Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Monday, May 23, 2011

Vietnam : Ho Chi Min City - 13 Mei 2011

Day 2 : 13 Mei 2011

Pho Ouynh - 323 Pham Ngu Lao Q1, TpHCM

Tadinya kita mau dibawa makan ke tempat lain, tapi Jane teringat rekomendasi dari internet untuk mencoba Pho Bo di Pho Ouynh.  Ternyata hanya jalan kaki dari kantor tour & travel. Kita dipesankan makanan dan kemudian ditinggal.  Setelah makan, kita diminta ke kantor tour & travel untuk menyelesaikan pembayaran tour kita selama di HCM dan Hanoi.

Kita pesan Pho Bo Beef (VND 48.000/mangkuk), yg adalah mie putih dari beras dengan kuah kaldu sapi plus daging sapi dan sayur-sayuran.  Rasanya enak ... dan segar, soalnya pakai cabe rawit dan jeruk nipis.  Son Son Lat Lat ... Asam-asam pedas-pedas .... Undoubtedly nikmattttt ... Rekomendasi dari internet itu memang tak salah.  Mati-mati harus coba nih Pho Ouynh.


Asesorisnya banyak, selain tauge, jeruk nipis, dan irisan cabe rawit merah, sayur hijaunya banyak macam, ada yg enak, ada yg langu, ada juga yg pahit. Cicip aja dikit-dikit dulu, kalau rasanya oke, baru cemplungin ke mangkuk.


Minumnya Es Teh Susu (VND 15.000/gelas) dan Es Kopi Susu (VND 15.000/gelas), enak dan segar ...



Selagi kita enak-enak makan, eh ... hujan turun dengan derasnya ... kita pindah ke dalam karena tampias.  Waktu kita makan, kita lihat di meja sebelah pada pesan roti bagette (VND 3.000/buah).  Kita ikutan juga.  Cara makannya dicocol ke kuah.  Mereka pada pesan yg kuahnya seperti curry.  Sedangkan kita yg kuah bening.  Orang-orang di sini banyak makan tapi tidak gemuk.  Mungkin karena mereka suka makan sayur.  Pesan mie semangkuk saja, sayurnya sepiring munjung.  Generous sekali sama sayuran.  Oya dagingnya juga banyak lho ....

Di Jakarta saya kurang suka makan Pho, tapi kenapa di sini jadi doyan banget ya .... ???

Selesai makan, tapi hujan belum reda ... terpaksa kita naik taxi karena kalau tunggu hujan reda, bisa habis waktu sedangkan kita sore hari mau terbang ke Hanoi. Untuk jarak yg begitu dekat, taxi harus memutar ... jadi keliling-keliling deh ...

Kita menyelesaikan pembayaran dengan perwakilan viettours365 di HCM yaitu Mr. Tam yg rada ganjen ... (my goodness ganjennya ....).  Untuk semua tour selama di Vietnam ini kita bayar USD 176 untuk 2 orang.  Rinciannya :
Cu Chi Tunnels Half Day Tour : USD 15 / pax
Ha Long Bay 2 Days 1 Night : USD 55 / pax
Hua Lu - Tam Coc One Day Tour : USD 18 / pax
Jadi total per orang USD 88 / pax.  Berdua jadi USD 176.


Bagvina : 52M Nguyen Huu Hao, P6, Q4, HCM

Perjalanan selanjutnya adalah ke Bagvina yg katanya jual Crumpler made in Vietnam yg harganya miring.  Otentik bikinan Vietnam, tapi bukan Otentik Crumpler lah ...

Kalau lihat di peta, kayaknya dekat dan kata orang juga dekat ... OK lah kita jalan kaki sembari motret suasana kota HCM.

Naik jembatan .... foto-foto


Lalu lintasnya lumayan padat, banyak motor.  Sudah dekat pemilu jadi di jalan banyak spanduk dan bendera . baliho.








Rada bingung juga baca petanya ... tanya sana sini, banyak yg pada tidak tahu.  Bahkan nama jalannya pun mereka tidak tahu, nah ... lho ....  Ada anak sekolah yg boleh kita puji karena mau menjelaskan dengan bahasa Inggris.  Berani juga anak cewe ini, gak malu-malu dan gak takut-takut ingin menolong kita yg lagi kebingungan, sampai nanya ke nenek-nenek dan ditranslate ke bahasa Inggris.  Hebat ...  Sebaliknya ada sekelompok anak sekolah yg baru pulang les Inggris, berdiri di depan tempat les mereka, begitu ditanya, mereka tak mau menjawab.  Cuma bilang "I don't know" tanpa ada usaha untuk membantu.  Akhirnya ada tukang ojek sepeda motor yg kasih tahu letak jalannya.  Jalan itu sudah kita lewati, dan kita harus menyeberang lagi ... Astaga ... ternyata letaknya di pasar tradisional yg becek dan bau ... mungil pula itu toko.

Kita dilayani oleh pemilik toko dan pinter banget menawarkan barang.  Ternyata dia punya satu toko tas di District 1 dan restaurant.  Tajir juga engkoh ini.  Jane beli Ransel Kamera, Sling Bag untuk Kamera, dan Ransel biasa.  Saya beli Sling Bag untuk Kamera dan Ransel biasa untuk besok ke Ha Long Bay.

Hujan lagi ... akhirnya kita dicarikan Taxi oleh pemilik toko dan kita langsung ke Hotel.  Ambil koper, masukkan barang dan sempat ganti baju.  Sekitar jam 6:30.

Ho Chi Min to Hanoi

Perjalanan kita menuju Tan Son Nhat Airport - Domestic Terminal ditempuh dalam waktu kira-kira 30 menit.

Penerbangan kita :
JetStar - JetSaver BL810 - HCMC - Hanoi - 20:30 - 22:40
Tiket sekali jalan sekitar Rp 500 rb, pp sekitar Rp 1 juta.

Waktu kita tiba, counter check in belum dibuka.  Menunggu sebentar dan kita check in.  Kita belum makan malam.  Jadi makan di airport saja.  Wah ... makanan kurang menarik dan mahal pula.  Biasa deh tarif di airport memang beda.  Ada gambar-gambarnya dan kita bisa pilih, tapi sebagian besar menunya sudah habis, padahal belum terlalu malam.

Kita pesan spring roll dan roti isi ikan sarden / mackarel.  Rasanya standard aja, asal perut terisi ...
Makan spring roll pakai bihun dan dicocol saus manis.Cuma Spring Roll di sini digorengnya dengan banyak minyak dan cuma sebentar ditiriskan, jadinya minyak berlinang-linag deh, kadang-kadang bisa diperas keluar minyak lagi.  Boros minyak goreng nih ... Oya makanan di sini banyak yg tidak halal, alias mengandung babi.

Beginilah penampakannya.



Penerbangan on time.  Tiba di Noi Bai Airport - Domestic Terminal sekitar jam 11 malam, dan setelah ambil bagasi, kita menuju antrian taxi.  Sempat bingung naik Taxi merek apa, karena informasi tentang Hanoi tidak selengkap Ho Chi Minh.  Akhirnya kita naik Taxi Vietnam Airlines.  Tarif sampai ke Hotel sekitar VND 315.000.  Soalnya airport agak jauh dari kota, sekitar 45 menit.

Kita menginap di Charming Hotel (15 Yen Thai Street, Hanoi).  Tarif per malam USD 27 termasuk Breakfast.  Murah kan.  Tapi lokasinya ternyata di dalam gang kecil yg hanya muat 1 mobil dan ternyata letaknya di pasar tradisional.  Wah ... baru pertama dalam sejarah menginap di hotel dengan lokasi seperti ini.

Waktu check in, petugas Hotel ini ramah sekali, dan dia mau pinjam paspor kita untuk difotocopy tapi dikembalikannya besok pagi, soalnya mereka tak punya mesin fotocopy.  Waduh, langsung kita tolak, saya kasih saja fotocopy paspor saya.  Hotel ini kecil banget tapi ada lift. Ada 6 lantai, jadi kalau dilihat Hotel ini mungil tapi menjulang dan panjang.  Sepertinya 2 kavling depan dan belakang nyambung, liftnya masing-masing.  Di area belakang ada 1 lift, di depan ada 1 lift.  Begitu masuk kamar, ternyata lumayan juga, walaupun kecil mungil tapi bersih.  Ada AC, TV LCD 32 inchi, ada seperangkat komputer plus internet 24 jam, kamar mandi shower, dll.  Lumayan juga.

Kita turun untuk ke convenient store beli air minum dan snack, ternyata ... personil hotel sedang menggelar kasur di lobby, dan lampu sudah dimatikan.  Astaga ... kayak rumah aja.  Mereka kaget, karena tak menyangka kita bakal turun.  Kita belanja di toko 24 jam di sebelah hotel.  Beli air mineral dan biscuit untuk perjalanan besok ke Ha Long Bay.  Begitu kita kembali ke Hotel dan mau naik ke kamar selalu disambut dengan kata-kata "Have a niiiiiiiiice ...." lalu stop.  Nice apa coba? He he he ... Have a nice dream, or rest, or apa gitu kek. Setelah itu kita mandi dan packing barang yg mau dibawa menginap di Ha Long Bay.  Koper akan kita titip di hotel ini.

Nah ... kebayang kan kita tidur jam berapa?  Sekitar jam 01.30 dini hari.  What a day!
Saking buru-buru, tidak sempat foto-foto kondisi kamar hotel.

to be continued

rgds,
Lucy

4 comments:

Veny said...

jadi ke Hanoi dr HCM tiket kamu bli sndr yah Vi ?

v1olet said...

Iya. HCM - Hanoi pp naik JetStar sekitar Rp 1 jt.

Veny said...

pk vietnam airlines malah mahal ya ? gw perna check koq mhl yah .
btw potonya bgs2 seperti biasa . gw jg suka tuh makanan disana ake di Thailand yah , kemangi , daun ketumbar , jeruk nipis , rawit .. seger2 .

v1olet said...

iya, kalo pakai Vietnam Airlines one way sekitar Rp 1 jt, pp Rp 2 jt. Makanannya mirip sama makanan Thailand. Asam, pedas, wangi, seger ... iya, banyak daun-daun dan sayur-sayur.