Welcome to v1olet Blog


All photos, unless I mention and credit the source, are my personal photo stocks. If you like my photos and would like to use them, please ask by writing your comment.

Sunday, April 28, 2019

Kashmir Trip : House Boat

Meena Mahal & Meena Bazaar House Boat
Srinagar, April 28, 2017


House boat atau rumah perahu terletak di tepi Danau Dal.  Untuk sampai ke house boat, kita harus naik sikhara atau perahu penumpang dan barang yang jadi sarana transportasi di Danau Dal.

House boat terbuat dari kayu dan berjejer seperti rumah-rumah yg bertetangga. Masing-masing ada namanya dan nomor rumah.  House boat yg kita tempati namanya Meena Mahal dan Meena Bazaar, bersebelahan dihubungkan dengan jembatan kecil.  Satu owner.

Seperti rumah, house boat ini ada halaman, ada pohon-pohon / bunga, ada beranda/teras, ruang tamu, ruang makan, kamar-kamar, dapur, dan kamar mandi di dalam tiap kamar. 

house boat dari kayu


merapat di house boat

ruang tamu di house boat 

kamar dan tempat tidur 

kamar mandi dan toilet 

 lorong di houseboat, kamar-kamar berjejer, ada 4 atau 5 kamar


Seperti kampung atau kompleks, ada pedagang keliling di perahu yg berjualan buah, barang-barang kelontong seperti warung perahu.



Dal Lake sendiri sebetulnya agak kotor dan banyak tumbuh ganggang.  Setiap hari ada petugas yg membersihkan danau dari ganggang supaya tidak nyangkut di sikhara.




Sikhara

Sikhara ada namanya yg ditempel di atas atapnya.  Sikhara ini juga bisa dijadikan toko berjalan untuk jualan barang-barang.  Tukang perahunya ada yg masih muda juga loh ... seperti mas Kasep-nya mbak Asih misalnya ...



Jadi kemana-mana, kita selalu naik Sikhara.  Setelah istirahat sebentar di house boat, kita mau ke Pasar dan mesjid untuk street photography.  Jadi kita naik sikhara alias perahu berhias.





next posting : Srinagar Street Photography

rgds,
Lucy

No comments: