Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, July 02, 2017

Turkey Trip : Tuz Golu Salt Lake

Tuz Golu Salt Lake
11 May 2016


DSCF0839 Tuz Golu5vrw

Tuz Golu atau Lake Tuz yang artinya Salt Lake adalah danau garam di wilayah Anatolia Turki. Letaknya diantara Cappadocia dan Ankara. Tuz Golu adalah danau terbesar kedua di Turki dan salah satu danau garam terbesar di dunia.

DSCF0835 Tuz Golu2rw

Saya ke sini saat musim semi, jadi masih ada airnya.  Katanya kalau musim panas, airnya kering, tinggal garamnya saja sampai setebal 30 cm.  Ada 3 pabrik pengolahan garam di sini yang menyuplai 63% kebutuhan garam di Turki.

DSCF0836 Tuz Golu3vrw

Begitu turun dari bis, kita disuruh cuci tangan pakai garam dari danau ini.  Bukan pakai sabun, tapi pakai garam.  Rasanya kasar-kasar tapi setelah cuci tangan, berasa lembut tangan kita, seperti habis scrub.  Cuma baunya tetap amis.

Kita menuju danau.  Tidak semua peserta mau turun ke danau.  Kayaknya hanya saya dan tante saya saja.  Mungkin cuaca lagi panas terik, jadi pada malas.  Tante saya copot sepatu dan berendam kaki, jalan-jalan di dalam air danau.  Saya foto-foto.  Danau tidak terlalu ramai, mungkin karena bukan musim liburan dan hari kerja.  Hanya ada beberapa orang, selain kita berdua.

DSCF0834 Tuz Golu1cvrw

DSCF0838 Tuz Golu4vcrw

DSCF0840 Tuz Golu6vrw

DSCF0842 Tuz Golu7nrw

Setelah dari danau, kita menuju toko-toko di sekitar situ.  Mereka jual produk-produk garam untuk mandi, scrub, sabun mandi, rendaman kaki untuk menghilangkan rasa pegal.  Pada beli nih untuk spa-spa-an sendiri di rumah.  Di bawah ini saya foto sama Mustafa the driver.

20160511_103840 Tuz Golu8crw

Dari sini kita melanjutkan perjalanan dan makan siang.  Hanya ada 1 menu makan siang yg saya foto.  Karena yg lainnya sudah pada pernah difoto, mirip-mirip menunya.

Makanan ini campur-campur segala macam nih, tomat, ayam, paprika, dll dimasak di meja kita pakai wajan besar.  Makannya pakai roti.

20160511_112355 lunch1crw

Dari sini kita melanjutkan perjalanan ke Ankara.  Tujuan kita adalah Ataturk Mausoleum.


more photos : Album Turkey Trip

Next Posting : Ataturk Mausoleum

rgds,
Lucy

No comments: