Welcome to v1olet Blog

All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Saturday, May 02, 2020

East Europ Trip : Czech Republic - Cesky Krumlov

Cesky Krumlov, Czech Republic
October 1, 2019

Dari Hotel Kempten (Jerman) kita berangkat jam 9 pagi menuju ke Cesky Krumlov di Republic Ceko.  Makan siang di rest area masih di wilayah Jerman.  Langsung ambil piring, ambil makanan yg kita suka, ambil minuman yg kita mau, nanti orangnya datang ke meja kita untuk hitung dan kita bayar.

Kita tiba di Cesky Krumlov jam 15.30.  Nah kebayang kan jauhnya perjalanan kita ...

Cesky Krumlov Castle adalah kastil / istana di kota tua Cesky Krumlov yg dibangun tahun 1240 oleh Vitkovci dari keluarga Rosenberg, bangsawan Bohemian yg dihormati saat itu.  Istana ini sekarang jadi ramai dikunjungi turis karena keindahannya.

Apa saja yg bisa dilihat di Cesky Krumlov ?
Pemandangan bagus untuk foto-foto.
Bangunan kota tua dengan sungai dan jembatan.
Tembok-tembok batu.
Beruang di kolam.
Toko-toko souvenir.
Restaurant dan cafe.
Saya sih senang sekali ke sini ....

Ini foto-fotonya ...

Sebelum pulang kita jajan Es Krim tradisional, namanya Trdelnik.  Conenya dari roti yg dikasih gula dan kayu manis, dibikin kayak corong lalu disi dengan es krim vanila lalu dikasih topping buah-buahan (pisang, strawberry, dll) atau coklat.

Hati-hati lebah ...

Setelah dari sini kita langsung menuju Hotel di Praha / Praque.  Kita menginap di Wellness Step Hotel Prague .   Hotelnya bagus dan bersih, Oya hotel-hotel di Eropa ini selalu ada balkon. Cocok untuk duduk-duduk ngadem ngopi atau ngebir.  Di hotel ini AC otomatis akan mati kalau jendela dibuka.  Udara di sini sejuk jadi enak kalau buka jendela. Jangan lupa tutup lagi.

Mata uang di Republic Ceko adalah Czech Crown atau Koruna Ceko (CZK), kursnya per hari ini CZK 1  = Rp 592.  Bisa sih bayar pakai Euro, tapi kembalinya nanti CZK. Kalau kita berhari-hari di Ceko sih masih kepakai tuh coin-coin kembalian, tapi kalau cuma 1-2 hari, nanti sisa kembaliannya gak bisa ditukar ke Euro.  Jadi waktu makan malam, kita dianjurkan bayar pakai kartu kredit.  Besok kalau mau makan / jajan atau beli souvenir sebaiknya pakai kartu kredit saja jadi tidak ribet soal kembalian.

Saya jadi ingat dulu waktu saya SMP-SMA, saya punya sahabat pena orang Cekoslovakia (dulu masih Ceko masih bersatu dengan Slovakia dan kiblatnya masih ke arah Uni Soviet, belum jadi Republik).  Dia tinggal di kota kecil dekat Praha. Dia koleksi perangko dan suka kasih saya perangko Cekoslovakia banyak sekali dan bagus-bagus.