Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, November 11, 2012

Travel : Pangandaran Trip -- Pantai Batu Hiu

Day 1 : Jumat, 19 Oktober 2012
Jakarta - Pangandaran

Pantai Batu Hiu -- bangku taman


Saya dan 9 saudari-saudari ke Pangandaran & Green Canyon selama 2 hari 1 malam.  Kita ambil Paket Wisata Pangandaran dan Green Canyon Cemara Adventure.  Untuk peserta 10-15 orang biayanya Rp 745.000/orang + makan siang dan malam Rp 150.000/orang.  Jadi total Rp 895.000,-/orang.  Paket ini setengah Backpacker karena menginap 1 malam di mobil dan 1 malam di hotel.  Perjalanan dari Jakarta ke Pangandaran sekitar 10 jam, jadi stamina harus prima.

Karena separuh backpacker jadi bawaan harus minimalis.  Tapi yg namanya cewe tetap saja bawaan komplit.  Apalagi saya bawa perlengkapan fotografi yg lumayan ... Saya bawa Canon EOS 7D + Canon EF-S 10-22mm terpasang.  Hanya bawa lensa wide angle ini saja.  Biasanya saya selalu bawa Canon EF 24-105 f/4 L, tapi kali ini "go wide" saja deh.  Idea yg belakangan saya sesali. :(  Saya juga bawa tripod Manfrotto yg berat, biasanya bawa tripod travel Sirui yg enteng.  Heran kok saya selalu salah bawa gear melulu sih ... saya pikir mau motret di pantai kudu yg kokoh, tapi nyatanya tripod cuma berdiri manis di mobil, turun pun enggak.  Saya juga bawa filter komplit -- UV, ND8, CPL, ND Grad Hard Edge, dan ND Grad Soft Edge. Belum asesoris lainnya. Nah, kebayang kan gembolan saya ...

Jumat tgl 19 Oktober 2012, pulang dari kantor, saya langsung ke Mal Taman Anggrek untuk makan malam dan mandi di Fitness First.  Untung juga jadi member di FF, sebab kalau ada acara-acara yg waktunya mepet dan tak sempat pulang ke rumah, bisa numpang mandi di FF.  Langsung pakai baju dan celana training yg enak buat tidur di mobil.  Meeting point kita di depan Inti College (pinggir jalan tol Kebun Jeruk) jam 20:00.  Saya tiba di situ sebelum jam 8 malam.  Mobil Isuzu Elf Cemara Adventure tiba di situ jam 20:30 dan setelah itu berangkat ke Plaza Semanggi sebab ada 2 orang saudari kita yg menunggu di situ.  Sekitar jam 21:00 kita officially berangkat ke Pangandaran. Kita dapat snack 3 macam kue dan air mineral gelas.  Lumayan buat isi perut buat yg lapar lagi.  Tour Leader dari Cemara Adventure namanya Pak Ali dan Supirnya Pak Ujang.

Perhentian pertama di Rest Area untuk ke toilet dan isi BBM.  Setelah itu langsung tancap lagi.  Kita semua pada tidur sebab kecapean pulang kerja.  Perhentian kedua di sebuah restaurant di Tasikmalaya.  Saat itu sudah lewat tengah malam.  Boleh ke toilet, boleh minum teh manis hangat, boleh gerak badan meluruskan pinggang, atau seperti saya dan Dina, sekedar ngobrol-ngobrol di luar mobil sembari menikmati sejuknya angin malam.  Dingin sebab habis hujan.  Kasih kesempatan sekitar 30 menit supaya Pak Supir istirahat.  Setelah itu lanjut lagi.  Ngebut dan memang kalau jalan malam bisa melaju dengan sedikit hambatan.  Agak ngeri sih, tapi karena semua pada capek dan tidur lelap jadi gak berasa.  Tidur diiringi music mancanegara, segala ada deh ... mulai dari lagu Indonesia, Barat, Golden Oldies, House Music, Dangdut, sampai K-Pop (OST Full House), he he he ...  Hari hujan sampai subuh, mana AC di mobil itu super cold sampai pada kedinginan.  AC di kepala saya sudah saya tutup, saya lihat Blower AC di depan Pak Ali sudah ditutup separuh dengan lakban, sebab dia pun kedinginan.

Sekitar jam 5:30 kita tiba di Pangandaran dan langsung check in di Uni Beach Hotel.

Day 2 : Sabtu, 20 Oktober 2012

Uni Beach Hotel cukup luas halamannya dan kondisi hotelnya bagus dan bersih.  Saya sekamar dengan Dina dan Tante Ambar.  Kamarnya besar dan ada 2 spring bed ukuran queen, jadi sekamar bisa buat 4 orang.  Kamar mandinya pun OK.  Bolehlah hotel ini, cukup nyaman.


Masih pagi, jadi waktu bebas.  Boleh ngaso tidur-tiduran, boleh mandi, atau boleh ngobrol-ngobrol. Saya langsung masak air untuk bikin teh manis dan makan roti, sebab berasa lapar, takut masuk angin he he he ... Early breakfast sambil ngobrol sama Ratih, hingga tiba giliran saya mandi.  Habis mandi baru sarapan yg sebenarnya di hotel.  Sarapan kita pagi ini adalah nasi goreng.  Setelah sarapan, siap-siap untuk jalan-jalan.

Tempat wisata pertama yg kita kunjungi adalah :

Pantai Batu Hiu


Pantai Batu Hiu - halaman dan pohon

Pantai Batu Hiu - patung 3 hiu

Namanya Pantai Batu Hiu sebab ada batu-batu yg seperti sirip ikan hiu.  Atau mungkin dulunya ada ikan hiu di sini sebab ini kan di Pantai Selatan yg berbatasan dengan Samudera Hindia (Indian Ocean).  Jalan masuknya berbentuk ikan hiu, jadi masuk dari mulut hiu, keluar di buntut hiu.

Photo Credit : Jane Jessica

Photo Credit : Jane Jessica

Photo Credit : Ratih

Berikut ini foto-foto landscape di Pantai Batu Hiu.  Hari cerah cenderung panas dan gerah. Untuk foto memang mesti pakai filter supaya bagus, soalnya terlalu terang, sama seperti kitalah kalau panas terik begini, enaknya pakai kacamata rayban.  Air laut hijau kebiruan dan ombaknya besar.  Foto-foto lainnya dapat dilihat di v1olet's flickr






Selain melihat keindahan pantai, di sini juga ada taman dengan pohon-pohon khas pantai yg unik-unik untuk foto-foto.  Juga ada konservasi anak penyu (tukik).  Saya sibuk foto-foto landscape dan narsis sehingga cuma foto papan petunjuknya saja.  Ratih dan yg lainnya ke sana, jadi saya posting foto-foto Ratih di kolam tukik.


Photo Credit : Ratih

Banyak yg  bisa dilihat di sini dan terus terang waktunya kurang lama.  Foto-foto narsis saja masih belum puas, apalagi foto-foto yg lainnya ha ha ha ...


Dari Pantai Batu Hiu, mestinya kita langsung ke Pantai Batu Karas dan makan siang di sekitar situ, dan ke Green Canyon. Tetapi ternyata perjalanan kita terhambat karena banjir bandang, air sungai meluap sampai menutupi jalan setinggi ban truck.  Jangankan mobil Elf, truck saja tak bisa lewat.  Kita tak bisa ke Green Canyon, juga tak bisa ke Pantai Batu Karas, bahkan makan siang pun pindah lokasi ke restaurant lain.  Padahal restaurant yg mau kita kunjungi sudah menyiapkan makan siang kita.

  
Makan siang kita adalah Seafood yg terdiri dari Cumi Goreng Tepung, Ikan Bakar, Udang Asam Manis, dan tumis kangkung.  Masing-masing 1 porsi untuk berlima.  Merasa masih kurang, kita pesan lagi 1 porsi Kepiting dan 1 porsi Cumi Goreng Tepung.  Ternyata 1 porsinya sepiring penuh.  Rupanya yg tadi itu hanya 1/2 porsi karena dibagi dengan meja sebelah, he he he ...


Next posting : Cagar Alam Pangandaran

rgds,
Lucy

No comments: