangsung santai, praktis, dan informatif.  Sesuai dengan tema, topik yg dibawakan adalah Tips dan Trick Kamera DSLR.  Intinya adalah memaksimalkan feature kamera dan lensa yg kita miliki.  Dengan pengaturan yg tepat, gambar yg bagus bisa didapat.  Jangan buru-buru putus asa karena merasa kamera kurang canggih.  Walaupun kamera canggih kalau salah setting, gambarnya juga "bubar".  Benar juga ya ...  Selama acara ada tanya jawab dan ada banyak hadiahnya.

Setelah makan siang masih ada satu sesi penjelasan dan tanya jawab.  Dan puncak acara adalah hunting foto.  Ada 2 orang foto model, yaitu Devanti dan January.  Devanti ditempatkan di Atrium di Lantai Dasar dengan lighting alam, yaitu sinar matahari, sedangkan January di studio mini di ruang workshop dengan lighting studio.  Hasil foto bisa dicetak dengan printer Canon yg disediakan panitia, sehingga di akhir acara dapat dibahas.

Saya termasuk dalam kelompok pita biru, jadi selama 20 menit saya akan memotret Devanti di Atrium, setelah itu selama 20 menit berikutnya memotret January di studio mini.  Berikut ini foto-foto Devanti.  Untuk foto-foto January di part-2.

Terus terang saya belum percaya diri untuk foto model, jadi boleh kritik, boleh saran :)

Atrium di Lantai Dasar Ratu Plaza (E-Mall) cukup lebar.  Backgroundnya toko-toko, escalator, dinding marmer, dsb.











Canon EOS 7D
Canon 24-105 mm f/4L

to be continued
rgds,
Lucy

2 comments:

Yoab.Kurniawan said...

wuih bener2 keren uey.
pengen juga sih ikutan ws..
tapi biasanya sih gak bisa ^_^ apalagi ws model hehe.

btw foto2nya keren meski emang pake lens yg lbh prefer ke traveling punya.

trims yah dah sharing ilmunya gimana manfaatkan gadget yg kita punya.

untuk foto model saat ini sy lagi explore buat fokus ke highlight di rambut modelnya. detailnya agar hitam di rambut tidak terlalu ngeblok. pakai lens 85mm f 1.8 paling maknyus deh soal foto model (outdoor specialy) hehe racoon racoon hehe apalagi klo yg 1.2 wedeh hehehe.

cos' dg 85 bokehnya sangat menjanjikan, 1.8 aja dah bikin ngeces hehe. di 85 kita kudu "mundur" di jarak yg cukup sehingga frame kita tidak isinya hanya sang model saja tapi kadang bgrd akan mempercantik frame yg tentu saja bgrdnya dah bokeh abiz ^_^ my fav lens saat ini.

v1olet said...

Iya, sy pernah jajal lensa 85mm di oktagon, hasilnya emang OK banget.
Lagi pikir-pikir utk beli lensa itu ... tp kayaknya ingin beli flash dulu.