Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, March 31, 2013

Travel : Kuliner di Pontianak

Di Pontianak memang minim obyek wisata.  Jadi kalau ke Pontianak memang cocoknya wisata kuliner.  Dan memang makanan di Pontianak enak-enak.

Bakmi Kepiting

Makannya malam hari di kaki lima di pasar.  Pasarnya tutup, tapi yg jual makanan makin malam, makin ramai.  Mienya kecil-kecil dan halus, khas mie Pontianak.  Toppingnya meriah deh, ada pangsing, bakso ikan, kepiting, ayam, otak-otak goreng, yummy deh pokoknya.  Tambah sambel lebih nikmat.  Teman makan mie ini adalah air jeruk lemon cui.  Dingin, segeeerrrrr ....



Juhi Pangkung

Juhi cumi-cumi yg dibakar lalu diketok-ketok pakai palu.  Makannya dicocol ke saus sambal petis.  Harumnya petis intense sekali.  Jualannya di pasar juga.  Jadi sembari makan mie kepiting, bisa langsung pesan juhi ini.




Cai Kwe, Tahu Goreng dan Talas Goreng

Cai Kwe itu nama lain dari Coy Pan.  Biasanya Coy Pan isinya bangkuang dan ebi, tapi sekarang ini isinya bisa bervariasi, misalnya isi Talas, Kacang Hijau, Kacang Tanah, Kucai, dll.  Selain yg dikukus, ada juga yg digoreng.  Tapi saya masih konvensional, order yg kukus ajah ...  Cocolannya masih tetap cabe dengan bawang putih dan cuka yg rasanya asam pedas.


Cai Kwe isi talas


Tahu Goreng sudah biasa tapi tetap enak ... dan talas goreng ini enak juga ...



Bubur Sayur Pedas

Bubur ini namanya Bubur Pedas, tapi rasanya tidak mesti pedas, kecuali ditambahkan cabe/sambal he he he.  Bubur ini warnanya agak gelap dan dicampur sayuran dan ada banyak topping yg bisa dipilih.  Ini saya makan di hotel.  Kalau di Jakarta, mau makan bubur ini mungkin bisa makan di Jl. P Jayakarta  atau di Krendang atau di Jembatan Besi yg banyak jual masakan Pontianak :)



Sekian wisata kuliner di Pontianak.  Next visit mau cobain yg lain lagi ... masih banyak yg belum dicicipi.

Pontianak, Kalimantan Barat
8-9 November 2012

rgds,
Lucy

No comments: