Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Friday, May 01, 2020

East Europe Trip : Germany - Neuschwanstein Castle

Neuschwanstein Castle
September 30, 2019


Sebetulnya Neuschwanstein Castle ini tidak ada di itinerary tour, tapi ini acara Tour Tambahan.  Kalau berminat ambil tour tambahan ini, seluruh peserta harus ikut, karena bus cuma satu dan peserta tidak bisa ditinggal sebagian.  Tentu saja ada biaya tambahannya.  Berikut ini 4 tour tambahan :

1. Neuschwanstein Castle, Germany, durasi 2 jam, Euro 25/orang
2. Danube Cruise, Budapest Hungaria, durasi 1 jam incl 1 gelas minuman, Euro 25/orang
3. Parndorf Designer Outlet, Austria, durasi 2 jam, Euro 20/orang
4. Brno, Republik Ceko, durasi 2 jam, Euro 20/orang

Seluruh peserta sepakat ambil semua tour tambahan.  Enak nih kalau kompak begini.

Neuschwanstein Castle adalah istana yang dibangun pada tahun 1869 oleh Raja Ludwig II yang suka ketenangan dan suka menyendiri sehingga membangun istana di Schwangau, lokasi yang jauh dari kota besar. Walaupun ada designer dan arsitek tapi istana ini sebetulnya dibangun berdasar kreasi Raja Ludwig II dan atas uang, kekayaan, pendapatan pribadinya, bukan pakai uang negara.  Karena membutuhkan dana yg besar, raja sampai hutang dalam jumlah yg besar.  Walaupun istana ini belum selesai total, tapi dia sudah tinggal di istana ini.  Akhirnya Raja Ludwid II dipaksa turun tahta tgl 9 Juni 1886 dan diusir dan Istana Neuschwanstein yg dia bangun sendiri dan pindah ke Istana Berg.  Tgl 13 Juni 1886 Raja Ludwig II dan dokter pribadinya ditemukan meninggal di Danau Starnberg di dekat Istana Berg, tempat kediamannya yg terakhir.  Tragis banget kan ceritanya ....

Pembanguan dilanjutkan setelah kematiannya tapi tidak bisa semegah rancangan asli dari Raja Ludwig II dan dibuka untuk umum / turis.

Nah .... saking bagusnya istana impian Raja Ludwig II ini, Neuschwanstein Castle ini jadi model Kastil Disneyland di seluruh dunia ....  Coba yg pernah foto di Disneyland / Disney World atau punya merchandise Disney dicheck dan dicocokkan dengan foto di atas ini ... ha ha ha ...

Itu sekilas sejarah ... nah apa saja yg bisa dilihat dan dilakukan di sini ?

Dari tempat parkir, kita naik bus wara-wiri menuju ke kastil.  Kita ke jembatan supaya bisa motret kastil di the best spot.  Terus kita jalan kaki menuju kastilnya.  Kita tidak masuk sampai ke dalam bangunan, hanya di halaman saja untuk foto-foto atau duduk-duduk.










Kalau tidak mau jalan kaki atau naik bus wara-wiri (bayar tiket sekali jalan atau pergi pulang), kita bisa naik kereta kuda (bayar).  Karena kelamaan menunggu bis wara-wiri padahal kita sudah beli tiket pulang, jadinya kita jalan kaki lewat jalan setapak.  Saya malah senang bisa jalan diantara pohon-pohon, apalagi mataharinya sudah rendah jadi bagus kalau buat foto lowlight.  Tapi karena saya bawa mama, jadi harus nuntunin dan tidak bisa foto-foto banyak.



Habis jalan jadi lapar dan haus, saatnya membuka bekal roti pretzel yg tadi dibeli.  Para peserta menyerbu toko-toko souvenir ... tipikal turis Indonesia, paling demen masuk ke toko souvenir ha ha ha ...

Kita dikasih waktu untuk makan malam di restaurant2 di area sini.  Makanannya bisa steak, pasta, makanan lokal yaitu sosis, soup, roti dan salad.  Banyak restaurant yg sudah di-reserve sehingga agak susah kita cari makan di sini. 

Saya dan beberapa peserta tour makan steak di salah satu restaurant.  Steak and beer paling klop !




Setelah makan malam kita ke hotel MyPark Hotel Kempten.  Hotelnya rada kuno dan biasa aja. Selain group kita, banyak group turis China Mainland.  Kita sampai tidak kebagian sarapan karena habis ludes.  Emang dahsyatttt .... Kita hanya sarapan roti keras dan telur rebus.

to be continued

next posting : Cesky Krumlov

more photos : East Europe Album

rgds,
Lucy

No comments: