Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Thursday, August 12, 2010

Peranakan Wedding : Sangjit

Pada tanggal 9 Juli 2010 yg lalu saya menghadiri pernikahan ala peranakan dan prosesinya, termasuk acara Sangjit atau Seserahan.  Bukan hanya hadir, tapi juga dimintai tolong untuk menjadi pembawa seserahan.  Ada 10 orang team pembawa Seserahan ini.  Ini bukan sekedar Sangjit yang simple seperti biasa, tapi betul-betul luar biasa karena bertemakan dan bernafaskan Chinese Peranakan, dari busana, dandanan, asesoris, susunan acara, bahkan makanan dan camilan pun semua serba Peranakan.

Untuk acara ini, saya dibekali dengan satu set kebaya encim warna putih yang dibordir, disandingkan dengan kain batik pekalongan yang warna dan motifnya cerah.  Selopnya warna cream bermotif buah peach orange. Asesorisnya bros 3 rangkai.  Untuk rambut, bukan konde modern tetapi konde cepol tanpa poni.

Kita datang berkumpul untuk dandan dan siap-siap sejak jam 5 pagi.  Berangkat dari rumah mempelai pria sekitar jam 9 pagi, tiba di rumah mempelai wanita sekitar jam 10 pagi. Mempelai pria dan keluarga intinya sama sekali tidak ikut ke rumah mempelai wanita.  Acara Sangjit dilanjutkan dengan acara makan siang bersama keluarga besar mempelai wanita. Setelah makan siang kita menerima balasan seserahan dari pihak mempelai wanita untuk mempelai pria.

Waktu berangkat, tidak bisa foto-foto karena tidak bisa bawa barang  kecuali nampan seserahan. Foto-foto ini diambil di rumah mempelai pria, setelah pulang menjalankan tugas mengantar seserahan ke rumah mempelai wanita. 

Seserahan dari mempelai wanita untuk mempelai pria


Team Pembawa Seserahan





Konde Cepol


Selop Bordir Handmade yg empuk dan nyaman dipakai


Acara berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Keesokan harinya, Sabtu 10 Juli 2010 adalah Resepsi Pernikahannya, juga gaya Chinese Peranakan.

to be continued

rgds,
Lucy

1 comment:

Ruri Makki said...

aduh selopnya cantik,, beli dimana mba ?? hehehe