Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Tuesday, October 15, 2013

Travel : Ujung Genteng Trip - Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso, Sukabumi
8 September 2013

Dari Amanda Ratu ke Air Terjun Cikaso sekitar 30 menit.  Air Terjun Cikaso atau Curug Cikaso bisa dibilang istimewa sebab terdiri dari 3 air terjun di satu lokasi.  Untuk menuju ke air terjunnya, kita bisa trekking alias jalan kaki, bisa juga naik perahu.  Tentu saja kita pilih yang naik perahu yg lebih cepat sampai daripada berjam-jam jalan kaki di jalan setapak dan berbatu-batu.

Untung cuaca cerah dan musim panas, jadinya air sungai yg kita lalui warnanya hijau. Kalau hujan, apalagi banjir, air sungai jadi coklat, seperti tahun lalu waktu saya ke Green Canyon.

Kita naik 2 perahu. Jaraknya tidak jauh, jadi hanya sebentar berperahu, sampailah kita di jalan yg menuju ke air terjun.  Wah ... ternyata di situ sudah ramai pengunjung.  Air terjunnya bagus tapi karena musim kemarau, airnya tidak terlalu banyak dan tidak deras, apalagi air terjun yg ketiga, aliran airnya kecil dan sedikit.  Kalau bulan depan ke sini, maka air terjunnya makin kecil karena airnya makin habis.

Kita dikasih waktu 30 menit untuk foto-foto.  Wah ... panas terik, foto-foto sampai berkuah keringat.  Kalau sudah capek dan kegerahan, ngaso dulu di bawah pohon yg rindang.  Kayaknya di group kita tidak ada yg mandi-mandi di air terjun, semua narsis habis ... foto-foto doang.

Setelah foto-foto, kita naik perahu lagi untuk berkumpul makan siang.  Ada beberapa warung yg jual makanan dan minuman.  Ada karedok, mie instant, gorengan, kopi dll.  Kita makan siang di sebuah warung makanan dan minuman langganan Sunburst kayaknya, soalnya si Denny dan Tante Lina sudah akrab bener sama pemilik warung.  Menu makan siang kita adalah nasi box yg dimasak oleh Tante Lina tadi pagi.  Hebat euy!  Minumnya bisa pesan di warung.

Sudah kenyang, langsung naik ke bus dan perjalanan panjang pulang ke Jakarta dimulai.  Tidak pakai mampir-mampir, hanya berhenti di pompa bensin untuk ke toilet beberapa kali.  Makan malam kita adalah nasi bungkus yg dimasak oleh Tante Lina juga.  Masuk di Sentul sudah jam 9 malam, dan Liendha turun di situ.  Masuk Jakarta sudah jam 10 malam.  Tante saya dan beberapa peserta lain turun di UKI Cawang.  Tiba Mal Taman Anggrek sekitar jam 11 malam sebab tol dalam kota sangat macet.  Saya sampai di rumah jam 12 malam.  Wah ... capeknya.  Untung sudah kenyang tidur di bis.  Besok pagi harus bangun jam 5 dan kerja.