Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, July 03, 2011

Food : The House of Raminten - Yogyakarta

Yogyakarta, 25 Juni 2011

The House of Raminten
Jl. F.M. Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta
T/ 0274-547 315



Sebelum ke Yogya saya sudah browsing-browsing rekomendasinya Pak Bondan Winarno.  Salah satunya adalah The House of Raminten.  Nama restonya saja sudah unik begitu, mestinya boleh dicoba nih.

Pulang kebaktian, kita naik taxi ke hotel, taxinya kita minta menunggu sebentar, sementara kita ganti baju.  Langsung menuju "rumahnya Bu Raminten" itu.  Letaknya di sebelah Restaurant Mirota.  Penampilan The House of Raminten (THoR) cukup unik dan meriah.  Lampu kelap-kelip dan musik klenengan Jawa.



Waktu kita datang, resto ini sudah ramai, tapi kita masih kebagian tempat duduk.  Untuk yg menunggu meja, disediakan deretan kursi-kursi dan ada TV supaya bisa nonton dan tidak mati gaya he he he ...

Kita hanya berdua dan dapat meja nomor 8.  Gayanya lesehan, mejanya mungil deh.  Suasananya gelap-gelap romantis karena di tiap meja ada lilin.  Wah saya demen nih motretin lilin ini.




Mas Waiter dan Mbak Waitress pada gaya deh, pakai baju batik tradisional tapi pakai alat komunikasi earphone wireless seperti bodyguard dan event organizer, keren ... keren ...



Daftar menunya tergolong simple dan pilihan menunya tidak banyak.  Menu andalan adalah Sego Kucing (Nasi Kucing) yg porsinya mini banget, cuma secupluk.  Selain itu ada mie goreng, nasi goreng, bubur ayam, nasi liwet, dan kupat tahu.  Mama saya pesan Sego Kucing ukuran M (nasinya 2 cupluk) plus pesan ikan nila goreng.  Saya mau nasi liwet, tapi sudah habis.  Jadi saya pesan kupat tahu.  Minumnya teh manis hangat.


Nasi kucing dimakan dengan kering tempe, ikan teri, sambal.  Kalau begini memang kurang seru dan tidak kenyang, jadi plus ikan nila goreng.  Kalau anak cowok, segini sih tidak nendang, kudu pesan yg ukuran L kali ya ... nasinya 3 cupluk.


Kupat tahu itu isinya ketupat, tahu, taoge, kol, kerupuk, disiram dengan bumbu kacang dan gula jawa. Plus bawang goreng dan daun seledri.  Rasanya manis legit gurih.  Mirip ketoprak.  Enak.


Jangan kuatir makan di sini, semuanya murah meriah. Boleh pesan banyak-banyak.  Nambah juga boleh.  Sego Kucing ukuran M Rp 2 rb, Ikan Nila Goreng Rp 8 rb, Kupat Tahu Rp 10 rb, Teh manis Rp 3 rb.  Makan segitu cuma Rp 26 rb.

Selain resto yg free wifi, di sini juga ada jualan baju / kaus batik untuk souvenir ...


Ada jualan bakpia unyil Raminten.  Unyil karena kecil-kecil, makannya sekali caplok, kunyah-kunyah.  Ada 3 rasa - kacang ijo, coklat, dan keju.  Sekotak isinya 20 biji, harganya Rp 13 rb.


Boleh juga ambil Postcard Raminten, gratis .... biar tidak lupa dan kalau ke Yogya bisa mampir lagi.


Sebetulnya masih banyak resto yg saya mau datangi, tapi saya simpan untuk kunjungan berikut kalau ke Yogya lagi ... Hayo siapa yg mau ke Yogya ?  Saya ikutan donkssss ....

to be continued

rgds,
Lucy

2 comments:

dee said...

wuahh... trims infonya, saya baru dapet oleh2 bapia unyil raminten dan ingin tahu harganya berapa. karena ini pas sekali buat oleh2 kalo ke jogja lagi :)
Jadi tahu kaloraminten juga berbentuk resto yang cozy :)
Salam kenal

v1olet said...

salam kenal juga :)
harga makanan di House of Raminten relatif tidak mahal, cocok untuk kantong mahasiswa.