Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, May 28, 2011

Vietnam : Hanoi - Ha Long Bay, 14 Mei 2011

Day 3 : 14 Mei 2011

Hanoi in the morning ...

Jam 7 pagi kita turun ke lobby untuk check out.  Nanti malam kita akan menginap di junk (kapal) di Ha Long Bay.  Besok sore kita check in lagi di Charming Hotel ini.  Kita bawa ransel, sedangkan koper kita titip di hotel ini.  Petugas hotel sudah biasa seperti ini.  Setelah menitip koper, kita langsung ke meja makan untuk sarapan.

Sarapan di Charming Hotel ini bukan buffet, tapi ala carte.  Pilihannya hanya 3 macam :
1. Continental Breakfast : roti 2 lembar, mentega/selai, lime juice, buah, kopi atau teh
2. American Breakfast : roti 2 lembar, telur (pilih : omelette, scrambled, boiled), lime juice, buah, kopi atau teh
3. Vietnamese Breakfast : Pho (pilih : beef atau chicken), lime juice, buah, kopi atau teh

Supaya aman, saya pilih American Breakfast dengan telur omelette.  Jane pilih Vietnamese Breakfast.  Ternyata pilihan Jane yg enak.  Jadi lusa saya mau pilih no. 3 juga ah ... Buah hari ini adalah masing-masing 2 buah pisang mas yg segede jempol.  Lime juice-nya segar.

Setelah sarapan, kira-kira jam 8 pagi, kita dijemput.  Suasana di luar hotel sangat hiruk pikuk, soalnya pasar tradisional .... Cuaca mendung, waduh ... kalau hujan bagaimana bisa motret-motret nih.

Kita naik bis yg besar dan seperti biasa kita ikut mutar-mutar menjemput peserta tour lainnya.  Perhentian terakhir adalah di depan Gereja Kathedral.  Banyak backpackers peserta tour kita yg dijemput di sini.  Tapi bus tidak jalan-jalan juga, ternyata masih ada peserta yg belum datang dan sedang dijemput oleh tour guide kita.  Lama juga kita menunggu, tapi jadi ada kesempatan memotret suasana di depan gereja ini.

Jualan bunga ...

Tiang listrik yg sarat kabel, kusut banget ...

Ternyata yg telat adalah 3 cewe yg terlambat bangun.  Mungkin tadi malam habis party he he he ... Tour guide kita, namanya Toai, kontan meminta 3 cewe itu untuk minta maaf kepada kita semua yg telah menunggu dengan manisnya di dalam bus sekitar 20 menit.  Peserta tour sudah lengkap, kita langsung berangkat menuju Ha Long Bay.

On The Way to Ha Long Bay ...

Perjalanan ke Ha Long Bay ditempuh dalam waktu 4 jam.  Pemandangan sepanjang jalan adalah sawah yg hijau, terhampar bagai permadani.  Bagus deh ...

Setelah berjalan sekitar 2 jam, kita berhenti di tempat peristirahatan / rest area.  Ada toilet, cafe, dan toko souvenir.  Toilet di Vietnam lumayan bagus dan bersih.  Toilet duduk yg ada selangnya, ada tissue yg melimpah, air juga banyak, tempat sampah.  Washtafel juga ada dan ada sabunnya.  Dan toiletnya tidak bau.

Cafetaria menjual mie cepat saji, sosis, burger, hotdog, kopi, teh dll.  Ada jual biscuit, minuman, permen, es cream dll.  Juga jual buah segar, yg bisa kita pilih, lalu dikupas dan dipotong2.  Makannya pakai tusuk sate dari bambu.  Kita beli mangga (seperti mangga golek), dan buah pear.

Toko souvenir menjual cinderamata khas Vietnam, misalnya silk, sulaman, pernak-pernik dll.  Kita juga bisa melihat langsung mereka membuat sulamannya.

Langit-langit toko dari kain berwarna-warni, meriah deh

Membuat sulaman

Lukisan dari sulaman

Perjalanan kita lanjutkan, dan kita mengantuk sekali, jadi kita pada tidur ... hingga terbangun saat hampir memasuki Ha Long Bay.  Bukit-bukit batunya mulai kelihatan di kanan jalan.

Ha Long Bay adalah salah satu dari Situs Warisan Dunia yg ditetapkan oleh UNESCO.  Jadi kalau sudah sampai di Vietnam, kurang afdol kalau tidak ke sini.  Ini adalah teluk yg di kanan kirinya terdapat ribuan bukit batu dengan berbagai ukuran dan bentuk.  Sebetulnya di dunia ini ada beberapa tempat yg mirip-mirip seperti ini, tapi masing-masing ada ciri khasnya.

Di Guilin, China ada gugusan bukit batu seperti ini dan ada cruise juga.  Bukit batu di Guilin bukan sekedar bukit batu biasa tapi memiliki bentuk yg unik dan diberi nama sesuai dengan bentuknya, bahkan dibuatkan peta.  Sepanjang cruise, ada yg menjelaskan bentuk dan nama-namanya.  Guilin juga banyak gua-gua dengan stalagtit dan stalagmit.  Juga ada gua yg bentuknya seperti gajah dengan belalainya.

Milford Sound di New Zealand juga teluk dengan bukit-bukit batu.  Tapi .... bukit batunya lebih besar sehingga kita merasa kecil.  Ada air terjun, dolphin, dan anjing laut. Kapal berlayar mendekati air terjun hingga airnya muncrat ke kita.  Dan perjalanan ke Milford Sound sungguh indah karena melewati gunung-gungung batu dan salju abadi.  Semuanya indah ...

Kawasan Ha Long Bay ini sudah dijadikan resort, jadi ada hotel, restaurant, panggung terbuka, dll.  Tour ke Ha Long Bay ada yg 1 hari (pulang hari), 2 hari (bermalam di junk/kapal), 3 hari (1 malam tidur di kapal, dan 1 malam di Pulau Monyet).  Saya memilih yg 2 hari 1 malam naik kapal yg namanya Asia Cruise.  Ini cruise yg menengah -- artinya di bawah ini masih ada yg lebih sederhana, dan di atas ini masih ada yg lebih mewah, namanya Paradise Luxury.

Cruise berawal di sini.

Kapal pesiar yg paling mewah ... namanya Paradise Luxury.

Kapal Asia Cruise

Kapal Cruise regular

Setelah naik ke Asia Cruise, kita dibagikan kunci kamar.  Kapal ini terdiri dari 3 lantai.  Paling bawah adalah kamar-kamar.  Ada 6 kamar.  3 di sisi kanan dan 3 di sisi kiri.  Tingkat 2 adalah ruang makan dan ada 1 kamar lagi. Tingkat 3 adalah dek tempat bersantai.  Setelah menaruh ransel di kamar, kita ke ruang makan untuk makan siang.  Menu makan siang kita adalah nasi dengan lauk pauk seperti spring roll / lumpia, udang rebus, ayam cah jamur, tumis sayuran, dll.  Makanan sudah termasuk dalam biaya tour, tapi minuman musti bayar sendiri. Pilihan minuman juga bervariasi, mulai dari air mineral, soft drinks, bir, dan minuman beralkohol.  Menunya biasa saja, jadi tidak usah dipotret deh ..

Setelah makan, acara bebas -- boleh tiduran, boleh naik ke dek untuk duduk-duduk menikmati pemandangan bukit batu atau motret-motret.  Hingga saatnya kita naik ke perahu yg lebih kecil untuk menuju ke Sung Sot Cave.

Menikmati pemandangan dari atas dek ...

Ha Long Bay dan keindahannya ...

Pedagang terapung ...

Perahu yg lebih kecil yg akan membawa kita ke Sung Sot Cave, dipepet oleh pedagang terapung ...

Desa terapung ...

to be continued

rgds,
Lucy

felysia said...

hi boleh tau, kalo misalnya saya bawa koper besar. kira kira pas di halong bay nya bisa nitip gak ya disana? soalnya kan kalo naik ke cruise nya ga bisa bawa koper besar. thank you

v1olet said...

Waktu Cruise di Halong Bay itu saya bawa memang ransel untuk keperluan 1 malam saja. Biasanya kita berangkat dari hotel di Hanoi, jadi koper kita titip di concierge di hotel itu. Setelah cruise kan kita masih menginap di hotel itu, jadi balik ke hotel itu lagi. Jadi booking hotel itu 2 malam untuk hari pertama dan ketiga. Kalau mau langsung pulang, bisa kok cruise bawa koper, taruh di Jung. Waktu ke goa-goa dan main kayak kan naik perahu kecil-kecil. Waktu itu ada turis dari Jerman dan Philippines bawa koper habis itu mereka langsung lanjut ke kota lain dari stasiun kereta api di Hanoi.